Pengertian Lensa, Jenis Jenis, Rumus dan Pembiasan Cahaya

Diposting pada

Pengertian Lensa, Jenis Jenis, Rumus dan Pembiasan Cahaya – Apa itu lensa? Apa saja jenis jenis lensa? Bagaimana rumus lensa? Bagaimana pembiasan cahaya pada lensa? Apakah anda pernah menggunakan kamera, mikroskop atau kaca pembesar? Jika anda pernah menggunakan alat tersebut tentunya menjumpai adanya lensa yang digunakan agar bayangan dapat terbentuk. Lensa termasuk benda yang bening seperti halnya gelas, prisma optik, air, maupun kaca plan pararel. Untuk itu lensa dapat digunakan untuk membiaskan cahaya.

Ketika di bangku sekolah tentunya pernah diajarkan mengenai materi lensa. Materi dalam Fisika ini berisi penjelasan mengenai pengertian lensa, jenis jenis lensa, rumus lensa dan pembiasan cahaya pada lensa. Lensa sering dikaitkan dengan adanya cermin. Hal ini dikarenakan konsep cermin dengan lensa itu sendiri hampir sama. Untuk itu jika anda ingin memahami lebih lanjut tentang lensa, maka anda juga harus mengetahui terlebih dahulu mengenai cermin.

Materi lensa tidak hanya menjadi bahan pembelajaran Fisika saja. Namun materi ini juga sering muncul dalam soal soal ujian Fisika, baik ujian tengah semester ataupun ujian akhir sekolah. Apa itu lensa? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian lensa, jenis jenis lensa, rumus lensa dan pembiasan cahaya pada lensa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Lensa, Jenis Jenis, Rumus dan Pembiasan Cahaya

Jika membahas tentang lensa maka akan berkaitan dengan adanya cermin. Lensa dan cermin ini pada umumnya berbeda meskipun ada yang beranggapan keduanya sama. Perbedaan lensa dan cermin tersebut terletak pada sifat bayangan atau cahayanya. Cermin memiliki sifat reflector atau memantulkan cahaya, sedangkan lensa memiliki sifat refactor atau meneruskan/membiaskan cahaya.

Lantas apa yang dimaksud lensa? Lensa dapat diartikan sebagai benda bening yang memiliki dua bidang lengkung sebagai pembatasnya. Lensa memang memiliki pembatas berupa dua bidang lengkung yang bentuknya bola maupun silindris. Lensa yang memiliki bentuk bola melengkung ke segala arah dapat membuat cahaya terpusat di sebuah titik dari sumber yang jauh. Sedangkan lensa yang memiliki bentuk silindris dapat membuat cahaya terpusat pada sebuah garis dari sumber titik yang jauh. 

Selain pengertian lensa tersebut, adapula pembahasan lain terkait materi lensa ini. Materi yang dibahas tersebut mencakup macam macam lensa, rumus lensa dan pembiasan cahaya pada lensa. Berikut penjelasan selengkapnya:

Baca juga : Rumus Gerak Vertikal ke Bawah dan Contoh Soal

Jenis Jenis Lensa

Lensa secara umum memang dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Adapun macam macam lensa yang dapat anda ketahui yaitu diantaranya:

Lensa Cembung (Positif)

Lensa cembung ialah lensa yang memiliki bagian tengah dengan bentuk lebih tebal dibandingkan bagian tepinya. Sifat lensa cembung itu sendiri ialah konvergen atau mengumpulkan cahaya. Lensa cembung dapat dibagi menjadi beberapa macam yaitu:

  • Bikonveks (lensa cembung ganda) ialah lensa yang bentuk kedua permukaannya berupa cembung.
  • Plankonveks (lensa cembung datar) ialah lensa yang bentuk salah satu permukaannya cembung dan permukaan lainnya datar.
  • Konkaf konveks (lensa cembung cekung) ialah lensa yang salah salah satu permukaannya berbentuk cekung dan permukaan lainnya cembung.

Lensa Cekung (Negatif)

Jenis jenis lensa selanjutnya ialah lensa cekung. Pengertian lensa cekung ialah lensa yang memiliki bagian tengah berbentuk tipis jika dibandingkan dengan bagian tepinya. Sifat lensa cekung tersebut ialah divergen atau menyebarkan cahaya. Di bawah ini terdapat macam macam lensa cekung yaitu sebagai berikut:

  • Bikonkaf (lensa cekung ganda) ialah lensa yang bentuk kedua permukaannya cekung.
  • Plankonkaf (lensa cekung datar) ialah lensa yang salah satu permukaannya berbentuk cekung dan permukaan lainnya datar.
  • Konveks konkaf (lensa cekung cembung) ialah lensa yang salah satu permukaannya berbentuk cekung dan permukaan lainnya cembung.

Sinar Istimewa Pada Lensa

Selain definisi lensa dan macam macam lensa di atas. Adapula sinar istimewa pada lensa, baik lensa cembung maupun lensa cekung. Berikut penjelasan selengkapnya:

Lensa Cembung

Lensa cembung dapat membentuk cahaya melalui proses yang disebabkan oleh kedua titik fokus lensa memiliki jarak yang sama, baik di sebelah kanan maupun kiri lensa. Lensa cembung memiliki sinar istimewa seperti di bawah ini:

  • Datangnya sinar sejajar dengan sumbu utama lensa, kemudian melalui titik fokus aktif pada F1 untuk dibiaskan.
  • Datangnya siar melewati titik fokus pasif F2, kemudian akan sejajar dengan sumbu utama ketika dibiaskan.
  • Datangnya sinar melewati titik pusat optik O, kemudian tidak mengalami pembiasan dan cukup diteruskan.
Pengertian Lensa, Jenis Jenis, Rumus dan Pembiasan Cahaya
Sinar Istimewa pada Lensa Cembung

Lensa Cekung

Selain pengertian lensa dan jenis jenis lensa di atas. Adapula pembahasan mengenai sinar istimewa lensa cekung. Lensa cekung memiliki sinar datang yang berupa :

  • Datangnya sinar sejajar sumbu utama lensa sehingga seolah olah pembiasan asalnya dari titik fokus aktif F1.
  • Datangnya sinar seolah olah menuju titik fokus pasif F2 dan akan sejajar dengan sumbu utama ketika dibiaskan.
  • Datangnya sinar melewati titik pusat optik O tanpa pembiasan sehingga hanya diteruskan.
Pengertian Lensa, Jenis Jenis, Rumus dan Pembiasan Cahaya
Sinar Istimewa pada Lensa Cekung

Baca juga : Rumus Gerak Vertikal ke Atas dan Contoh Soal

Rumus Lensa 

Setelah menjelaskan apa itu lensa, macam macam lensa dan sinar istimewa pada lensa. Selanjutnya saya akan membahas tentang rumus materi lensa. Lensa memiliki rumus seperti di bawah ini:

1/f = 1/So + 1/Si
M = Si / So
P = 1 / f

Keterangan:
So = Jarak benda (m)
Si = Jarak bayangan (m)
f = Jarak fokus (m)
M = Perbesaran linier bayangan
P = Kuat lensa (dioptri)

Rumus lensa di atas dapat digunakan dengan ketentuan seperti di bawah ini:

  • Nilai jarak fokus lensa cembung akan positif dan pada lensa cekung akan negatif.
  • Nilai Si, hi, So dan ho akan positif apabila bayangan dan bendanya bersifat nyata.
  • Nilai Si, hi, So dan ho akan negatif apabila bayangan dan bendanya bersifat maya.
  • Nilai M positif apabila bayangannya memiliki perbesaran maya dan tegak.
  • Nilai M negatif apabila bayangannya memiliki perbesaran nyata dan terbalik.

Pembiasan Cahaya Pada Lensa

Setelah membahas tentang pengertian lensa, jenis jenis lensa, sinar istimewa pada lensa dan rumus lensa di atas. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang pembiasan cahaya lensa. Permukaan yang dimiliki lensa tebal hanya berjumlah satu, maka dua permukaan dimiliki oleh lensa tipis karena lensa tersebut memiliki tebal yang dianggap nol. Dalam lensa tipis ini terdapat satu atau dua bidang lengkung yang tembus cahaya disertai satu bidang datar. Lensa sendiri memiliki bentuk pembiasan cahaya seperti berikut:

Pengertian Lensa, Jenis Jenis, Rumus dan Pembiasan Cahaya
Pembiasan Lensa Cembung dan Cekung

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian lensa, jenis jenis lensa, rumus lensa dan pembiasan cahaya pada lensa. Lensa merupakan benda bening yang memiliki dua bidang lengkung sebagai pembatasnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Cara Membaca Jangka Sorong Lengkap Dengan Contoh