Jelaskan Perbedaan Antara Besaran Pokok Dengan Besaran Turunan

Diposting pada

Jelaskan Perbedaan Antara Besaran Pokok Dengan Besaran Turunan – Besaran merupakan salah satu materi fisika yang wajib dikuasai siswa. Konsepnya yang luas bahkan hampir di berbagai aspek. Misalnya saat mengukur suatu benda kalian akan memerlukan rumus yang melibatkan besaran.

perbedaan besaran pokok dan turunan

Perbedaan besaran pokok dan besaran turunan pun akhirnya jadi materi yang cukup menarik untuk dibahas. Sebab tak sedikit siswa yang mempertanyakan apa pengertian bahkan jenisnya karena memang tak hafal materi.

Secara umum, besaran dapat kita artikan sebagai suatu hal yang dapat diukur menggunakan satuan tertentu. Nah, satuan sendiri merupakan istilah yang dipakai untuk mengukur suatu besaran. Misalnya untuk mengukur volume air biasa dipakai liter, panjang dengan meter, untuk mengukur berat memakai kilogram.

Jelaskan Perbedaan Antara Besaran Pokok Dengan Besaran Turunan

Ada banyak sekali contoh soal fisika yang menyertakan besaran pokok dan turunan. Misalnya pada saat kita masuk ke materi fluida, atau materi muai yang notabenya harus menghitung dengan satuan ukur. Tanpa sadar, satuan itu merupakan bagian dari besaran.

Dalam artikel kali ini akan saya jelaskan perbedaan antara besaran pokok dengan besaran turunan. Tujuannya tak lain untuk menjawab segala kebingungan kalian dalam mengerjakan soal fisika. Maka dari itu, simaklah penjelasan yang akan saya sampaikan baik baik.

Apa Itu Besaran Pokok

Besaran pokok adalah jenis besaran yang telah ditetapkan berdasarkan kesepakatan para ilmuan sejak dahulu. Beberapa ahli juga mendefinisikan besaran pokok sebagai dasar untuk menetapkan suatu besaran lainnya. Pengertian itu pun juga terkonfirmasi lewat buku pedoman fisika yang menyatakan hal yang sama.

Jelaskan perbedaan antara besara pokok dengan besaran turunan! apabila memperoleh perintah demikian jangan langsung panik. Cukup pahami terlebih dulu konsep dari kedua jenis besaran tersebut.

Besaran pokok memiliki sifat yang cenderung bebas. Maksudnya sama sekali tidak bergantung pada satuan ataupun besaran lain. Secara garis besar kalian dapat meninjau apa saja yang termasuk besaran pokok pada tabel berikut:

Apa Itu Besaran Turunan

Untuk mengetahui perbedaan besaran pokok dan besaran turunan maka kalian juga harus belajar dari dua sisi. Besaran turunan adalah jenis besaran yang telah mengalami penyesuaian pada satuannya. Lebih tepatnya besaran turunan merupakan hasil turunan dari besaran pokok.

Baca Juga  Rumus Bidang Miring Beserta Pengertian dan Contoh Soalnya

Dalam konteks pendidikan kita bisa menjumpai berbagai satuan dari besaran turunan dengan mudah. Misalnya ukuran panjang dan lebar persegi memiliki satuan centimeter (cm). Apabila kita ingin mencari luasnya maka rumusnya akan jadi Panjang x Lebar dan menghasilkan satuan baru. cm2 inilah yang disebut sebagai besaran turunan.

Sebelum saya jelaskan perbedaan antara besaran pokok dengan besaran turunan alangkah baiknya kalian simak sesi ini secara seksama. Mari kita amati terlebih dulu berbagai besaran turunan yang sering muncul di mata pelajaran fisika:

Perbedaan Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Walaupun dalam konteks pembelajaran kita bisa menjumpai penggunaan dua besaran tersebut. Tapi tak mengubah fakta kalau masih banyak siswa yang belum paham betul konsep serta jenis satuannya. Menurut saya pribadi fenomena itu cukup lumrah karena fisika termasuk salah satu mapel yang terkenal menyulitkan.

Tapi untungnya materi tersebut sedikit banyak telah terangkum dalam buku pedoman. Sehingga siswa pun tak terlalu kerepotan pada saat ingin belajar. Simaklah secara seksama karena saya akan jelaskan perbedaan antara besaran pokok dengan besaran turunan.

Sebenarnya perbedaan besaran pokok dan turunan tidaklah terlalu banyak. Secara kasat mata kita bisa membedakan dari satuan yang dipakai. Apabila dibuat tabel maka akan tampak beberapa ciri ciri dari kedua besaran tersebut:

Besaran PokokBesaran Turunan
Hanya memiliki 1 satuan yang didapat dari pengukuran Terdiri lebih dari 1 satuan.
Bersifat independen, tidak bergantung pada besaran lainBergantung pada besaran pokok
Tabel perbedaan besaran pokok dan besaran turunan

Ada banyak aspek yang sebenarnya bisa kita pakai untuk menemukan perbedaan antara besaran pokok dan turunan. Mulai dari satuannya, masing-masing sifat, sampai pengertiannya pun sudah berbeda.

Apabila kalian sedang mendapat tugas untuk merangkum atau menjawab soal demikian. Sekarang kalian sudah mengetahui apa saja perbedaan antara kedua jenis besaran tersebut.