Jadwal UNBK 2020 SMP, SMA, dan SMK Beserta Persiapannya

Diposting pada

Jadwal UNBK 2020 SMP, SMA, dan SMK Beserta Persiapannya – Memasuki bulan maret dan april saatnya pelaksanaan ujian nasional tiba. Ujian nasional ini dilaksanakan untuk peserta didik yang telah duduk di tingakt paling tinggi di setiap jenjang pandidikan yaitu keas XI Untuk SMA/ SMK atau kelas IX untuk jenjeng SMP. UNBK 2020 ini menjadi lebih menarik karena palaksanaannya yang selalu mengalami perubahan baik dari segi aturan, tata cara dan jadwal UNBK 2020 dari tahun ke tahun.

Dengan diberlakukannya ujian nasional berbasis komputer ini diharapkan ujian nasional dapat lebih efisiensi, mutu, reliabilitas, dan integritas dapat ditingkatkan. Yang perlu siswa lakukan selanjutnya adalah belajar dan mencatat jadwal UNBK 2020 untuk SMP SMA ataupun SMK. Meskipun demikian terdapat rumor bahwa ujian nasional akan dihapuskan dan diganti dengan sistem kinerja portofolio oleh pemerintah. Namun saya tidak tau pastinya hal tersebut akan direalisasikan kapan.

Namun meskipun terdengar lebih efektif, Pelaksanaan UNBK 2020 ini tidak terlepas dari problematika yang ada seperti kendala jaringan internet yang tidak stabil, masih banyaknya sekolah yang belum memenuhi standar dan kriteria UNBK ditambah kurangnya sosialisasi jadwal UNBK 2020 untuk para siswa sehingga terkesan kurangnya persiapan management pendidikan.

Jadwal UNBK 2020 SMP, SMA, dan SMK Beserta Persiapannya

Pada tahun 2017 ini pelaksanaan ujian diawali dengan Ujian sekolah berbasis komputer yaitu USBN pada bulan maret bagi jenjang SMA/SMK dan April bagi jenjang SMP. Setelah itu dilanjutkan dengan UNBK yang direncanakan akan dilaksanakan pada April – Mei 2017. Kemendikbud telah menetapkan jadwal UNBK 2020 untuk masing-masing jenjang seperti berikut ini :

  1. Jenjang SMA dan MA, Ujian Nasional dilaksakanakan pada tanggal 9 hingga 12 April 2020, sedangkan ujian nasional gelombang ke dua dilaksanakan pada tanggal 18 dan 19 April 2020. Sedangkan mata pelajaran yang di ujiankan pada jenjang SMA adalah mapel matematika, mapel bahasa Indonesia, mapel bahasa Inggris, dan satu mata pelajaran pilihan sesuai jurusan. Sedangkanuntuk jenjang SMK adalah mapel matematika, mapel bahasa Indonesia, mapel bahasa Inggris, dan Teori Kejuruan.
  2. Jadwal UNBK 2020 SMK akan dilaksanakan pada tanggal 2 sampai 5 april 2020 lebih cepat dari jadwal UNBK SMA 2020. Mata pelajaran yang akan diujikan dalam ujian nasional adalah matematika, bahasa indonesia, bahasa inggris dan kejuruan.
  3. Jadwal UNBK 2020 SMP akan dilaksanakan pada 23 hingga 26 april 2020 dengan mata pelajaran yang diujikan untuk jenjang  SMP adalah mapel matematika, mapel bahasa Indonesia, mapel bahasa Inggris, dan IPA.

Pelaksanaan dan jadwal UNBK 2020 akan dibagi menjadi dua gelombang, hal ini memiliki tujuan agar peserta didik yang sekolahnya belum mampu melaksanakan UNBK secara mandiri dapat menggunakan komputer dan mengikuti UNBK di sekolah lain pada rayon terdekat. Dengan demikian tidak akan ada lagi pelaksanaan ujian nasional yang berbasis kertas dan seluruh sekolah dapat melaksanakan UNBK sesuai dengan arahan yang telah di berikan oleh kemendiknas.

Baca Juga  Proses Perumusan Pancasila Sebagai Dasar Negara
Jadwal UNBK SMP SMA dan SMK Menurut Permendikbud
Jadwal UNBK 2020

Ujian Nasional merupakan serangkaian ujian akhir yang di selenggarakan tiap jenjang pendidikan pada siswa dengan tingkatan kelas paling akhir. Disebut sebagai ujian nasional karena ujian ini di laksanakan serentak secara nasional dengan jadwal dan mata pelajaran yang sama. Disamping mencatat jadwal UNBK 2020 baik SMP, SMA, dan SMK juga harus giat dalam belajar karena beberapa mata pelajaran yang diujiankan pada ujian nasional diantaranya adalah mapel bahasa indonesia, bahasa inggris, matematika dan kejuruan memiliki tingkat kesulitan yang tinggi.

Baca juga:  6 Tips Mengerjakan Soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

Ujian nasional yang dilaksanakan kini lebih modern dan cenderung mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. hal ini disebabkan karena pembenahan infrastruktur perangkat komputer dan internet di Indonesia sudah semakin baik. Selain mengetahui jadwal UNBK 2020, kita juga harus mengetahui beberapa fakta menarik yang hadir seputar UNBK 2020 nanti, berikut diantaranya:

  1. Waktu pengerjaan soal lebih cepat, dalam pelaksanaan UNBK 2020 waktu yang diperlukan oleh peserta ujian lebih cepat bila dibandingkan dengan ketika menggunakan kertas. Hal ini dikarenakan pada UNBK peserta tidak perlu lagi mengitamkan lembar jawaban dan menjaga kebersihan serta kelayakan lembar jawaban tersebut. Sehingga peserta ujian lebih fokus pada soal yang dihadapi.
  2. Terdapat proktor dan teknisi tiap ruang ujian, Anda tidak perlu khawatir ketika hendak melaksanakan UNBK. Umumnya yang menjadi ketakutan dalam menghadapi UNBK bukan hanya di soal ujin namun masalah teknispun menjadi kecemasan tersendiri bagi tiap peserta namun tidak usah khawatir karena dalam setiap ruang ujian terdapat proktor dan teknis yang bertugas untuk meastikan pelaksanaan ujian berjalan dengan lancar tanpa ada masalah teknis.
  3. Jadwal UNBK 2020 jenjang SMP SMA dan SMK sudah pasti dan tidak akan berubah sama sekali, jadi siswa harus giat belajar jika ingin lulus ujian.
  4. Soal lebih kompleks dan beragam, dalam UNBK 2020 paket soal yan ada di setiap indiidu berbeda. setiap peserta akan mengerjakan soal yang berbeda. walaupun ada sola yang sama maka nomor dan optionnya akan acak sehingga sangat sulit untuk bekerja sama antara sesama peserta. Hal ini menyebabkan pelaksanaan ujian jauh lebih jujur.

Itulah jadwal UNBK 2020 SMP, SMA dan SMK yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini. Dalam mempersiapkan UNBK 2020 yang akan datang kita harus rajin belajar. Jika merasa kesulitan dalam belajar sendirian maka hendaknya kita belajar secara berkelompok bersama teman teman kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.