Cara Merubah Ukuran Foto dan Gambar di Photoshop

Diposting pada

Cara Merubah Ukuran Foto dan Gambar di Photoshop – Merubah ukuran foto memang sangat penting sekali, karena biasanya ada kalanya dibutuhkan ukuran yang kecil pula seperti pas foto misalnya. Selain itu, mengubah ukuran foto juga akan sedikit memperkecil ukuran gambar, misalnya dari 5Mb menjadi 1Mb dan sebagainya. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial mengenai cara merubah ukuran foto dengan photoshop. Jadi dengan adanya photoshop, Anda tidak perlu lagi menggunakan tool yang ada di internet. Karena sudah ada alternatifnya.

Cara Merubah Ukuran Foto dan Gambar di Photoshop
Merubah Ukuran di Photoshop

Ukuran sebuah gambar atau foto dapat kita ubah menggunakan aplikasi photoshop. Caranyapun cukup mudah untuk dilakukan. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara merubah ukuran foto dan gambar dengan menggunakan photoshop. Cara yang akan saya bagikan pada kali ini adalah dengan 2 cara, jadi Anda bebas memilih mana yang Anda anggap paling mudah. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Merubah Ukuran Foto dan Gambar di Photoshop

Mengubah ukuran foto di potoshop memang tak pernah diajarkan secara formal di sekolah. Pengetahuan ini hanya akan kalian dapatkan ketika melakukan trial error sendiri. Metodenya pun sebenarnya cukup mudah dan bisa kita cari sendiri di berbagai media seperti internet.

Meski sebenarnya cukup mudah tapi faktanya tak semua orang tau cara mengecilkan foto ataupun sebaliknya. Hal ini menurut saya cukup lumrah karena skill tersebut tak terlalu dipakai oleh masyarakat awam. Meski demikian, kita tetap harus mempelajarinya agar tak kebingungan sewaktu harus memperkecil ukuran foto.

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa untuk merubah ukuran foto dan gambar dapat menggunakan aplikasi photoshop. Cara yang dapat dilakukan tersebut dapat dibagi menjadi dua macam metode. Adapun beberapa cara mengubah ukuran gambar dan foto yaitu sebagai berikut:

Baca Juga  Cara Membuat Efek Hujan Salju dengan Photoshop

Cara Setting Image Size

Buka foto/gambar yang ingin diubah ukurannya. Klik menu (ada di bagian atas) Image -> Image Size atau bisa juga dengan menekan tombol keyboard (Ctrl+Alt+I) secara bersamaan.

Maka nanti akan muncul seperti gambar dibawah ini. Silahkan isi sesuai kebutuhan Anda. Lihat gambar contoh.

Cara Merubah Ukuran Foto dan Gambar di Photoshop
Menyesuaikan Ukuran Foto/Gambar

Perhatikan yang saya beri kotak merah. Anda bisa mengubah ukuran gambar melalui kotak yang telah disediakan. Anda juga bisa mengubah pixel menjadi percent.

Width : Lebar.
Height : Panjang.

Saya sarankan untuk mencentang bagian Constrain Proportions agar hasil gambarnya bagus alias rapi, karena biasanya jika tidak dicentang hasilnya agak tidak rapi.

Cara Menggunakan Crop Tool

Fungsi crop tool adalah untuk memotong gambar, ya benar sekali. Namun dengan tool ini Anda bisa mengubah ukuran gambar sekaligus merapikannya. Jadi, jika Anda memiliki foto yang kurang rapi maka bisa Anda rapikan dengan crop tool.

1. Silahkan buka foto/gambar yang ingin diubah ukurannya.

2. Kemudian klik crop tool, tarik dari bagian pojok atas sampai pojok bawah, lihat contoh gambar.

Cara Merubah Ukuran Foto dan Gambar di Photoshop
Merubah Ukuran dengan Crop Tool

Jika kurang jelas akan sedikit saya jelaskan. Jadi, setelah Anda memilih crop tool silahkan klik pada nomor satu yang saya tandai di foto diatas, lalu tarik kebawah atau ke nomor 2.

3. Setelah itu, sesuaikan dengan keinginan Anda.

4. Jika sudah Anda sesuaikan, tekan Enter pada keyboard.

5. Selesai.

Nah, mungkin hanya itu saja tutorial merubah ukuran gambar dengan photoshop. Untuk merubah ukuran foto dan gambar di photoshop tersebut dapat menggunakan salah satu cara diatas yang anda anggap mudah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.