Gabungan Antara Komponen Biotik dan Komponen Abiotik Dinamakan

Diposting pada

Gabungan Antara Komponen Biotik dan Komponen Abiotik Dinamakan – Apa itu ekosistem? Pengertian ekosistem adalah sistem ekologi yang berasal dari hubungan timbal balik antara makhluk hidup yang tidak dapat dipisahkan dengan lingkungannya. Ekosistem sendiri termasuk dalam sebuah tananan kesatuan yang menyeluruh dan utuh diantara semua unsur lingkungan hidup serta saling mempengaruhi. Ekosistem tersebut berasal dari masing masing unit biosistem yang digabungkan.

Dalam ekosistem terdapat interaksi timbal balik yang terlibat diantara organisme dengan lingkungan fisik sehingga terjadi siklus materi anorganisme dengan organisme dan terjadi aliran energi ke sebuah struktur biotik tertentu. Dalam ekosistem terdapat sumber dari semua energi yaitu matahari. Selain itu adapula organisme dalam komunitas yang berkembang dengan lingkungan fisik secara bersama sama. Organisme ini kemudian akan beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Lantas gabungan antara komponen biotik dan komponen abiotik dinamakan apa?

Gabungan Antara Komponen Biotik dan Komponen Abiotik Dinamakan
Terjadinya Ekosistem

Secara umum hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungan tersebut pasti ada, karena digunakan untuk mewujudkan keseimbangan dalam hidup. Dalam ekosistem tersebut memang terdapat sifat ketergantungan antara masing masing komponen dengan ekosistemnya. Contohnya hubungan antara komponen biotik dan abiotik. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang gabungan antara komponen biotik dan komponen abiotik dinamakan apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Gabungan Antara Komponen Biotik dan Komponen Abiotik Dinamakan

Pengertian dan jenis jenis ekosistem lengkap ini telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Dalam ekosistem terdapat hubungan antara komponen biotik dan abiotik dengan lingkungannya. Selain itu komponen biotik dan abiotik ini juga menjalin beberapa interaksi seperti pemangsaan atau predasi, persaingan atau kompetisi, simbiosis parasitisme, simbiosis mutualisme, antibiosis, dan simbiosis komensalisme.

Baca Juga  Bagaimana Proses Pengakuan Kedaulatan Indonesia Terjadi

Lalu gabungan antara komponen biotik dan komponen abiotik dinamakan apa? Ekosistem memang termasuk dalam hubungan timbal balik yang terjadi antara faktor abiotik dan faktor biotik. Materi ekosistem tersebut dapat dipelajari dalam ilmu ekologi. Kemudian akan terjadi perkumpulan ekosistem yang membentuk bioma. Bioma yang saling berkumpul ini akan menghasilkan biosfer.

Komponen ekosistem secara umum memang dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu komponen tak hidup dan komponen hidup. Komponen tak hidup ini dapat dinamakan dengan komponen abiotik dan komponen hidup dinamakan dengan komponen biotik. Masing masing komponen tentunya mempunyai anggota yang tidak sama. Materi ekosistem tersebut tentunya telah kita pelajari ketika dibangku sekolah. Materi ini bahkan menjadi salah satu bahan soal seperti berikut:

Gabungan antara komponen biotik dan komponen abiotik dinamakan . . .
A. Komunitas
B. Biosfer
C. Ekosistem
D. Populasi

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan C. Ekosistem.

Seperti yang kita tahu bahwa gabungan antara komponen biotik dan komponen abiotik dinamakan ekosistem. Dalam ekosistem tersebut terdapat timbal balik yang terjadi antara kedua komponen tersebut. Maka dari itu kita dapat mengamati hubungan yang terjadi antara faktor biotik dan abiotik ini dalam konsep ekosistem. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.