Sifat Bayangan Cermin Datar, Cermin Cekung, dan Cermin Cembung

Diposting pada

Sifat Bayangan Cermin Datar, Cermin Cekung, dan Cermin Cembung – Dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentunya kita pernah diajarkan mengenai materi cermin. Cermin tersebut pada dasarnya sering dikaitkan dengan lensa karena sama sama berhubungan dengan cahaya. Pada kenyatakaannya cermin dan lensa tersebut berbeda. Apakah anda tahu perbedaan cermin dan lensa itu? Jika ditinjau dari segi pencahayaannya, cermin dapat memantulkan cahaya sedangkan lensa bersifat membiaskan cahaya. Cermin ini berasal dari kaca yang disertai dengan lapisan aluminius yang tipis sebagai pelapisnya sehinggadapat memantulkan cahaya (reflektif). Sedangkan lensa berasal dari bahan kaca yang dapat ditembus oleh cahaya.

Apa yang dimaksud cermin? Cermin adalah sesuatu yang memiliki permukaan licin dan menghasilkan pantulan bayangan benda yang sempurna. Cermin sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari bahkan cermin juga banyak dicari dalam kalangan masyarakat. Ketika kita dibangku sekolah tentunya sudah diajarkan mengenai cermin dan pembentukan bayangannya. Cermin tersebut dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung. Sifat bayangan cermin datar berbeda dengan sifat bayangan cermin cekung dan sifat bayangan cermin cembung.

Ketiga jenis cermin ini memiliki sifat bayangan masing masing karena memiliki permukaan yang berbeda beda. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang sifat bayangan cermin datar, sifat bayangan cermin cekung dan sifat bayangan cermin cembung. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Sifat Bayangan Cermin Datar, Cermin Cekung, dan Cermin Cembung

Apakah anda tahu sifat sifat cahaya pada cermin dan kaca? Cermin memang terbuat dari kaca, namun jika ditinjau lebih dalam lagi maka keduanya adalah benda yang berbeda. Cermin tersebut merupakan benda yang bersifat memantulkan cahaya (refleksi). Bahan pembuat cermin ini memang berasal dari kaca, namun disertai dengan lapisan material senyawa perak sehingga kaca didalamnya dapat bersifat refleksi. Sedangkan kaca pada umumnya bersifat tembus cahaya.

Cermin secara umum dapat dibagi menjadi beberapa macam seperti cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung. Ketiga jenis cermin ini akan membentuk bayangan yang berbeda beda jika di depannya diletakkan benda yang sama. Pembentukan bayangannya disesuaikan dengan karakteristik dari masing masing cermin tersebut.

Dibawah ini terdapat sifat bayangan cermin datar, sifat bayangan cermin cekung dan sifat bayangan cermin cembung. Berikut ulasan selengkapnya:

Baca juga : Rumus Pemantulan Bunyi Beserta Contoh Soalnya

Cermin Datar

Cermin datar ialah jenis cermin yang mempunyai permukaan yang datar dan berbentuk garis lurus. Pada cermin datar terdapat bayangan benda yang panjang dan lebarnya sama persis dengan benda aslinya. Jarak antara benda dengan cermin juga sama dengan jarak cermin dengan bayangannya. Kita dapat menjumpai cermin datar dikehidupan sehari hari misalnya cermin rias.

Sifat Bayangan Cermin Datar, Cermin Cekung, dan Cermin Cembung
Sifat Bayangan Cermin Datar

Berikut sifat bayangan cermin datar yang meliputi :

  1. Bayangannya maya.
  2. Tinggi bayangan sama dengan tinggi objek.
  3. Ukuran bayangan sama dengan ukuran objek.
  4. Bersifat tegak.
  5. Sifat bayangan terbalik.
  6. Jarak benda dan jarak bayangannya sama.

Cermin Cekung

Cermin cekung adalah jenis cermin yang memiliki permukaan berbentuk lengkungan kedalam atau cekung. Jarak tengah cermin akan terlihat lebih jauh dari pada bagian tepi cermin. Cermin cekung juga memiliki titik imajiner yang jaraknya sama dengan setiap titik pada permukaan cermin cekung. Kita dapat menjumpai contoh cermin cekung dikehidupan sehari hari seperti pemantulan lampu kendaraan, senter, dan lampu sorot tipe tertentu.

Sifat Bayangan Cermin Datar, Cermin Cekung, dan Cermin Cembung
Sifat Bayangan Cermin Cekung

Baca juga : Rumus Gelombang Transversal Beserta Contoh Soalnya

Berikut sifat bayangan cermin cekung yaitu :
  1. Bayangannya bersifat tegak, nyata, terbalik dan diperkecil jika peletakan objek lebih besar dibandingkan titik fokus cermin cekung.
  2. Bayangannya bersifat tegak, nyata, terbalik dan diperbesar jika peletakan objek diantara titik  fokus cermin cekung.

Cermin Cembung

Cermin cembung adalah jenis cermin yang memiliki permukaan berbentuk lengkungan keluar atau cembung. Jarak tengah cermin akan terlihat lebih dekat dari pada bagian tepi cermin. Cermin cembung juga memiliki titik imajiner yang jaraknya sama dengan setiap titik pada permukaan cermin dan menjadi pusat kelengkungan cermin. Contoh penggunaan cermin cembung yaitu terdapat pada kaca spion kendaraan.

Sifat Bayangan Cermin Datar, Cermin Cekung, dan Cermin Cembung
Sifat Bayangan Cermin Cembung

Berikut sifat bayangan cermin cembung yang meliputi:

  1. Bayangannya bersifat maya.
  2. Bersifat tegak.
  3. Bayangan bersifat diperkecil.

Demikianlah penjelasan mengenai sifat bayangan cermin datar, sifat bayangan cermin cekung dan sifat bayangan cermin cembung. Masing masing jenis cermin tersebut memang memiliki karakteristik dan sifat sifat yang berbeda beda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Cara Membaca Jangka Sorong Lengkap Dengan Contoh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.