September 30, 2016

Cara Membuat Kata Sandi (Password) yang Aman

Tags
Mengamankan sebuah akun dari tindak kejahatan memang harus dilakukan. Karena ini bisa saja mencemarkan nama baik kita sebagai pemilik akun tersebut. Banyak kasus diluar yang mengatakan bahwa akun mereka diambil alih oleh orang lain dan membuat status yang jelek dan terkesan mencemarkan nama baik. Jadi ya, berhati-hatilah ketika sudah memiliki sebuah akun. Terlebih akun tersebut merupakan akun yang penting, maka Anda harus mengatur kata sandi atau password seaman mungkin.

Tentu saja sekarang ini sangat banyak yang menggunakan jejaring sosial yang sangat terkenal seperti: Facebook, Twitter, Google Plus, dan yang lainnya. Bagi Anda yang memiliki salah satu dari jejaring sosial tersebut atau yang lainnya, pasti Anda mempunyai Id dan Password kan? Nah, lalu apakah password Anda sudah benar-benar aman. Pastikan kata sandi yang Anda gunakan itu benar-benar aman agar nantinya tidak terjadi hal-hal yang diluar keinginan.

Pada postingan kali ini, saya akan memberikan beberapa tips yang mungkin saja Anda tertarik untuk dicoba, yaitu mengenai tips membuat kata sandi yang aman.

Kata sandi pada sebuah akun memiliki peran yang bisa dikatakan paling penting. Karena jika Anda mempunyai id, akan tetapi tidak mempunyai kata sandi maka sudah bisa dipastikan Anda tidak bisa mengakses akun tersebut.

Sekarang ini, semakin banyak saja orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang mencari atau menggunakan akun palsu (milik orang lain) yang digunakan untuk banyak kasus penipuan. Banyak sekali jika Anda cermati di Facebook orang-orang yang seperti itu. Ini disebabkan oleh kurang kuatnya kata sandi yang dibuat, jadi mudah dibobol.

cara membuat kata sandi password yang aman

Untuk membuat kata sandi yang aman dan kuat, Anda bisa mencoba menggunakan tips yang akan saya bagikan dibawah ini.

1. Gunakan Kata Sandi (Password) yang Unik
Kata sandi yang unik disini saya maksudkan sebagai kata sandi yang belum digunakan oleh orang banyak, atau istilahnya pasaran. Kalau diibaratkan IP Address, maka kata sandi itu ya hanya milik sendiri dan tidak ada yang sama.

Dengan menggunakan kata sandi yang unik, akun Anda akan lebih aman. Karena jika Anda menggunakan kata sandi yang lemah dan pasaran seperti 12345678 maka akan mudah sekali untuk membobolnya. Jadi, dengan kata sandi yang unik ni, semoga saja bisa lebih mengamankan password akun Anda.

2. Gunakan Symbol unik
Dengan menggunakan symbol, orang lain pasti akan sangat sulit sekali untuk menebaknya. Banyak sekali symbol-symbol yang bisa Anda gunakan sebagai kata sandi (password) untuk akun Anda, misalnya: -_=+*&^#/? dan lain sebagainya.

Saya yakin, orang lain akan kesulitan jika disuruh menebak kata sandi Anda, karena saking banyaknya symbol-symbol yang ada.

3. Gunakan Kombinasi Angka dan Symbol
Kalau dengan angka memang sudah banyak sekali ditemui. Sebenarnya dengan angka pun sudah aman. Namun, agar lebih aman lagi gunakan kombinasi atau perpaduan antara angka dan symbol, contoh: (1+1=20) 9(2+3)=45 dan lain sebagainya. Jika dilihat memang sulit sekali, sudah seperti matematika saja kan,

4. Gunakan Kata Sandi (Password) yang Berbeda Tiap Akun
Mengapa harus menggunakan kata sandi yang berbeda pada setiap akun? Karena jika satu akun Anda sudah berhasil dibobol maka akun lain juga akan semakin mudah dan dipastikan dibobol. Jadi gunakanlah kata sandi yang berbeda, agar jika akun yang satu sudah kebobolan, yang lainnya bisa aman.

Namun dengan kata sandi yang berbeda, ini otomatis akan memperbanyak jumlah kata sandi Anda jika akun Anda juga banyak. Untuk mengantisipasi lupanya kata sandi Anda, silahkan ditulis saja. Bebas boleh di kertas, di handphone, dan yang lainnya.

Semoga artikel mengenai tips membuat kata sandi yang aman ini bisa bermanfaat bagi Anda, dan memang terbukti mengamankan akun Anda.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon