Contoh Teks Iklan Beserta Strukturnya (Singkat, Unik, Menarik)

Diposting pada

Contoh Teks Iklan Beserta Strukturnya (Singkat, Unik, Menarik) – Iklan menjadi salah satu media penyampai pesan yang dapat kita temukan dengan mudah hampir setiap harinya. Misalnya saat berangkat sekolah melihat pamflet restoran yang mempromosikan makanan. Ataupun ketika sedang Ada berbagai media yang dapat kalian pakai untuk mempromosikan barang ataupun jasa baik secara online dan offline.

Pengertian teks iklan menurut para ahli adalah jenis teks yang dibuat dan memiliki tujuan khusus yakni sebagai media promosi atau mempromosikan sebuah barang dan jasa tertentu. Contoh teks iklan sendiri ditulis dengan bahasa yang kreatif dan semenarik mungkin untuk memikat perhatian pembacanya agar menggunakan produk barang dan jasa tersebut.

Contoh Teks Iklan Singkat Beserta Strukturnya (Struktur, Ciri ciri, dan Kaidah Kebahasaan)
Contoh Teks Iklan Singkat Beserta Strukturnya

Sama seperti yang telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya yang berjudul Teks Iklan: pengertian, contoh, fungsi, struktur, dan kaidah kebahasaan, bahwasany sebuah teks iklan memiliki pengertian umum, ciri-ciri, fungsi, kaidah kebahasaan dan tentunya contoh teks iklan beserta strukturnya. Dalam membuat contoh iklan tentang produk entah itu makanan, minuman maupun jasa kita harus memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan yang dimiliki teks iklan itu sendiri.

Tanpa disadari, hampir setiap hari kita melihat iklan baik dalam bentuk video maupun teks pendek. Entah itu saat menonton televisi, scrolling sosial media, mengakses instagram, maupun streaming youtube. Promosi juga tak hanya bisa kalian lakukan secara virtual melainkan lewat media cetak seperti koran ataupun tabloid.

Contoh Teks Iklan Beserta Strukturnya (Singkat, Unik, Menarik)

Secara garis besar, teks iklan menjadi salah satu materi dasar yang mulai diajarkan pada siswa semenjak berada di bangku SMP. Berbagai pembahasan tentang struktur, kaidah kebahasaan, dan ciri-cirinya akan disampaikan guru secara intensif. Selain dari penjelasan guru, kalian pun bisa menambah pengetahuan dengan mempelajarinya sendiri dari buku pedoman bahasa Indonesia.

Seiring berjalannya waktu tingkat kesulitan materi tersebut pun akan terus bertambah pada saat siswa menginjak bangku SMA/SMK. Akhirnya tak sedikit siswa yang kesulitan ketika guru meminta membuat contoh teks iklan singkat karena tak memahami tiap unsur di dalamnya. Cara membuat teks iklan beserta strukturnya tidaklah semudah membalik telapak tangan. Kalian harus memenuhi beberapa aspek kaidah kebahasaan seperti kalimat persuasif, slogan, dan instrumen lain. Tak hanya itu, kita juga harus mampu menentukan target pembaca (audience) untuk produk yang dijualnya.

Baca juga: Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia, Pengertian, jenis dan contoh

Seperti halnya jenis teks lainnya, teks iklan juga memiliki struktur, ciri ciri, kaidah kebahasaan dan contoh teksnya sendiri. Hal hal yang terdapat didalamnya tersebut merupakan ciri khas dari teks iklan itu sendiri. Teks iklan pada dasarnya dapat diartikan sebagai jenis teks yang digunakan untuk mempromosikan atau dijadikan media promosi jasa dan barang tertentu.

Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

Teks iklan sendiri memiliki beberapa ciri ciri di dalamnya. Selain itu juga terdapat kaidah kebahasaan teks iklan yang tidak kalah penting dalam membuat contoh teksnya. Adapun ciri-ciri dan kaidah kebahasaan dalam contoh teks iklan yang benar adalah:

  1. Menggunakan kalimat dengan sifat persuasif yang artinya membujuk pembacanya untuk menggunakan produk berupa barang dan jasa yang sedang diiklankan.
  2. Menggunakan subjek berupa kata ganti orang pertama berupa kami, saya dan sebagainya.
  3. Menggunakan kata-kata slogan dalam kalimatnya sehingga mudah untuk diingat pembacanya.
  4. Mengandung gambar yang cenderung menarik.

Selain memiliki ciri ciri dan kaidah kebahasaan, didalam menyusun contoh teks iklan sendiri kita perlu memperhatikan strukturnya agar contoh iklan singkat yang kita buat dapat efektif dan mendulang minat pembaca. Struktur teks iklan terdiri dari judul, nama produk dan deskripsi produk itu sendiri.

Struktur Teks Iklan

Selain ciri ciri dan kaidah kebahasaan dalam teks iklan di atas. Adapula struktur teks iklan yang perlu anda ketahui sebelum membuat contoh teks iklan. Adapun struktur dalam teks iklan yaitu sebagai berikut:

  1. Judul biasanya terletak di bagian atas teks iklan dan dituliskan dengan bahasa dan font yang menarik dan kreatif.
  2. Nama produk adalah nama dari barang dan jasa yang akan kita iklankan atau kita tawarkan kepada pembaca.
  3. Penjelasan produk berisi hal yang paling penting dalam contoh iklan, karena disinilah kita akan menggunakan bahasa yang persuasif dan membujuk pembaca untuk menggunakan produk kita. Penulisan yang hati-hati dan menarik dalam bagian ini akan sangat menentukan hasil yang kita dapat.

Contoh Teks Iklan Beserta Strukturnya

Pada dasarnya contoh teks iklan singkat dapat dengan mudah kita temukan dalam kehidupan sehari hari. Seperti pada saat tengah membaca koran dan melihat iklan kecik (iklan baris dengan bahasa yang singkat dan ditulis pada sebuah lembar koran) yang mengiklankan suatu produk tertentu, ata ketika kita tengah berjalan jalan dan melihat spanduk besar di pinggir jalan yang intinya mengajak kita untuk membeli barang tertentu, maka itulah yang disebut dengan teks iklan.

Contoh iklan sendiri bersifat sangat fleksibel, maksud dari fleksibel disini adalah contoh teks iklan dapat dituliskan pada koran, spanduk, pamflet, brosur brosur dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya silahkan simak contoh teks iklan beserta strukturnya di bawah ini. 

Contoh Teks Iklan Jasa

Seperti yang saya utarakan di atas bahwa sebenarnya teks iklan sangat fleksibel karena dapat disampaikan melalui berbagai media, salah satunya adalah melalui gambar. Di lain sisi, gambar pun memiliki peran lain yakni untuk memecah keheningan dan kebosanan di mata pembaca. Ketika memilih untuk membuat contoh iklan bergambar maka gunakanlah tulisan bernada ajakan yang pendek. Selain itu, kalian juga harus memakai gambar iklan yang memang merepresentasikan produk yang sedang dipromosikan.

Dalam konteks kehidupan nyata kita bisa menjumpai contoh iklan singkat bergambar ini hampir di semua tempat. Entah itu secara virtual di facebook, instagram, maupun promosi yang disebarkan lewat brosur/spanduk. Mengapa orang cenderung menggunakan jenis iklan satu ini? Jawabannya karena efektif untuk menarik minat pembaca serta mampu menekan biaya promosi. Berikut adalah contoh iklan berupa gambar yang dapat anda simak.

Contoh Teks Iklan Singkat Beserta Strukturnya (Struktur, Ciri ciri, dan Kaidah Kebahasaan)
Iklan Gambar Tentang Jasa

 

Contoh Teks Iklan Singkat Beserta Strukturnya (Struktur, Ciri ciri, dan Kaidah Kebahasaan)
Iklan Gambar Tentang Event

 

Contoh Teks Iklan Singkat Beserta Strukturnya (Struktur, Ciri ciri, dan Kaidah Kebahasaan)
Iklan Gambar Tentang Perangkat Komputer

Selain contoh iklan berupa gambar, saya akan memberikan contoh teks iklan berupa tulisan yang dapat anda lihat pada contoh contoh dibawah ini:

Contoh Iklan Video

Secara garis besar iklan video merupakan manifestasi paling banyak dipakai oleh banyak orang sebagai media promosi. Hampir setiap harinya kita melihat contoh iklan singkat berbentuk video ketika menonton televisi, streaming youtube, maupun sekedar membuka media sosial.

Contoh teks iklan satu ini terdiri dari beberapa unsur kompleks yang berpadu menjadi satu. Diantaranya adalah script dialog, tema, pemetaan konsep, serta koreografi. Untuk membuat promosi lewat video memang tidaklah mudah karena kita dituntut harus menguasai setiap unsur di atas. Jika kebetulan kalian sedang mendapat tugas untuk menulis maka simaklah contoh teks iklan beserta strukturnya di bawah:

Direktur: Harap tenang bapak ibu di lift, tengah terjadi masti listrik
Orang Jepang: (bicara dengan bahasa jepan).
Direktur: Ada yang bisa “Ngomong jepang”?.
Karyawan: Saa, saya pak.
Direktur: Silahkan.
Karyawan: “JEPANG”
Direktur dan karyawan yang lain: “Ada AQUA?” 

Contoh teks iklan tentang makanan

Makanan adalah komoditas yang memiliki nilai tinggi dalam konversi penjualan. Tak heran jika banyak restoran ataupun produsen makanan yang membuat contoh iklan singkat yang mempromosikan makanan. Tanpa kita sadari sebenarnya jenis iklan makanan setiap hari kita jumpai hampir di semua tempat khususnya televisi yang notabenya menjadi media penyiaran terbesar di tanah air. Ada banyak produk makanan yang muncul di televisi dengan penyampaian serta gaya bahasa berbeda.

Misalnya indomie yang konsisten menyajikan iklan dalam bentuk musikalisasi video. Lain halnya dengan iklan burger atau ayam KFC yang lebih berfokus pada visualisasi gambar yang mencolok agar orang tertarik membeli. Pada dasarnya masing-masing advertiser memang memiliki metode sendiri untuk mengajak penonton membeli produknya. Jika kalian masih belum mendapat inspirasi maka simaklah contoh teks iklan beserta strukturnya di bawah:

Soy joy merupakan makanan tinggi serat dan rendah kalori, cocok dimakan sebagai makanan diet. Belilah soyjoy dan rasakan sensasi diet tanpa harus berhenti ngemil.

Dari kalimat tersebut kita bisa mengidentifikasi beberapa unsur yang mana soy joy adalah produk makanan menyerupai wafer. Meski demikian bahan-bahan yang menjadi komposisi diklaim menyehatkan dan cocok untuk dimakan setiap saat. Dua poin itulah yang menjadi selling point dan selanjutnya dikemas menjadi kalimat ajakan.

Contoh teks iklan tentang jasa

Kartu kredit harapan merupakan kartu kredit yang ringan bunga dan tanpa cicilan. banyak fitur yang dapat anda manfaatnkan, salah satunya adalah ftur recuring yang memungkinkan kita menggunakan kartu kredit sekalipun saldo sudah habis. Daftar dan gunakanlah kartu kredit harapan anda sekarang juga.

Itulah kumpulan contoh teks iklan singkat beserta strukturnya, ciri ciri dan kaidah kebahasaan teks iklan yang dapat saya sampaikan. Perlu kita ingat bahwa teks iklan menggunakan bahasa yang menarik dan bersifat persuasif guna membujuk pebacanya untuk menggunakan produk yang tengah diiklankan. Contoh iklan pada dasarnya dapat dengan mudah kita temukan dalam kehidupan sehari hari seperti di koran, majalah dan sebagainya. Terimakasih.

Baca Juga  Pengertian Cerita Rakyat, Ciri Ciri, Jenis, dan Unsurnya

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.