Perbedaan Novel dan Cerpen Beserta Penjelasannya Terlengkap

Diposting pada

Perbedaan Novel dan Cerpen Beserta Penjelasannya Terlengkap – Baik cerpen dan Novel sebenarnya termasuk dalam karya sastra Prosa. Sebab keduanya berisikan tulisan naratif dengan berbagai unsur cerita. Mulai dari penokohan, pemilihan tema, terjadinya konflik, alur, watak, hingga resolusi. Sayangnya hanya sedikit orang yang mangetahui apa perbedaan cerpen dan novel dengan benar.

Dalam perbedaan novel dan cerpen tersebut dijelaskan bahwa terdapat penjelasan mengenai pengertian kedua bentuk prosa tersebut. Cerpen sendiri singkatan dari cerita pendek yang berisi penggambaran kisah seorang tokoh fiktif secara ringkat. Cerpen memiliki kesan tunggal yang berfokus pada satu tokoh saja. Hal ini tentunya berbeda dengan hal hal yang terdapat dalam novel.

Perbedaan Novel dan Cerpen Beserta Penjelasannya Terlengkap
Perbedaan Antara Novel Dengan Cerpen

Perbedaan novel dan cerpen juga dapat kita amati pada jumlah katanya. Cerpen biasanya hanya menggunakan kurang dari 10 ribu kata saja secara keseluruhan. Lantas bagaimana isi dalam novel itu? Pada kesempatan kali ini saya akan membahas apa saja perbedaan novel dan cerpen beserta penjelasan lengkapnya.

Perbedaan Novel dan Cerpen Beserta Penjelasannya Terlengkap

Perbedaan antara novel dengan cerpen dapat dilihat dari segi pengertiannya. Novel dan cerpen ini pasti sudah banyak dikenal oleh sebagian masyarakat di Indonesia. Bahkan di waktu luang, banyak orang yang membaca kisah kisah di kedua karya sastra tersebut karena sangat menarik sekali. Meskipun menarik, namun kedua karya sastra ini berbeda.

Pengertian cerpen adalah bentuk karya sastra berupa prosa dan berisi penggambaran atau penceritaan pengalaman kisah seorang tokoh bersifat fiktif secara ringkas. Sedangkan pengertian novel ialah bentuk karya sastra berupa prosa naratif yang cenderung kompleks dan memiliki alur panjang.

Baca juga : Contoh Majas Litotes Dalam Kalimat Beserta Penjelasannya

Dari definisi di atas sudah terlihat beberapa perbedaan antara cerpen dan novel. Gambaran atau cerita dalam novel cenderung menjelaskan kehidupan orang disekitarnya dan juga seorang tokoh saja. Biasanya dalam novel terdapat hal yang ditonjolkan seperti sifat atau watak tokoh cerita di dalamnya. Dalam novel tersebut juga terdapat penyampaian pesan tersembunyi yang ditujukan kepada para pembacanya.

Selain perbedaan novel dan cerpen sacara umum di atas. Saya telah merangkum sejumlah perbedaan lain yang mencakup aspek intrinsik dan ekstrinsik. Mulai dari ponokohan, alur, kaidah, dan lain sebagainya. Oleh karenanya, simaklah penjelasan yang akan saya sampaikan di bawah hingga selesai.

Penokohan

Perbedaan antara novel dengan cerpen yang pertama dilihat dari segi penokohan. Munculnya tokoh dalam novel dan cerpen memang berbeda. Alur yang dimiliki oleh cerpen bersifat sederhana dan singkat. Kemudian dalam cerpen tersebut hanya ada beberapa jumlah tokoh saja.

Sedangkan alur yang dimiliki oleh novel cenderung lebih rumit dan panjang. Maka dari itu munculnya tokoh yang terdapat dalam novel memiliki jumlah yang lebih banyak daripada cerpen.

Selain itu dalam novel terdapat masing masing tokoh yang wataknya cukup beragam. Sedangkan watak dalam cerpen hanya menonjolkan tokoh utamanya. Maka dari itu watak penokohan di kedua karya sastra tersebut berbeda. Kemudian dalam novel dan cerpen ini juga terdapat pengembangan cerita yang membuat cerita sangat menarik untuk dibaca.

Perbedaan Alur

Perbedaan novel dan cerpen selanjutnya terdapat dalam perbedaan alurnya. Dalam cerpen terdapat alur cerita yang cukup sederhana karena sangat terbatas dan sempit dalam hal gerakannya.

Meskipun bergitu, cerpen memiliki banyak peminat dan selalu menarik cerita cerita di dalamnya. Cerpen memiliki alur cerita atau urutan jalan cerita yang berupa perkenalan, konflik, klimaks dan diakhiri dengan penyelesaian.

Sedangkan dalam novel terdapat alur cerita yang lebih dinamis, rumit dan panjang sehingga tidak terbatas ruang di dalamnya. Untuk itulah jumlah kata dalam novel lebih banyak daripada jumlah kata cerpen yang kurang dari 10.000 kata.

Baca juga : Makna Konotasi dan Denotasi Beserta Contoh Lengkap

Perbedaan Latar

Perbedaan antara novel dan cerpen selanjutnya terdapat dalam latar yang digunakannya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa cerpen memiliki latar cerita yang terbatas dan sempit. Hal ini dikarenakan sebuah cerpen akan memiliki jumah latar yang kurang dari 10.

Sedangkan jumlah latar dalam novel memiliki jangkauan geografis yang banyak sehingga tergolong lebih luas. Sekarang ini perbedaan novel dengan cerpen ini terlihat dalam latar suasana, tempat dan waktu di dalamnya.

Perwatakan

Perbedaan antara novel dengan cerpen selanjutnya terdapat dalam perwatakannya. Watak dalam cerpen atau cerita pendek biasanya akan dijelaskan secara langsung, jelas dan singkat mengarah pada hal yang dituju

Sedangkan para tokoh dalam novel memiliki watak yang pengungkapannya sedikit demi sedikit dan perlahan nantinya di masing masing cerita. Maka dari itulah peminat novel cukup luas wawasannya karena diminati oleh orang dewasa.

Sedangkan peminat cerpen hanya mengarah pada remaja dan anak anak saja. Hal ini dikarenakan pengungkapan watak yang dimiliki oleh cerpen tergolong lebih mudah dipahami dan jelas untuk anak anak.

Perbedaan Tema

Perbedaan novel dan cerpen selanjutnya terdapat dalam perbedaan temanya. Tema dalam cerpen berasal dari masalah sederhana yang cenderung memiliki cerita dengan alur yang mudah ditebkh pembacanya. Sedangkan dalam isi novel terdapat hal yang lebih komplek sehingga lebih rumit alurnya. Selan itu juga terdapat lebih dari satu efek, emosi dan impresi dalam novelnya.

Perbedaan Konflik

Perbedaan novel dengan cerpen selanjutnya terdapat dalam konfliknya. Dalam novel terdapat konflik atau masalah yang berbeda dengan cerpen. Biasanya cerpen hanya memiliki satu konflik yang dikeluarkan seperti satu titik klimaksnya. Sedangkan konflik yang dikeluarkan dalam novel tergolong lebih banyak seperti di beberapa titik klimaksnya. Maka dari itulah banyak orang yang menjadi peminat novel daripada cerpen.

Biasanya dalam novel terdapat konflik yang membuat pembacanya larut di dalamnya. Kemudian dalam novel juga terdapat konflik yang sulit ditebak sehingga pembacanya lebih penasaran.

Baca juga : Cara Menentukan Gagasan Pokok Beserta Contohnya Terlengkap

Penggunaan Kata Katanya

Perbedaan novel dan cerpen selanjutnya terdapat dalam penggunaan kata katanya. Pembaca lebih mudah untuk memahami gambaran atau cerita dalam cerpen melalui kata kata yang digunakannya. Sedangkan dalam novel terdapat pembahaan yang sulit dilakukan melalui penggunaan kata katanya karena hanya sekilas saja.

Maka dari itu butuh konsentrasi yang lebih untuk memahami alur cerita dalam novel. Hal ini tentunya berbeda dengan pembacaan dalam cerpen yang dapat dilakukan dengan duduk saja. Maka dari itu isi cerpen dapat dipahami langsung meski pembacaannya sekilas saja.

Jumlah Kata

Perbedaan antara novel dan cerpen selanjutnya terdapat dalam jumlah katanya. Dalam cerpen terdapat jumlah kata yang kurang dari 10.000 kata. Sedangkan jumlah kata dalam novel dapat lebih dari 35.000 kata. Maka dari itu pembuatan cerpen dapat berupa satu halaman saja. Sedangkan dalam pembuatan novel dapat berupa 100 halaman lebih. Dengan begitu pembacaan novel sampai habis membutuhkan waktu selama 120 menit atau bahkan lebih.

Sekian penjelasan mengenai perbedaan novel dan cerpen terlengkap. Novel dan cerpen dapat dibedakan dari segi pengertian, alur, tema, penokohan, perwatakan dan sebagainya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  4 Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat Beserta Strukturnya (5W1H)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.