August 05, 2016

Cara Memperbaiki Layar Laptop Yang Bergaris

Tags
Layar pada laptop memiliki fungsi yang sangat penting. Bahkan tanpa layar, mungkin laptop ataupun komputer tidak bisa menampilkan apapun kecuali jika menggunakan projector. Jadi tidak mungkin sebuah komputer atau laptop akan menampilkan gambar tanpa adanya layar.

Layar sendiri dibagi menjadi 2, yaitu LCD dan LED. Kedua jenis ini memang sama dari segi fungsi yaitu menampilkan gambar. Dari keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Yang membedakan dari LCD dan LED adalah sumber caraya yang berada di belakang layar. Jika LCD menggunakan lampu neon, dan LED menggunakan Light Emitting Dioda.

Dan pada kesempatan kali ini saya akan mengulas mengenai masalah layar laptop yang pernah saya alami yaitu layar pada laptop bergaris horizontal, seperti gambar dibawah ini.

Cara memperbaiki layar laptop bergaris
Layar Laptop Bergaris

Gambar diatas saya ambil ketika mengalami masalah pada laptop jadul saya. Mohon maaf jika hasil gambarnya kurang bagus, karena saya hanya menggunakan kamera 2MP. Tapi tidak masalah, gambar diatas hanya saya gunakan sebagai gambaran untuk Anda yang mengalami masalah yang sama.

Sedikit cerita, waktu itu saya sedang bermain game sambil di charge, tiba-tiba layar bergaris horizontal seperti gambar diatas. Awalnya saya hanya mengira masalah tersebut disebabkan karena listrik yang tidak stabil. Lalu saya coba mencabut charge nya, akan tetapi layarnya masih bergaris. Saya coba lagi merestart laptop saya, akan tetapi hasilnya nihil.

Jujur, pada waktu itu saya sama sekali tidak panik alias tenang-tenang saja. Lalu saya coba mencari alternatif lain dengan searching aplikasi repair pixel karena saya berfikir laptop saya mengalami dead pixel. Karena pada waktu itu saya mendapatkan aplikasinya dengan tutorial bahasa inggris, jadi saya mencari juga cara menggunakan pixel repair. Dan tutorial itu sangat singkat dan simple menurut saya. Yang paling penting adalah aplikasi ini bisa memperbaiki layar laptop saya menjadi seperti semula dengan keadaan normal tanpa garis apapun.

Memperbaiki Layar Laptop Bergaris

Oke menuju tutorial, simak tutorial dengan baik dan silahkan lakukan praktek sesuai yang saya paparkan pada tutorial ini.

Sebelumnya Anda harus mendownload aplikasi Pixel Repair terlebih dahulu sebelum memulai praktek ini.

Download Pixel Repair
Name : Pixel Repair
Size : 3.72 MB
Link : Download Pixel Repair

Mohon maaf saya tidak menyediakan linknya, silahkan Anda mencari di google dan saya yakin sudah sangat banyak link nya.

Jika sudah memiliki aplikasinya silahkan ikuti tutorial dibawah ini.
  1. Extract Pixel Repair jika masih dalam archive.
  2. Lalu buka aplikasi Pixel Repair di tempat Anda meng-extract tadi.
  3. Silahkan enable warna-warna yang saya beri tanda kotak di bawah ini. Caranya klik warna, lalu pilih enable di samping kanan.
  4. Setelah di enable maka akan muncul warna dan pola sesuai yang Anda enable. Jika ada masalah, pasti akan ada bercak atau masalah yang lain. Untuk keluar, Anda cukup menekan tombol Esc di keyboard.
  5. Setelah itu masuk ke tab Repair lalu pilih Add. Perhatikan gambar dibawah ini.
    Cara Memperbaiki dead pixel laptop dan komputer
  6. Silahkan tunggu prosesnya hingga selesai.
Dan inilah hasil dari menggunakan aplikasi Pixel Repair. Sekarang Laptop saya sudah normal kembali tanpa garis horizontal lagi.

Layar Laptop dan Komputer Muncul Garis
Layar Laptop Sudah Normal

Note : Perhatikan yang saya beri kotak diatas (Akan muncul seperti ini). Indikator tersebut bisa dijadikan tanda apakah proses sudah selesai atau belum. Jika sudah selesai prosesnya, tanda tersebut akan hilang.

Jadi jika waktu proses terlalu lama menurut Anda, silahkan minimize saja aplikasi Pixel Repair dan Anda bisa melakukan aktivitas lain dengan komputer atau laptop Anda.

Seperti pengalaman saya, waktu proses yang dibutuhkan tergolong lama. Karena pada waktu itu saya merepair kira-kira membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit. Jadi diharapkan Anda bisa bersabar.

 Jika dengan cara ini masih tidak mempan juga, sebaiknya segera Anda bawa ke tukang service yang Anda percaya. Karena bisa jadi kerusakan pada layar Anda memang sudah parah.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon