Pertunjukan Alat Musik Angklung Termasuk Ke Dalam Jenis Musik Ansambel

Diposting pada

Pertunjukan Alat Musik Angklung Termasuk Ke Dalam Jenis Musik Ansambel – Seseorang tentunya dapat mengungkapkan atau menyampaikan perasaannya sendiri menggunakan berbagai cara. Salah satunya dengan musik. Musik ini memberikan ketenangan dalam diri melalui melodinya yang indah. Musik secara umum dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya adalah musik ansambel. Apa itu musik ansambel?

Pengertian musik ansambel adalah penyajian musik yang dilakukan menggunakan berbagai jenis alat musik oleh beberapa orang dalam satu kelompok. Penyajian ansambel ini memang menggunakan alat musik yang mengandung unsur ritmis, melodis, dan harmonis. Musik ansambel tidak hanya dimainkan dengan menggunakan keterampilan saja, tetapi juga membutuhkan keharmonisan di dalamnya karena ditampilkan oleh beberapa orang. Maka dari itu penampilan musik ini harus dipersiapkan dengan baik. Lantas pertunjukan alat musik angklung termasuk ke dalam jenis musik ansambel apa?

pertunjukan alat musik angklung termasuk ke dalam jenis musik ansambel
Penyajian Musik Ansambel

Secara umum musik ansambel yang disajikan dengan baik merupakan interpretasi kerjasama kelompok yang baik pula. Jenis musik ini dapat dibagi menjadi dua macam yaitu musik ansambel campuran dan musik ansambel sejenis. Kedua jenis musik ansambel ini memiliki pengertian hingga contoh yang berbeda. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pertunjukan alat musik angklung termasuk ke dalam jenis musik ansambel apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pertunjukan Alat Musik Angklung Termasuk Ke Dalam Jenis Musik Ansambel

Seperti yang kita tahu bahwa musik ansambel ini terdiri dari musik ansambel sejenis dan musik ansambel campuran. Musik ansambel sejenis adalah permainan lagu yang dimainkan oleh beberapa orang bersamaan menggunakan satu jenis alat musik yang sama. Contoh alat musik ansambel sejenis tersebut seperti recorder, gitar, dan pianika. Misalnya saja dua orang yang memainkan gitar secara bersamaan untuk menampilkan sebuah lagu, maka jenis musik ini disebut juga dengan musik ansambel sejenis.

Baca Juga  Faktor Faktor yang Mempengaruhi Besarnya Tekanan Adalah

Lantas pertunjukan alat musik angklung termasuk ke dalam jenis musik ansambel apa? Selain musik ansambel sejenis, adapula musik ansambel campuran. Pengertian musik ansambel campuran adalah permainan lagu yang dimainkan oleh beberapa orang menggunakan beberapa macam alat musik yang berbeda. Permainan musik ansambel campuran ini biasanya membutuhkan kerjasama yang baik antara semua pemain agar harmonisasi lagunya dapat tercipta meskipun alat musik yang digunakan berbeda.

Contoh alat musik ansambel campuran ini dapat terdiri dari maracas, gitar, recorder, dan pianika. Gitar memiiki peran untuk memberikan irama dan nada lagu. Recorder dan pianika berguna untuk menghasilkan melodi lagi, sedangkan maracas berperan sebagai ritmik sehingga dapat menghasilkan keselarasan lagu. Jika membahas tentang materi musik ansambel ini tentunya kita akan menemukan salah satu bentuk soal seperti di bawah ini:

Pertunjukan alat musik angklung termasuk ke dalam jenis musik ansambel . . .

Jawaban.

Pertunjukan alat musik angklung termasuk ke dalam jenis musik ansambel sejenis. Musik ansambel sejenis adalah musik yang penyajiannya menggunakan alat musik sejenis atau sama.

Seperti yang kita tahu bahwa musik ansambel sendiri merupakan permainan musik yang dilakukan oleh beberapa orang secara bersama sama dalam satu kelompokk menggunakan aransemen sederhana dan alat musik tertentu dalam menerapkan sebuah lagu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.