Kebutuhan Primer (Pengertian Dan Contoh Kebutuhan Primer)

Diposting pada

Kebutuhan Primer (Pengertian Dan Contoh Kebutuhan Primer) – Seperti kita ketahui sebagai manusia kita memiliki berbagai kebutuhan untuk menjalani kehidupan kita. Kebutuhan tersebut itu sendiri memiliki tiga jenis, salah satunya kebutuhan primer. Kebutuhan primer merupakan salah satu jenis dari kebutuhan yang dibutuhkan manusia yang bisa dibilang sebagai kebutuhan pokok yang harus terpenuhi terlebih dahulu dibanding kebutuhan lainya. Kebutuhan ini memiliki beberapa perbedaan dengan jenis kebutuhan lainya (kebutuhan sekunder dan tersier).

Kebutuhan Primer (Pengertian Dan Contoh Kebutuhan Primer)
Kebutuhan Primer

Pada artikel kali ini kita akan membahas materi ekonomi mengenai kebutuhan primer lengkap dengan pembahasannya. Adapun yang akan kita bahas pada posting kali ini meliputi dua bagian. Pada bagian pertama kita akan membahas pengertian dari kebutuhan primer dan dilanjutkan pada bagian kedua kita akan membahas contoh dari kebutuhan primer. Tujuan dari setiap bagian tersebut tidak lain agar pembaca dapat memahami materi ini secara lebih dalam. Untuk itu bagi kalian yang ingin memulai memahami materi ini lebih dalam bisa menyimak ulasan-ulasan dibawah ini.

Kebutuhan Primer (Pengertian Dan Contoh Kebutuhan Primer)

Langsung saja kita simak ulasan yang sudah saya tulis agar kita mengetahui apa itu kebutuhan primer beserta contoh kebutuhan primer. Dalam mata pelajaran ekonomi pada materi kebutuhan, ada tiga jenis kebutuhan manusia yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Kebutuhan yang bersifat mendesak dan pokok bisa disebut  sebagai kebutuhan primer. Kebutuhan primer merupakan salah satu jenis kebutuhan yang dalam pemenuhannya tidak bisa ditawar dan wajib terpenuhi. 

Baca Juga : Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Kebutuhan ini menjadi dasar dari kebutuhan manusia. Jika kebutuhan ini tidak terpenuhi akan menyebabkan kesulitan dalam menjalani kehidupan. Oleh sebab itu setiap manusia berusaha keras agar kebutuhan dasar yang satu ini harus terpenuhi terlebih dahulu dibanding dengan jenis kebutuhan lainnya.

Contoh Kebutuhan Primer

Contoh kebutuhan primer antara lain adalah sandang (pakaian), pangan ( makanan dan minuman), dan papan ( rumah atau tempat tinggal). Dibawah ini kalian bisa memahami ulasan dari setiap kebutuhan tersebut.

Kebutuhan Pakaian (Sandang)
Pakaian merupakan suatu kebutuhan yang wajib terpenuhi karena disamping digunakan sebagai penutup aurat, pakaian juga digunakan untuk menutupi tubuh dari berbagai penyakit, menjaga suhu tubuh agar tetap stabil, serta sebagai penunjang penampilan. Tanpa pakaian pastinya kita akan mudah terserang penyakit serta penampilan kita akan terlihat tidak sopan.

Artikel Terkait : Pengertian Kebutuhan Sekunder Lengkap Contoh

Kebutuhan Makanan Dan Minuman (Pangan)
Kebutuhan ini merupakan kubutuhan nomer satu dan dalam pemenuhannya bersifat wajib bagi seluruh makhluk hidup dimuka bumi ini tidak terkecuali manusia. Karena setiap makhluk hidup dimuka bumi ini memerlukan asupan nutrisi serta gizi dari makan dan minuman. Tanpa makan dan minum makhluk hidup akan mati, oleh sebab setiap makhluk hidup harus makan dan minum demi keberlangsungan hidupnya.

Baca Juga : Pengertian Dan Contoh Kebutuhan Tersier 

Kebutuhan Tempat Tinggal ( Papan)
Tempat tinggal atau rumah merupakan salah satu kebutuhan poko manusia yang digunakan sebagai tempat berlindung dari terpaan sinar matahari langsung, hujan, hewan liar, serta bahaya lainnya.

Seiring perkembangan waktu dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi IPTEK kebutuhan pokok atau primer manusia bertambah dengan kebutuhan akan pendidikan serta kesehatan.

Sekian Artikel Kali ini mengenai Kebutuhan Primer (Pengertian Dan Contoh Kebutuhan Primer). Kebutuhan primer dapat didefinisikan sebagai salah satu jenis kebutuhan yang dalam pemenuhannya tidak bisa ditawar dan wajib terpenuhi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terimakasih.

Baca Juga  Kegiatan Konsumsi Dapat Dilakukan Oleh Tiga Pihak Antara Lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.