Pengertian dan Fungsi Mac Address Pada Komputer

Diposting pada

Pengertian dan Fungsi Mac Address Pada Komputer – Ada beberapa elemen penting ketika kita hendak menyambungkan perangkat ke internet. Mulai dari konfigurasi IP, mac address, hingga DNS yang harus benar. Apa itu mac address? inilah pertanyaan yang sering diajukan oleh siswa. Walaupun penggunaanya sering kita temukan saat menghidupkan komputer namun masih ada sebagian siswa yang tak sadar.

Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan artikel mengenai pengertian dan fungsi Mac Address pada komputer, yang mana artikel ini juga termasuk dalam salah satu materi TKJ. Mungkin di antara teman-teman semua ada yang lupa dengan materi ini, jadi semoga saja dengan adanya artikel singkat ini bisa menambah wawasan dan memperkuat ingatan kita semua.

Pengertian dan Fungsi Mac Address Pada Komputer

Mempelajari bagian komputer dan konfigurasi jaringan menjadi kewajiban siswa yang terjun ke jurusan TKJ dan RPL. Karena termasuk amteri dasar guru pun pasti akan menjelaskanya secara lengkap di berbagai kesempatan.

Di lain sisi, kita juga dapat menambah pengetahuan dengan membaca konsep mac address dari buku pedoman. Meski sudah terbantu oleh sumber belajar, tapi ternyata masih banyak yang belum mengetahui apa pengertian mac address pada komputer.

Padahal sedikit banyak intisari materi tersebut pasti dipakai dalam berbagai kegiatan praktikum. Ketika ujian berlangsung pun tak jarang muncul soal yang meminta jelaskan fungsi mac address secara lengkap. Maka dari itu, dalam aritkel kali ini kita akan memfokuskan pembahasan hanya pada pengertian mac address dan fungsinya saja.

Apa Itu Mac Address

Pengertian Mac Address adalah sebuah alamat jaringan yang berada pada lapisan data link OSI Layer. Mac Address berisi kode unik yang diberikan untuk tiap-tiap bagian dari perangkat keras jaringan komputer yang terhubung dengan jaringan internet. Mac Address terletak pada perangkat jaringan seperti LAN Card, Router, Wireless Card, dan perangkat lain.

Baca Juga  Cara Mudah Masuk BIOS Semua Merk Komputer

Dalam sebuah komputer, Mac Address ditetapkan ke sebuah kartu jaringan yang biasanya terletak pada LAN Card atau NIC dan Wireless Network Card. Mac Address memiliki panjang 48 bit yang diberikan pada perangkat jaringan secara unik, sehingga setiap perangkat jaringan tidak mungkin memiliki Mac Address yang sama. Fungi mac address pada komputer sangatlah penting karena tanpanya perangkat tak akan tersambung ke jaringan.

Pengertian dan Fungsi Mac Address Pada Komputer
Mac Address Pada Komputer

Banyak yang salah kaprah menyamakannya dengan IP address karena sama-sama dipakai pada konfigurasi. Padahal Mac Address terdiri dari 12 digit bilangan heksadesimal yaitu 0 sampai F. 6 digit pertama mempresentasikan vendor pembuat kartu jaringan. Contoh Mac Address adalah 02-00-4C-4F-F0-50

Fungsi Mac Address

Jika sedemikian penting lantas apa fungsi mac address? pertanyaan ini pasti pernah terbesit di benak kalian. Secara garis besar penjelasan itu bisa kalian temukan di buku pedoman produktif maupun TIK di jenjang sekolah menengah.

Mac Address berfungsi untuk mengidentifikasi perangkat jaringan komputer sehingga perangkat dapat berkomunikasi. Karena keunikan Mac Address, maka jaringan dapat diidentifikasi siapa yang mengakses sebuah jaringan.

Mac Address bisa dilihat melalui Command Prompt di Windows dengan cara mengetikkan ipconfig/all. Untuk sistem operasi lainnya seperti Linux, bisa melihatnya melalui Terminal dengan cara mengerikkan ifconfig

Nah, itulah artikel singkat mengenai pengertian dan fungsi Mac Address. Mac Address merupakan alamat jaringan yang berada pada lapisan data link layer OSI. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.