Corak yang Merupakan Tiruan Dari Bentuk Alam Disebut

Diposting pada

Corak yang Merupakan Tiruan Dari Bentuk Alam Disebut – Pada umumnya seni rupa dapat diartikan sebagai cabang seni yang menghasilkan sebuah karya seni menggunakan media yang dapat dirasakan dengan rabaan dan ditangkap mata. Karya seni rupa menurut dimensinya dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu seni rupa tiga dimensi dan seni rupa dua dimensi. Apa itu seni rupa dua dimensi itu?

Pengertian seni rupa dua dimensi dan contohnya tersebut pada umumnya telah saya jelaskan dalam artikel sebelumnya. Seni rupa dua dimensi ini masih dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya adalah seni lukis. Apa itu seni lukis? Pengertian seni lukis adalah karya seni rupa dua dimensi yang tersusun dan terbentuk dari unsur rupa seperti garis, bentuk, warna, gelap terang, titik, bidang, ruang, dan tekstur. Lalu corak yang merupakan tiruan dari bentuk alam disebut apa?

corak yang merupakan tiruan dari bentuk alam disebut
Corak Seni Rupa

Seni lukis menurut KBBI dapat diartikan sebagai seni tentang lukis melukis dan gambar menggambar. Seni lukis tersebut memang sangat berhubungan dengan gambar. Seni lukis ini pada zaman dahulu digunakan untuk tujuan propaganda dan mistis yaitu untuk menggambar kondisi alam. Maka dari itu dalam seni lukis tersebut terdapat beberapa corak di dalamnya. Apa saja corak seni lukis itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang corak yang merupakan tiruan dari bentuk alam disebut apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Corak yang Merupakan Tiruan Dari Bentuk Alam Disebut

Pengertian seni lukis dan macam macam alirannya tersebut dapat anda pahami dalam artikel sebelumnya. Seni lukis ini memang dilakukan di atas kanvas untuk mengekspresikan gagasan atau perasaan seorang pelukis. Tetapi karya lukis tersebut tidak hanya menggunakan kanvas saja, karena media apa saja dapat digunakan untuk melukis. Biasanya dalam seni lukis atau seni rupa ini, kita sering menemukan adanya corak. Apa saja corak seni lukis itu?

Baca Juga  8 Produk Kerajinan dari Bahan Alam Beserta Contohnya

Pengertian corak seni rupa/seni lukis adalah sebuah ciri khas yang sifatnya tidak berubah dan turun temurun. Corak seni lukis pada masing masing seniman tentunya berbeda beda sehingga seni lukis ini lebih beragam. Lantas corak yang merupakan tiruan dari bentuk alam disebut apa? Corak seni lukis yang beragam ini dipengaruhi oleh pandangan dan pengalaman terhadap sebuah objek.

Selain itu keberagaman corak juga dipengaruhi oleh bahan dan teknik yang digunakan. Banyak sekali pengaruh negara Eropa terhadap corak seni lukis di Indonesia, sehingga yang awalnya dari tradisional berubah menjadi modern. Jika membahas tentang corak seni rupa tersebut tentunya kita akan menemukan salah satu soal seperti di bawah ini:

Corak yang merupakan tiruan dari bentuk alam disebut . . .
A. Representatif
B. Devormatif
C. Abstraksionisme
D. Impresionisme

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah pilihan A. Representatif.

Dari sini dapat diperoleh jawaban corak yang merupakan tiruan dari bentuk alam disebut corak representatif. Corak representatif adalah corak tiruan bentuk alam seperti manusia, tumbuhan, dan hewan. Corak representatif ini dapat dinamakan dengan corak imitatif yaitu salah satu jenis corak seni patung.

Kemudian untuk corak abstraksionisme adalah bentuk abstrak yang asalnya dari seniman itu sendiri sehingga murni ekspresi jiwa dari seniman yang tidak bisa dikaitkan dengan objek lain. Corak tersebut meninggalkan bentuk aslinya. Corak devormatif adalah corak yang berubah atau tidak sama dengan bentuk aslinya sehinga akan terbentuk corak baru yang tidak meninggalkan bentuk aslinya. Sedangkan corak impresionisme adalah corak yang menekankan adanya warna, garis, dan tekstur sehingga bentuk yang ditampilkan lebih indah.