Fluida Statis dan Dinamis (Pengertian, Rumus dan Contoh Soal)

Diposting pada

Fluida Statis dan Dinamis (Pengertian, Rumus dan Contoh Soal) – Dalam pelajaran Fisika terdapat pembahasan mengenai materi fluida. Apa yang dimaksud fluida? Fluida merupakan kemampuan mengalir yang dimiliki oleh sebuah zat. Salah satu macam fluida tersebut ialah cairan dimana kerapatan yang dimiliki mendekati zat padat. Selain itu adapula contoh fluida lainnya seperti gas yang sangat lemah pada interaksi partikel partikelnya sehingga dapat diabaikan.

Fluida ini sebenarnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti fluida dinamis dan fluida statis. Apa pengertian fluida dinamis itu? Apa pengertian fluida statis itu? Bagaimana rumus fluida dinamis? Bagaimana rumus fluida statis? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal fluida statis? Bagaimana contoh soal fluida dinamis?

Fluida Statis dan Dinamis (Pengertian, Rumus dan Contoh Soal)
Penerapan Fluida pada Pesawat Terbang

Dalam materi fluida Fisika terdapat pembahasan mengenai pengertian fluida statis, pengertian fluida dinamis, rumus fluida statis, rumus fluida dinamis, contoh soal fluida statis dan contoh soal fluida dinamis. Pada dasarnya fluida statis dan dinamis dapat memiliki sifat yang dapat ditelaah dan ditinjau berdasarkan sistem partikelnya menggunakan konsep mekanika partikel. Fluida tersebut akan mengalir dengan siap apabila mengalami gaya geser. Kemudian fluida statis ini dapat kita amati seperti pada tempayan yang diisi air.

Fluida Statis dan Dinamis (Pengertian, Rumus dan Contoh Soal)

Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa fluida secara umum merupakan sebuah zat yang memiliki bentuk tertentu untuk dapat mengalir. Berdasarkan bentuknya kita memang bisa membagi fluida menjadi dua kategori yakni fluida gas dan cair. Tapi mengacu dari sifatnya, zat ini juga dapat dibagi menjadi 2 kategori yakni fluida dinamis dan statis. Pembahasannya pun harusnya juga sudah diberikan oleh guru secara detail.

Kendati demikian, masih ada sejumlah siswa yang kesulitan memahami materi lantaran kompleksnya pembahasan. Perbebdaan mencolok terletak pada objek fluida statis yang notabenya selalu diam. Sedangkan objek fluida dinamis merukana suatu yang memiliki tujuan dan bergerak ke sebuah arah.

Baca juga : Rumus Gaya Sentrifugal Beserta Pengertian dan Contoh Soal

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang fluida statis dan dinamis, baik pengertian, rumus ataupun contoh soal. Maka dari itu di dalamnya terdapat pembahasan mengenai pengertian fluida statis, pengertian fluida dinamis, rumus fluida statis, rumus fluida dinamis, contoh soal fluida statis dan contoh soal fluida dinamis. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Jenis Jenis Fluida

Seperti yang telah saya jelaskan bahwa fluida statis dan fluida dinamis merupakan jenis jenis fluida yang berbeda. Perbedaan jenis fluida ini dapat ditinjau dari pengertian fluida statis, pengertian fluida dinamis, rumus fluida statis, rumus fluida dinamis, contoh soal fluida statis dan contoh soal fluida dinamis. Selain itu, perbedaan kedua fluida tersebut juga ditinjau pada unsur objeknya.

Objek pada fluida statis pada umumnya cenderung diam, sedangkan objek pada fluida dinamis melakukan gerakan yang menuju arah tertentu. Untuk itu gerakan dari fluida dinamis ini memiliki tujuan tertentu. Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai fluida statis dan dinamis, baik pengertian, rumus maupun contoh soal. Berikut penjelasan selengkapnya:

Fluida Statis

Pengertian fluida statis adalah jenis fluida yang memiliki fase tidak bergerak atau diam disuatu tempat. Fluida statis ini pada umumnya memiliki sifat di dalamnya. Sifat fluida statis tersebut seperti pemahaman dan penentuan fluida ini dapat dilakukan ketika keadaan fluidanya diam. Kemudian fluida statis memiliki parameter yang berupa tegangan permukaan, viskositas, massa jenis dan kapilaritas.

Fluida Dinamis

Pengertian fluida dinamis lebih merujuk pada fluida yang melakukan gerakan. Biasanya peneliti juga mengaitkan jenis fluida ini dengan zat gas maupun cair. Sama seperti sebelumnya, fluida dinamis juga memiliki krakteristik yang dapat membantu kita mengenalinya. Sifat fluida dinamis tersebut dapat berupa mempunyai gaya dorong, koefisien kekentalan zat, kecepatan aliran dan menempati ruangan.

Fluida Statis dan Dinamis dalam Kehidupan Sehari Hari

Setelah menjelaskan tentang pengertian fluida statis dan pengertian fluida dinamis di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang penerapan fluida statis dan fluida dinamis dalam kehidupan sehari hari. Dalam kehidupan sehari hari kita dapat menemukan kedua jenis fluida tersebut dalam alat alat di bawah ini:

Baca juga : Bagian Bagian Baterai Kering Beserta Fungsi dan Cara Kerja Terlengkap

Dongkrak Hidrolik

Dongkrak hidrolik pada umumnya mengaplikasikan hukum pascal untuk dimanfaatkan dalam penerapan fluida tersebut. Dongkrak tersebut menggunakan bejana yang saling dihubungkan, dimana memiliki dua tabung namun berbeda diameternya. Dalam tabung tersebut terdapat fluida didalamnya seperti minyak atau air dan ditutup sehingga bersifat kedap.

Tekanan tabung dapat dipindahkan menuju tabung lainnya dengan cara menekannya dengan piston pada salah satu tabungnya. Dengan begitu benda berat dapat diangkat menggunakan konsep dongkrak hidrolik tersebut.

Rem Motor (Hidrolik)

Penerapan fluida statis dan dinamis selanjutnya terdapat dalam rem motor hidrolik. Pada umumnya hukum pascal tersebut juga dimanfaatkan oleh perangkat ini, dimana pipa pipa dihubungkan pada masing masing rem menuju master silinder. Dalam hal ini terdapat fluida minyak yang terdapat dalam master silinder dengan pipa penghubung. Fluida tersebut berguna pada saat pengereman motor agar menjadi lebih mudah.

Sayap Pesawat Terbang

Contoh fluida juga dapat kita amati pada pesawat terbang khususnya pada bagian sayapnya. Penerapan sayap pesawat terbang ini menggunakan jenis hukum Bernoulli. Terbangnya pesawat tersebut dapat menuju atas apabila aliran udaranya memiiliki kecepatan besar dan tekanan dibagian bawah pesawat menjadi kecil. Namun aliran udara memiliki kecepatan kecil dan tekanan besar dibagian bawah sayap apabila pesawat ingin turun.

Rumus Fluida Statis dan Dinamis

Setelah menjelaskan tentang pengertian fluida statis, pengertian fluida dinamis, serta penerapan fluida statis dan fluida dinamis dalam kehidupan sehari hari. Selanjutnya saya akan membahas tentang rumus fluida statis dan rumus fluida dinamis. Adapun rumus rumusnya yaitu:

Hukum Pascal

P = F / A

Keterangan:
P = Tekanan Pascal (Pascal)
F = Gaya (N)
A = Luas penampang (m²)

Tekanan Hidrostatis

Ph = ρgh

Keterangan:
Ph = Tekanan hidrostatis (Joule)
ρ = Massa jenis (kg/m³)
g = Gaya gravitasi (m/s²)
h = Kedalaman air (m)

Baca juga : Pengertian Gaya Sentripetal, Rumus dan Contoh Soalnya

Gaya Archimedes

Fa = ρgV

Keterangan:
Fa = Gaya ardhimedes (N)
ρ = Massa jenis (kg/m³)
g = Gaya gravitasi (m/s²)
V = Volume tercelup (m³)

Hukum Bernoulli

Tekanan + Energi Kinetik + Energi Potensial = Konstan
P₁ + ½ρv₁² + ρgh₁ = P₂ + ½ρv₂² + ρgh₂

Keterangan:
P = Tekanan (pascal)
ρ = Massa jenis fluida (kg/m³)
v = Kecepatan aliran fluida (m/s)
g = Gaya gravitasi (m/s²)
h = Ketinggian (m)

Contoh Soal Fluida Statis dan Dinamis

Selain pengertian fluida statis, pengertian fluida dinamis, penerapan fluida statis dan fluida dinamis dalam kehidupan sehari hari, serta rumus fluida statis dan fluida dinamis di atas. Adapula contoh soal fluida dinamis dan fluida statis terkait rumus tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya:

Diketahui massa sepotong platina ialah 16 kg dengan massa jenis 8 gr/cm³. Platina ini kemudian masuk dalam air hingga beratnya seakan akan hilang. Tentukan berat platina yang hilang ini apabila massa jenis air 1 gr/cm³?

Pembahasan.
Diketahui : m = 16 kg, g = 10 m/s², ρ = 1 gr/cm³ = 1000 kg/m³
Ditanyakan : Berat hilang?
Jawab:
Langkah pertama yaitu menentukan V tercelup terlebih dahulu. Adapun caranya yaitu:
V tercelup = m / ρ
                    = 16/8000

Kemudian menghitung berat hilangnya dengan cara di bawah ini:
Berat hilang = berat benda – gaya archimedes
                       = m.g – ρ.g.V tercelup
                       = 16.10 – 1000.10.(16/8000)
                       = 160 – 20
                       = 140 N
Jadi berat platina yang hilang sebesar 140 N.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian fluida statis, pengertian fluida dinamis, rumus fluida statis, rumus fluida dinamis, contoh soal fluida statis dan contoh soal fluida dinamis. Fluida secara umum merupakan kemampuan mengalir yang dimiliki oleh sebuah zat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi fluida statis dan dinamis di atas. 

Baca Juga  Rumus Besaran Gelombang, Contoh Soal, dan Cara Menghitungnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.