Bagaimanakah Urutan Menulis Surat Pribadi

Diposting pada

Bagaimanakah Urutan Menulis Surat Pribadi – Sejak zaman dahulu kita dapat melakukan cara komunikasi melalui surat. Bahkan cara menulis surat masih ada sampai sekarang. Pada zaman dahulu, cara menulis surat memang menggunakan tulisan tangan sendiri, tetapi penulisan surat sekarang ini biasanya menggunakan teknologi gadget sehingga lebih mudah dalam pengerjaan tugas atau komunikasi jarak jauh.

Surat dalam Bahasa Indonesia tentunya dapat dibagi menjadi dua jenis seperti surat pribadi (surat tidak resmi) dan surat resmi. Perbedaan surat resmi dan tidak resmi ini dapat anda pelajari lebih lanjut pada artikel sebelumnya. Salah satu jenis surat yang akan saya bahas adalah surat pribadi. Jenis surat yang satu ini tentunya dapat digunakan dengan berbagai keperluan. Salah satunya adalah untuk media komunikasi tertulis dari satu pihak ke pihak lain. Lantas bagaimanakah urutan menulis surat pribadi itu?

bagaimanakah urutan menulis surat pribadi
Menulis Surat Pribadi

Penulisan surat pada dasarnya membutuhkan kemampuan yang baik dalam menulis. Maka dari itu surat yang dikirim dapat mengutarakan pikiran penulis dengan baik dan lebih mudah dipahami oleh penerima. Meskipun surat pribadi tergolong surat yang sederhana, namun di dalamnya terdapat beberapa bagian di dalamnya. Bagian bagian surat pribadi ini tentunya berbeda dengan bagian bagian surat resmi. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimanakah urutan menulis surat pribadi tersebut. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Bagaimanakah Urutan Menulis Surat Pribadi

Apa itu surat pribadi? Pengertian surat pribaadi adalah jenis surat yang isinya tentang masalah pribadi untuk diberikan kepada teman, kenalan, ataupun keluarga. Sifat surat pribadi ini memang lebih santai dan akrab dibandingkan surat resmi, karena bahasa yang digunakanpun juga lebih santai. Meski begitu bahasa yang digunakan biasanya disesuaikan dengan orang yang dituju dalam surat.

Lalu bagaimanakah urutan menulis surat pribadi? Surat pribadi pada umumnya memiliki isi dan bentuk yang disesuaikan dengan penerima suratnya. Maka dari itulah surat yang diberikan kepada sahabat akan berbeda dengan surat yang diberikan kepada orang tua. Surat pribadi memang dapat dijadikan sebagai perwakilan diri sendiri karena posisi penulis ini tidak menjadi wakil sebuah lembaga atauu institusi manapun sehingga sifatnya tidak resmi.

Baca Juga  Contoh Cerita Sejarah Pribadi Beserta Strukturnya

Apa tujuan surat pribadi? Surat pribadi pada umumnya bertujuan untuk melakukan komunikasi jarak jauh dengan orang yang paling dekat. Maka dari itu surat pribadi ini dapat digunakan untuk mengungkapkan perasaan penulis. Surat pribadi pada umumnya memiliki ciri ciri seperti di bawah ini:

  • Tidak memiliki kop surat.
  • Tidak memiliki nomor surat.
  • Memiliki salam pembuka dan salam penutup yang beragam.
  • Menggunakan bahasa yang bebas dan disesuaikan dengan keinginan dari penulis.
  • Penulisan format suratnya bebas.

Ciri ciri di atas pada dasarnya dapat digunakan untuk membedakan contoh surat pribadi dengan jenis surat Bahasa Indonesia lainnya. Setelah memahami materi di atas, coba kerjakan salah satu soal di bawah ini:

Bagaimanakah urutan menulis surat pribadi?

Jawaban.
Surat pribadi merupakan jenis surat yang isinya kebutuhan pribadi, dimana diberikan kepada orang lain menggunakan bahasa yang tidak baku. Penulisan surat pribadi ini dapat dilakukan dengan menggunakan tata urutan seperti berikut:

  1. Tempat dan tanggal penulisan surat
  2. Alamat yang dituju
  3. Salam pembuka
  4. Kalimat pembuka awal
  5. Isi surat
  6. Penutup
  7. Tanda tangan dan nama terang

Berdasarkan penjelasan di atas tentunya kita sudah mengerti bagaimanakah urutan menulis surat pribadi tersebut. Surat pribadi secara sederhana memang digunakan untuk keperluan pribadi. Maka dari itu penulisannya tidak membutuhkan aturan khusus. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.