Rumus Geometri Bidang Ruang Lengkap Dengan Pembahasan

Diposting pada

Rumus Geometri Bidang Ruang Lengkap Dengan Pembahasan – Pengertian geometri ialah cabang ilmu Matematika yang berhubungan dengan ukuran, sifat ruang, bentuk dan posisi relatif mengarah ke gambar. Ilmu Geometri ini pada dasarnya masih dapat dibagi lagi menjadi beberapa materi lainnya. Misalnya saja materi geometri bidang ruang. Pengertian geometri bidang ruang bahkan sudah ada sejak jaman dahulu dan terus berkembang hingga mencapai era modern. Berkatnya kita bisa menghitung rumus volume, ruas garis dan luas secara presisi. 

Apakah anda tahu bagaimana rumus geometri bidang ruang itu? Pengertian geometri bidang ruang ialah bangun yang memiliki ruang atau bangun tiga dimensi, dimana sisi sisinya saling membatasi. Materi geometri bidang ruang pada dasarnya telah diajarkan ketika berada di bangku sekolah dasar. Materi tersebut juga masih dapat di bagi lagi menjadi beberapa jenis bentuk.

Apa saja jenis jenis geometri bidang ruang itu? Setiap macam geometri bidang ruang pada umumnya memiliki rumus yang berbeda. Hal itu dipengaruhi oleh beberapa faktor yang terdiri dari bentuk dan sifat bangun. Rumus ini memuat rumus volume maupun rumus luas permukaan. Bagaimana rumus volume geometri bidang ruang? Bagaimana rumus luas permukaan geometri bidang ruang?

Rumus Geometri Bidang Ruang Lengkap Dengan Pembahasan

Dalam materi geometri bidang ruang memang memiliki isi atau volume di setiap jenisnya. Untuk itulah geometri bidang ruang ini lebih dikenal dengan nama bangun ruang yang memiliki isi atau volume. Bangun ruang ini juga dapat disebut sebagai bangun tiga dimensi.

Bentuk bentuk geometri bidang ruang pada dasarnya memiliki sifatnya sendiri sendiri sehingga tidak sama disetiap jenisnya. Maka dari itu tidak heran jika rumusnya juga berbeda karena sifat sifat bangunnya tidak sama.

Jenis jenis geometri bidang ruang pada umumnya dapat dibagi menjadi beberapa bentuk beraturan seperti bola, limas, balok, kerucut, silinder atau tabung, dan kubus. Rumus volume dan luas permukaan setiap benda ini berbeda beda karena dari segi sifatnya sudah tidak sama. Untuk itu cara menghitung geometri bidang ruangnya juga tidak sama. Geometri bidang ruang termasuk dalam bangun tiga dimensi dengan isi dan volume di dalamnya.

Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa geometri bidang ruang dapat diartikan sebagai bangun yang memiliki ruang atau bangun tiga dimensi, dimana sisi sisinya saling membatasi. Bangun ini memiliki rumus volume dan rumus luas permukaannya.

Kubus

Jenis geometri bidang ruang pertama yang notabenya sangat mudah kita jumpai yakni kubus. Kubus merupakan bangun ruang dengan semua sisinya sama panjang. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak gambar kubus di bawah ini:

Rumus Geometri Bidang Ruang Lengkap Dengan Pembahasan
Gambar Bangun Kubus

Rumus geometri bidang ruang berbentuk kubus sendiri terdiri dari volume, luas permukaan, dan beberapa aspek lain. Harusnya materi itu dapat kalian temukan dengan mudah di buku pedoman matematika. Sebab kubus sendiri termasuk bangun ruang yang sudah pasti diajarkan bahkan sejak duduk di tingkat dasar. Adapun rumus kubus terdiri dari:

  • Volume (isi) Kubus : V = s x s x s atau V = s³
  • Luas permukaan Kubus : Lp = 6 x s²
  • Keliling Kubus = 12 x rusuk
  • Luas salah satu sisi Kubus = rusuk x rusuk

Balok

Sejatinya, geometri bidang ruang adalah cabang matematika yang mempelajari bentuk-bentuk tiga dimensi, seperti balok. Balok mengusung konsep yang hampir sama seperti kubus karena memiliki karakteristik yang identik. Perbedaanya terletak pada rasio panjang antara keduanya.

Jenis geometri bidang ruang selanjutnya ialah balok. Balok merupakan bangun ruang yang memiliki ukuran panjang, lebar dan tinggi. Rumus geometri bidang ruang ini berbeda dengan rumus bangun ruang lainnya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak gambar balok di bawah ini:

Rumus Geometri Bidang Ruang Lengkap Dengan Pembahasan
Gambar Bangun Balok

Geometri bidang ruang berbentuk balok memiliki beberapa rumus di dalamnya yaitu sebagai berikut:

  • Volume (isi) Balok : V = p x l x t atau V = panjang x lebar x tinggi
  • Luas permukaan Balok : Lp = (2 x p x t) + (2 x p x l) + (2 x l x t)
  • Keliling Balok = 4 x (p + l + t)
  • Diagonal Ruang = √(p² + l² + t²)

Kita bisa menjumpai rumus geometri bidang ruang balok hampir di semua jenjang sekolah. Dalam berbagai kesempatan guru pun akan mendalami materi pada bangun ruang tersebut saking pentingnya.

Prisma Segitiga

Jenis geometri bidang ruang selanjutnya ialah prisma segitiga. Prisma segitiga merupakan bangun ruang yang memiliki atas (tutup) dan alas berbentuk segitiga. Rumus geometri bidang ruang ini berbeda dengan rumus bangun ruang lainnya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak gambar prisma segitiga di bawah ini:

Baca Juga  Rumus Sudut Pusat dan Sudut Keliling Lingkaran Lengkap
Rumus Geometri Bidang Ruang Lengkap Dengan Pembahasan
Gambar Bangun Prisma Segitiga

Geometri bidang ruang berbentuk prisma segitiga memiliki beberapa rumus di dalamnya yaitu sebagai berikut:

  • Volume (isi) Prisma : V = Luas alas segitiga x tinggi atau V = ½ x p x l x t 
  • Luas permukaan Prisma : Lp = keliling alas segitiga x tinggi + (2 x luas alas segitiga)

Menghitung volume serta luas permukaan prisma memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Bannyak siswa yang salah karena tak memahmani rumus geometri bidang ruang tersebut. Maka dari itu, kita harus membekali diri agar saat ditanya guru tidak kewalahan dalam menjawab.

Limas Segiempat

Jenis geometri bidang ruang selanjutnya ialah limas segiempat. Limas segiempat merupakan bangun ruang yang memiliki alas berbentuk segiempat. Rumus geometri bidang ruang ini berbeda dengan rumus bangun ruang lainnya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak gambar limas segiempat di bawah ini:

Rumus Geometri Bidang Ruang Lengkap Dengan Pembahasan
Gambar Limas Segiempat

Geometri bidang ruang berbentuk limas segiempat memiliki beberapa rumus di dalamnya yaitu sebagai berikut:

  • Volume (isi) Limas : V = 1/3 x luas alas x tinggi atau V = 1/3 x p x l x t
  • Luas permukaan Limas : Lp = luas alas + luas selubung limas

Dalam konteks kehidupan nyata bangun limas memang jarang kita jumpai karena fungsinya yang sangat terbatas. Tapi kalian masih dapat mengamati bentuk tersebut pada berbagai benda seperti atap rumah dan lain-lain.

Limas Segitiga

Jenis geometri bidang ruang selanjutnya ialah limas segiempat. Limas segiempat merupakan bangun ruang yang memiliki alas berbentuk segitiga. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak gambar limas segitiga di bawah ini:

Rumus Geometri Bidang Ruang Lengkap Dengan Pembahasan
Gambar Bangun Limas Segitiga

Geometri bidang ruang berbentuk limas segitiga memiliki beberapa rumus di dalamnya yaitu sebagai berikut:

  • Volume (isi) Limas : V = 1/3 x luas alas x tinggi atau V = 1/3 x (1/2 x a x b) x t
  • Luas permukaan Limas : Lp = luas alas + luas selubung limas

Tabung

Jenis geometri bidang ruang selanjutnya ialah Tabung. Tabung merupakan bangun ruang yang memiliki atas (tutup) dan alas berbentuk lingkaran. Rumus geometri bidang ruang ini berbeda dengan rumus bangun ruang lainnya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak gambar tabung di bawah ini:

Rumus Geometri Bidang Ruang Lengkap Dengan Pembahasan
Gambar Bangun Tabung

Geometri bidang ruang berbentuk tabung memiliki beberapa rumus di dalamnya yaitu sebagai berikut:

  • Volume (isi) Tabung : V = π x r² x t atau V = Luas alas x tinggi
  • Luas permukaan Tabung : Lp = (2 x π x r x r) + (π x d x t) atau V = (2 x luas alas) + (keliling alas x tinggi)

Kerucut

Jenis geometri bidang ruang selanjutnya ialah Kerucut. Kerucut merupakan bangun ruang yang memiliki alas berbentuk lingkaran. Rumus geometri bidang ruang ini berbeda dengan rumus bangun ruang lainnya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak gambar kerucut di bawah ini:

Rumus Geometri Bidang Ruang Lengkap Dengan Pembahasan
Gambar Bangun Kerucut

Geometri bidang ruang berbentuk kerucut memiliki beberapa rumus di dalamnya yaitu sebagai berikut:

  • Volume (isi) Kerucut : V = 1/3 x π x r² x t
  • Luas permukaan Kerucut : Lp = (π x r²) + (π x r x s)

Kerucut adalah pengembangan 3 dimensi dari bangun lingkaran yang mendapat tambahan tinggi. Saat duduk di bangku sekolah menengah kalian benar-benar akan diajarkan menghitung luas permukaan dan volume kerucut. Sebab bangun satu ini sudah pasti muncul sebagai soal yang diujikan oleh guru.

Bola

Jenis geometri bidang ruang selanjutnya ialah Bola. Bola merupakan bangun ruang yang memiliki rusuk berbentuk lengkungan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak gambar bola di bawah ini:

Rumus Geometri Bidang Ruang Lengkap Dengan Pembahasan
Gambar Bangun Bola

Geometri bidang ruang berbentuk bola memiliki beberapa rumus di dalamnya yaitu sebagai berikut:

  • Volume (isi) Bola : V = 4/3 x π x r³
  • Luas permukaan Bola : Lp = 4 x π x r²

Demikianlah penjelasan mengenai rumus geometri bidang ruang lengkap dengan pembahasan. Pengertian geometri bidang ruang ialah bangun yang memiliki ruang atau bangun tiga dimensi, dimana sisi sisinya saling membatasi.

Apabila kalian menemukan kesulitan pada saat mempelajari rumus di atas jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi geometri bidang ruang di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.