2 Fungsi Utama Dari Katrol Tetap Adalah

Diposting pada

2 Fungsi Utama Dari Katrol Tetap Adalah – Katrol adalah jenis pesawat sederhana yang memakai roda beralur untuk mempermudah suatu pekerjaan. Penggunaan katrol dapat kita jumpai dalam berbagai aspek kehidupan. Mulai dari rumah tangga, pekerjaan bangunan, bahkan di ranah pendidikan.

fungsi utama dari katrol tetap adalah
apa fungsi katrol tetap

Setidaknya ada 3 jenis katrol yang harus kita hafalkan dan salah satunya adalah katrol tetap. Fungsi katrol tetap pun jadi pertanyaan di kalangan siswa. Karena faktanya, masih ada sebagian dari mereka yang kurang memahami manfaat katrol tetap.

Memahami fungsi utama dari katrol tetap adalah kewajiban kita sebagai siswa sekolah. Mengingat begitu pentingnya materi tak heran apabila guru memberi penekanan serius saat masuk pembelajaran. Selain bersumber dari buku, dan penjelasan guru konsep serta prinsip katrol ini bisa diamati secara nyata di lingkungan sekitar.

2 Fungsi Utama Dari Katrol Tetap Adalah

Fungsi katrol tetap adalah mengubah gaya kuasa agar searah dengan gaya gravitasi. Sehingga, gaya yang harusnya ke atas tapi bisa mengarha ke bawah berkat bantuan katrol tetap. Setelah mengubah arah gaya ke bawah maka akan memudahkan kta mengangkat beban sebab terbantu oleh gaya gravitasi.

Fungsi utama dari katrol tetap sebenarnya dapat kita amati dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saat kalian menimba air dari sumur secara manual, menaikan bendera saat upacara, mengangkut material bangunan dan lain-lain. Tapi karena fungsi serta bentuknya sendiri hampir sama seperti kebanyakan katrol membuat siswa bingung membedakannya.

Roda katrol tetap bersifat diam atau terpasang secara permanen hanya di satu titik. Untuk mengubah arah gaya dipakailah tali untuk mengangkat beban sehingga terasa lebih ringan. Secara teknik katrol tetap menawarkan banyak sekali keuntungan karena mampu mengurangi gaya dan beban.

Baca Juga  Pengertian Gelombang Cahaya, Rumus, Sifat dan Contoh Soal

Apabila kalian menemukan contoh soal katrol dan tak tau cara menjawabnya. Maka fungsi utama dari katrol tetap adalah sebagai berikut:

  1. Meringankan Beban.
  2. Membantu proses pengangkutan barang.

Fisika memang termasuk salah satu mapel yang paling ditakuti oleh semua siswa. Hal itu terjadi bukan tanpa alasan karena pada mapel ini kita akan diberi teori rumit beserta rumus hitung kompleks. Tapi menurut saya pribadi materi tentang katrol tidaklah sesulit itu. Semoga penjelasan fungsi utama dari katrol tetap di atas dapat menambah pengetahuan kalian di bidang fisika.