Cara Membuat Desain Stiker dengan Photoshop

Diposting pada

Cara Membuat Desain Stiker dengan Photoshop – Stiker yang beredar di pasaran dapat Anda buat sendiri dengan photoshop. Jadi, jika Anda menginginkan desain stiker buat aja menggunakan photoshop. Tidak perlu lagi beli stiker yang mahal-mahal, cukup buat desainnya lalu cetak di percetakan itu malah lebih murah menurut saya daripada membeli di pedagang. Stiker memiliki fungsi yang hampir sama dengan poster ataupun brosur, dengan menggunakan stiker mungkin proses pemasaran suatu produk akan semakin cepat. Maka dari itu, sekarang banyak toko-toko yang sering membuat stiker untuk diberikan kepada pengunjungnya ketika membeli sesuatu. Ya, ini memang sangat menguntungkan sekali.

Cara Membuat Desain Stiker dengan Photoshop
Membuat Desain Stiker

Photoshop merupakan salah satu media edit gambar yang memiliki berbagai tools yang mendukungnya. Tool tool tersebut mendukung kinerja photoshop dalam mengedit foto atau gambar. Dengan menggunakan photoshop, kita juga dapat membuat desain stiker. Lalu bagaimana cara mendesain stiker menggunakan photoshop itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat desain stiker dengan photoshop. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Membuat Desain Stiker dengan Photoshop

Membuat desain stiker sendiri dapat dilakukan dengan langkah langkah yang susah susah gampang. Hal ini karena disesuaikan dengan pola gambar stiker yang akan dibuat. Di bawah ini terdapat beberapa langkah membuat desain stiker dengan photoshop yaitu sebagai berikut:

1. Silahkan buat lembar kerja baru dengan photoshop (Ctrl+N) untuk ukuran sesuaikan saja dengan kebutuhan.

2. Sekarang buat oval dengan menggunakan Elipse Tool tepat di tengah-tengah lembar kerja dan beri nama dengan Oval 1. Jika sudah, duplikat layer oval 1 tersebut dan diberi nama Oval 2, untuk ukuran oval 2 lebih kecil dari oval 1. Untuk memperkecilnya, silahkan klik pada layer Oval 2, kemudian tekan Ctrl+T nanti ubah W dan H pada bagian atas yang saya tandai kotak merah menjadi 90%. Lihat gambar jika masih bingung.

Cara Membuat Desain Stiker dengan Photoshop
Membuat oval dengan Elipse Tool

3. Setelah itu ubah warna Oval 1 agar terlihat berbeda dengan warna oval 2 terserah mau warna apa saja boleh, setelah itu tekan Ctrl+T pada layer Oval 1 kemudian klik kanan dan pilih Warp untuk memberikan efek agar stiker lebih keren. Setelah memilih warp maka akan muncul kotak-kotak, Anda klik dan tarik bagian pojok kanan bawah yang saya tandai ke atas untuk membuat efeknya. Lihat gambar dibawah ini.

Cara Membuat Desain Stiker dengan Photoshop
Membuat Oval Lagi

4. Sekarang berikan efek bayangan pada Oval 1 agar lebih keren lagi. Caranya klik kanan pada layer Oval 1 kemudian pilih Blending Options, lalu klik pada Drop Shadow dan sesuaikan pengaturannya menjadi seperti ini. Lihat gambar.

Cara Membuat Desain Stiker dengan Photoshop
Memberikan Efek Bayangan pada Oval 1

5. Nah sekarang ubah warna layer Oval 1 menjadi putih kemudian pilih menu Layer -> Layer Style -> Create Layer untuk membuat layer bayangan agar terpisah dari layer Oval 1. Kemudian pada layer bayangan silahkan Anda lakukan Warp seperti tutorial nomor 3 diatas agar bayangan sesuai. Lihat gambar di bawah ini.

Cara Membuat Desain Stiker dengan Photoshop
Mengubah Warna Layer Oval 1 Menjadi Putih

6. Sekarang buat layer baru degan nama Gradient dan letakkan dibagian paling atas layer-layer yang lainnya. Kemudian pilih Layer Gradient dan Oval 2 dengan cara menekan ALT+Klik lalu pilih gradient tool, dan untuk pengaturannya bisa terserah Anda saja sesuai selera-masing-masing. Untuk cara menggunakan gradientnya sendiri dengan cara klik dan tahan dari ujung 1 ke ujung 2, lihat gambar

Cara Membuat Desain Stiker dengan Photoshop
Buat Layer Baru

7. Sekarang tinggal dikasih tulisan saja sesuai dengan keinginan Anda. Dan jika masih kurang, silahkan tambahkan  lainnya juga bisa kok, tergantung kekreativitasan Anda. Lihat hasil akhir milik saya, jelek banget kan?

Cara Membuat Desain Stiker dengan Photoshop
Hasil Akhir Pembuatan Stiker

Demikianlah penjelasan mengenai cara membuat desain stiker dengan photoshop. Banyak tool yang dapat anda gunakan untuk melakukan melakukan pengeditan gambar atau foto. Semoga tutorial singkat ini bisa bermanfaat untuk Anda semua, Terima kasih.

13 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *