Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi dan Penjelasannya

Diposting pada

Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi dan PenjelasannyaBerdasarkan bentuk dan wujudnya, seni dibagi menjadi seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi. Seni rupa 2 dimensi adalah suatu karya seni yang memiliki dua sisi saja yaitu panjang dan lebar, sehingga karya seni 2 dimensi hanya bisa dinikmati dari satu sisi saja. Lain halnya dengan seni rupa 3 dimensi, seni rupa 3 dimensi adalah seni rupa yang memiliki dimensi panjang, lebar, dan tinggi, serta memiliki volume. Jadi, seni rupa 3 dimensi dapat dinikmati dari berbagai sisi.

Apakah anda tahu tujuan pembuatan karya seni rupa 3 dimensi itu? Karya seni rupa 3 dimensi dibuat sedemikian rupa dengan tujuan agar manfaatnya dapat diambil dan keindahannya juga dapat dinikmati. Dengan kata lain secara fungsional, karya ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan secara psikis maupun fisik. Sehingga bentuk benda dari hasil karya 3 dimensi ini dapat semakin nyaman digunakan dan semakin indah dilihat.

Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi dan Penjelasannya
Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Hasil karya seni rupa tiga dimensi dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari hari. Hasil karya ini merupakan contoh dari seni rupa tiga dimensi yang dibuat. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang karya seni rupa 3 dimensi, tepatnya contoh karya seni rupa 3 dimensi dan penjelasannya. Dengan adanya artikel ini, semoga wawasan kita mengenai contoh seni rupa 3 dimensi bisa bertambah.

Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi dan Penjelasannya

Apa saja unsur unsur karya seni rupa 3 dimensi? Unsur unsur yang terkandung dalam seni rupa 3 dimensi dapat berupa bentuk, warna, garis, dan bidang. Penyusunan unsur tersebut dilakukan sedemikian rupa agar membentuk objek tertentu.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa seni rupa tiga dimensi menghasilkan karya yang dapat dinikmati oleh berbagai sisi. Hal ini dikarenakan seni rupa 3 dimensi memilki ukuran panjang, lebar, tinggi dan juga volume. Contoh karya seninya sendiri cukup banyak disekeliling kita. Bahkan kita sendiri tidak sadar bahwa yang kita gunakan merupakan hasil karya dari seni 3 dimensi tersebut.

Berikut ini adalah beberapa jenis karya seni rupa 3 dimensi, contoh, dan sedikit penjelasannya. Karya seni rupa ini sangat umum dijumpai, saya yakin Anda semua pasti sudah tidak asing lagi.

Anyaman

Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi dan Penjelasannya
Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Anyaman adalah hasil karya seni berupa susunanbahan dasar (seperti kayu rotan, bambu, atau bahan sintetis) saling tindih atau menyilang. Contoh anyaman 3 dimensi dari bambu yang umum dijumpai berupa perabotan rumah tangga seperti:

  1. Nyiru
  2. Tempat nasi
  3. Tudung saji
  4. Topi petani (caping)
  5. dan lain sebagainya

Di perkotaan, hasil anyaman yang dihasilkan sudah berbeda. Ini terjadi karena pengolahan bahan dasar sudah mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju. Adapun contoh hasil anyaman 3 dimensi di perkotaan adalah sebagai berikut:

  1. Topi
  2. Dompet
  3. Tudung lampu
  4. Hiasan dinding
  5. Tas
Baca Juga  Orang yang Bertugas Menata Musik Disebut

Di tangan seorang ahli, bahkan kulit kayu serta bambu pun bisa jadi karya seni bernilai jual tinggi. Masih banyak sekali contoh karya seni 3 dimensi dalam jenis anyaman. Anyaman dari rotan dan bambu yang masih dibuat dan banyak peminatnya hingga saat ini adalah:

  1. Kursi
  2. Meja
  3. Keranjang

Kerajinan Keramik

Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi dan Penjelasannya
Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Kerajinan keramik adalah perkembangan dari kerajinan tanah liat gerabah. Kerajinan keramik dapat ditemukan di berbagai daerah seperti Purwakarta, Malang, dan Minahasa. Bentuk kerajinan keramin 3 dimensi yang dibuat sangat bermacam-macam, adapun contohnya adalah seperti di bawah ini:

  1. Pot
  2. Asbak
  3. Wadah
  4. Pajangan

Kerajinan keramik memiliki sifat yang mudah pecah, keras, dan kaku. Untuk menambah daya tarik, para pembuat kerajinan keramik 3 dimensi biasanya menambahkan motif pada kerajinan tersebut sehingga harga yang dipatok juga akan lebih mahal.

Seni Patung

Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi dan Penjelasannya
Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Hingga saat ini, seni patung juga masih dilestarikan. Menurut KBBI, patung adalah tiruan bentuk hewan, manusia, atau lain sebagainya dengan cara dipahat di batu ataupun kayu. Seni pahatan ini merupakan warisan budaya di Indonesia. Contoh seni patung bersejarah di Indonesia adalah:

  1. Patung Martha Christina Tiahahu (Maluku)
  2. Patung Dewa Wisnu (Bali)

Patung berbahan dasar kayu biasanya digunakan untuk oleh-oleh cendera mata di sebuah tempat wisata. Biasanya patung kayu tidak di diberikan warna terlalu banyak, hanya menggunakan pelitur saja. Namun seiring berkembangnya zaman, patung kayu sudah diaplikasikan denan cat warna.

Kriya Logam

Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi dan Penjelasannya
Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Seni kriya logam adalah warisan budaya nenek moyang yang sudah mendarah daging. Sejak zaman pemerintahan masih berbentuk kerajaan, kriya logam masih banyak dipakai. Seperti contoh, senjata untuk penjagaan kerajaan atau digunakan saat perang. Contoh kriya logam berbentuk senjata yang ada sejak dulu adalah:

  1. Keris
  2. Pedang
  3. Tombak
  4. Tameng

Selain digunakan pada zaman kerajaan, kriya logam juga masih berkembang sampai saat ini. Bahkan digunakan juga untuk perabotan rumah tangga, khususnya alat dapur seperti:

  1. Sendok
  2. Garpu
  3. Wajan
  4. Panci
  5. Pisau

Nah, itulah beberapa contoh karya seni rupa 3 dimensi beserta penjelasannya. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat dan menambah wawasa kita semua mengenai karya seni 3 dimensi. Setelah membaca artikel di atas saya harap tak ada lagi yang menanyakan apa saja produk hasil karya seni 3 dimensi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.