Ciri Ciri GLB (Gerak Lurus Beraturan) Beserta Penjelasannya

Diposting pada

Ciri Ciri GLB (Gerak Lurus Beraturan) Beserta Penjelasannya – Ada banyak sekali jenis gerak yang bisa kita jumpai dalam kehidupan sehari hari. Salah satunya adalah GLB yang mengacu pada gerakan benda dengan kecepatan konstan pada suatu garis lurus atau lintasan. Kita bisa menjumpainya di berbagai situasi, tapi karena tak semua tau apa saja ciri ciri GLB membuat orang kurang menyadarinya.

ciri ciri GLB gerak lurus beraturan
GLB Gerak Lurus Beraturan

Contoh gerak lurus beraturan bisa kita amati pada mobil yang melaju dengan kecepatan konstan di jalanan. Pada fenomena ini, pengemudi memilih untuk menjalankan mobil pada lintasan dan tidak mengalami perubahan kecepatan signifikan. Konsep itu pun juga berlaku pada benda lain seperti kereta KRL, motor, dan lain-lain.

Dari fenomena tersebut akhirnya muncul pertanyaan apa saja ciri ciri GLB gerak lurus beraturan. Pertanyaan ini menurut saya cukup lumrah diajukan oleh siswa. Pasalnya, masih banyak yang kurang bisa memahami materi fisika dengan baik. Selain harus menghafal teori kompleks, mereka juga wajib menguasai rumus hitung pula.

Ciri Ciri GLB (Gerak Lurus Beraturan) Beserta Penjelasannya

Ada banyak ciri ciri gerak lurus beraturan yang bisa kita amati dari peristiwa di lingkungan sekitar. Dalam konteks pendidikan, materi tersebut biasanya sudah mulai diajarkan pada saat siswa menginjak bangku sma. GLB sendiri juga termasuk materi yang lumayan sulit untuk dipelajari karena melibatkan berbagai aspek. Mulai dari rumus hitung, sifat sifat, sampai teori kompleks lainnya.

Pada kesempatan kali ini kita akan coba mendalami materi yang berkaitan dengan GLB fisika. Lebih tepatnya, saya akan menjawab apa saja ciri ciri GLB gerak lurus beraturan. Karena ternyata masih banyak siswa yang belum paham dan kesulitan menjawab soal yang diberikan guru.

Berada Pada Lintasan Lurus

Ciri ciri GLB gerak lurus beraturan adalah berada pada lintasan yang lurus. APa maksudnya? benda yang mengalami GLB akan bergerak di sepanjang garis lurus. Tidak ada perubahan arah yang signifikan selama perjalanan benda tersebut. Jika ada perubahan arah maka dapat dipastikan peristiwa tersebut bukanlah gerak lurus beraturan.

Ciri ciri GLB satu ini menurut saya sudah sangat jelas sebagai highlight karena sesuai dengan namanya. Contoh GLB dapat kalian amati pada mobil yang berjalan konstan di kecepatan 60km/jam. Tapi saat mobil melakukan belokan, gerakan tersebut tidak lagi dapat dikategorikan sebagai Gerak Lurus Beraturan.

Memiliki Kecepatan Konstan

GLB menjadi salah satu materi dasar yang ada pada mapel fisika. Selain harus paham rumus gerak lurus beraturan, kita juga dituntut harus hafal teori kompleks. Inilah yang membuat fisika seolah jadi momok yang menakutkan bagi sejumlah siswa. Hal itu terbukti dengan tidak mampunya mereka saat diminta menjelaskan ciri ciri gerak lurus beraturan dalam ilmu fisika.

Baca Juga  Rumus Besaran Gelombang, Contoh Soal, dan Cara Menghitungnya

Ciri ciri GLB adalah kecepatan yang konstan tak mengalami perubahan sama sekali. Artinya, benda yang mengalami GLB akan bergerak dengan kecepatan yang sama sepanjang waktu. Ini berarti tidak ada percepatan atau perlambatan yang terjadi selama gerakan. Jika ada perubahan kecepatan, misalnya saat pengendara motor mempercepat atau memperlambat laju kendaraan. Maka gerakan tersebut tidak lagi termasuk dalam kategori Gerak Lurus Beraturan.

Percepatan Sama Dengan Nol

Ciri ciri GLB gerak lurus beraturan selanjutnya yakni percepatan sama dengan nol. Percepatan adalah perubahan kecepatan per satuan waktu. Dalam GLB, pergerakan benda tetap konstan, sehingga tidak ada perubahan yang terjadi pada kecepatan tersebut.

Ketika percepatan adalah nol, berarti benda tersebut tidak mengalami penambahan kecepatan sama sekali. Dengan kata lain kecepatan benda pada lintasan tetap sama sepanjang waktu. Hal ini berlaku apabila benda memiliki posisi awal diam maka kecepatan awal benda tersebut sama dengan 0.

Kenapa percepatan nol juga menjadi ciri ciri GLB gerak lurus beraturan? sebab teori tersebut berhubungan langsung dengan sifat-sifat gerakan benda. Jika akselerasi adalah nol, berarti tidak ada gaya yang bekerja untuk mengubah kecepatan benda. Ini berarti bahwa gaya netto yang diterapkan pada benda tersebut adalah nol. Sehingga sama sekali tak ada gaya eksternal yang mempengaruhi gerakan.

Rangkuman

Apabila kita rangkum, ciri ciri GLB adalah:

  1. Berada pada lintasan lurus.
  2. Memiliki kecepatan konstan.
  3. Percepatan sama dengan Nol.
  4. Memiliki titik awal.

Pemahaman tentang Gerak Lurus Beraturan memiliki peran penting dalam ilmu fisika. Konsep ini membantu kita dalam memahami bagaimana objek bergerak dalam kehidupan sehari-hari, dan juga menjadi dasar untuk mempelajari gerak yang lebih kompleks.

Gerak Lurus Beraturan termasuk konsep penting dalam ilmu fisika yang mempelajari gerakan benda pada garis lurus. Lewat berbagai peristiwa yang jadi contoh konkret saya harap bisa menambah wawasan kalian. Mungkin cukup sekian jawaban apa saja ciri ciri GLB gerak lurus beraturan yang dapat saya sampaikan.