Rumus Simple Present Tense, Pengertian, dan Contohnya

Diposting pada

Rumus Simple Present Tense, Pengertian, dan Contohnya – Tenses menjadi aspect of language yang tidak akan terlepas dari pembelajaran Bahasa Inggris. Fungsinya sebagai rumus untuk menciptakan kalimat yang padu sering kali dianggap sepele oleh siswa. Akhirnya banyak yang kesulitan saat guru meminta menuliskan contoh kalimat simple present tense, past, ataupun future.

Cara Belajar Rumus Simple Present Tense
Cara Belajar Rumus Simple Present Tense

Rumus simple present tense bahasa inggris menurut saya jadi yang paling mudah dan sederhana. Mengapa demikian? sebab kita tidak memerlukan imbuhan ataupun mengganti apapun dalam struktur kalimatnya. Sederhananya, rumus simple present tense adalah S + V1 + O. Selain tertulis di buku pedoman, guru pun pasti menj

Menguasai rumus simple present tense menjadi kewajiban bagi semua siswa sekolah menengah. Karena pada dasarnya simple present tense sering sekali dipakai pada banyak genre text. Mempelajari rumus tenses bahasa inggris merupakan modal awal untuk menguasai berbagai materi. Bermodal penguasaan simple present tense kita bisa menciptakan kalimat yang baik, udah dipahami, dan tentu saja bebas error.

Rumus Simple Present Tense, Pengertian, dan Contohnya

Pada artikel sebelumnya saya pernah membahas semua jenis tenses bahasa inggris secara lengkap. Tapi dalam sesi ini mari kita perdalam lagi pemahaman tentang rumus simple present tense agar lebih jago.

Ada dua cara menggunakan simple present tense dalam kalimat menyesuaikan jenisnya. Pertama, adalah verbal sentence yang notabenya selalu diikuti verb (kata kerja). Kedua, yakni nomina sentence dengan auxiliary verb atau kata kerja bantu (to be) di belakang subject.

Jika dibedah lagi maka kita akan menemukan 3 bentuk kalimat simple present. Yakni bentuk positif, negatif, dan interogatif yang notabenya memiliki fungsi dan rumus berbeda. Meski terkesan sulit tapi sebenarnya materi tenses satu ini sangatlah mudah untuk kita pahami.

Apa Itu Simple Present Tense

Pengertian simple present tense adalah jenis tenses bahasa inggris yang berfungsi menyatakan kejadian, tindakan, atau fakta yang terjadi di masa kini. Meski jadi yang paling mudah tapi masih banyak siswa yang kesulitan menghafal pola kalimatnya. Padahal kita bisa mengingat rumus simple present tense dari kata present yang artinya “sekarang”.

Kata kerja simple present tense biasanya berbentuk V1 dengan model infinitive verb yang notabenya menunjukan aksi. Misalnya eat, ride, go, dan sing, swim, run, dan lain sebagainya.

Kapan Simple Present Tense Digunakan

Meski sering kita jumpai dalam berbagai jenis teks tapi ternyata masih banyak siswa yang kebingungan. Bahkan ada yang tidak tau kapan simple present tense digunakan pada sebuah kalimat. Maka dari itu, sebelum mempelajari rumus simple present tense kalian wajib mengetahui penggunaanya terlebih dulu.

Dalam beberapa kasus, kita bisa memakai jenis tenses bahasa inggris satu ini pada kalimat conditional sentence tipe 0 dan tipe 1 yang selanjutnya diikuti oleh simple future tense. Tapi lazimnya, pembicara menggunakan simple present tense untuk menjelaskan fakta atau peristiwa yang terjadi sekarang atau berada di timeline masa kini.

Apabila kalian masih bingung, simaklah rumus simple present tense bahasa inggris berikut.

Rumus Possitive Simple Present Tense

Simple present tense positif sering kita temukan dalam berbagai contoh teks bahasa inggris. Baik itu descriptive, narrative, procedure text, dan lain-lain. Bahkan penggunaannya melebar sampai ke banyak aspek kehidupan seperti perbincangan harian.

Rumus simple present tense positif

Positive simple present biasa dipakai untuk menyatakan afirmasi atas suatu fakta, tindakan, dan kejadian yang berlangsung di masa kini. Rumus simple present tense positif menurut saya menjadi yang paling mudah daripada dua jenis yang lain.

Baca Juga  6 Contoh Descriptive Text Tentang Tourism Place (Tempat Wisata)
RumusSubject (S)Verb 1 (V + s/es)Object (O)
Verbal SentenceShecatchesa bird
Nominal SentenceSheisa doctor
Rumus simple present tense possitive

Rumus Negative Simple Present Tense

Kita masuk rumus simple present tense yang selanjutnya yakni ke bentuk negatif. Pembicara memakai bentuk negatif untuk menampik langsung fakta, peristiwa, ataupun hal yang terjadi saat itu. Jadi, negative tense merupakan kebalikan dari bentuk sebelumnya yang memberikan afirmasi.

Rumus simple present tense negatif

Karena dalam bentuk negatif terjadi sebuah penyangkalan maka kita harus menambah imbuhan kata “Not”. Tapi kata tersebut tidak bisa berdiri sendiri sehingga memerlukan auxiliary verb. Maka bunyinya akan jadi Do not dan Does not, baru diikuti oleh V1.

Berdasarkan buku pedoman bahasa inggris, Pada rumus simple present tense negatif terjadi penyesuaikan struktur. Susunan kalimat pun menjadi S + Auxiliary Verb + Not + V1. Kata kerja utama yang dipakai pun juga tidak mendapat tambahan s/es seperti sebelumnya.

Kalau masih bingung, simaklah rumus negative simple present tense beserta contohnya di bawah:

RumusSubject (S)Auxiliary Verb + NotVerb 1
Verbal SentenceSheDoesn’tcatch a fish
Nominal SentenceSheisn’teat
Rumus simple present tense Negative

Rumus Interrogative Simple Present Tense

Kita masuk ke bentuk ketiga dari rumus simple present tense bahasa inggris yakni interrogative. Setiap orang pasti pernah mengajukan pertanyaan kepada lawan bicaranya. Ketika kita menerapkan hal tersebut ke dalam bahasa inggris maka terciptalah kalimat interogatif.

Interrogative sendiri merujuk pada makna “menanya” untuk memperoleh suatu informasi. Jadi interrogative sentence memang memiliki fungsi, tujuan, dan struktur kalimat berbeda dari dua bentuk sebelumnya.

Rumus simple present tense interogatif

Ketika pembelajaran di kelas, guru pasti akan menjelaskan perbedaan signifikan dari masing-masing jenis kalimat simple present. Dan interogatif dipakai apabila kalian ingin membuat pertanyaan pada masa sekarang.

Secara garis besar kita hanya perlu menyesuiakan letak auxiliary verb pada kalimat saja. Sehingga strukturnya akan menjadi Auxiliary verb (Do/Does) + S + V1 + O. Rumus simple present tense interogatif adalah:

RumusDo/Does + Subject (S)Verb 1 (V)Object (O)
Verbal SentenceDoes shecatcha bird?
Nominal SentenceIs shelookBeautiful?
Rumus Interrogative Simple Present Tense

Contoh Kalimat Simple Present Tense

Tanpa sadar sebenarnya kita sudah sering membaca kalimat bergaya simple present di berbagai kesempatan. Tapi karena minimnya literasi dan kemampuan menganalisa rumus simple present tense membuat siswa sering lupa.

Jika kebetulan kalian diminta membuat contoh kalimat simple present tense maka saya sudah siapkan:

  1. I eat sayur every days.
  2. They live in a mansion.
  3. The sun rises from the east.
  4. I go to school every morning.
  5. Dogs chase cat.
  6. My grandmother knits beautiful sweaters.
  7. The river flows peacefully through the valley.
  8. Mr Rudy teaches complex theories in the school.
  9. The flowers only bloom in the autumn.

Belajar Bahasa Inggris sebenarnya sangat menyenangkan apabila kita mengetahui konsepnya. Menghafal rumus simple present tense menjadi modal awal apabila ingin menguasai mapel satu ini. Karena lewat penguasaan tenses yang baik kalian dapat membuat berbagai jenis kalimat yang notabenya berfungsi untuk berkomunikasi.

Mungkin cukup sekian penjelasan yang dapat saya sampaikan tentang rumus simple present tense. Selalu ingat bahwa kalimat simple present terdiri dari 3 bentuk yakni positif, negatif, dan interogatif. Rumus masing-masing bentuk pun berbeda tapi untungnya hampir serupa.

Apabila kalian masih mengalami kendala saat mempelajari rumus simple present tense bahasa inggris di atas. Jangan sungkan untuk mengajukan pertanyaan lewat kolom komentar yang tersedia.