Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

May 02, 2017

Pengertian dan Manfaat Sharing Device

Hai teman-teman TKJ, selamat datang di blog Anto Tunggal yang pada kali ini akan membahas mengenai materi TKJ yaitu pengertian dan manfaat sharing device. Sharing device sendiri terdiri dari dua kata yaitu Sharing dan Device yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti Berbagi Device atau Perangkat.

Sharing device adalah pemakaian bersama sebuah device atau perangkat dalam sebuah jaringan. Jadi sharing device ini merupakan penggunaan perangkat bersama dalam sebuah jaringan atau biasa disebut dengan berbagi perangkat. Jadi pada intinya, sharing device adalah sebuah kegiatan berbagi perangkat dalam sebuah jaringan. Jadi sebuah perangkat bisa digunakan oleh beberapa komputer.
Pengertian dan Manfaat Sharing Device

Adapun contoh-contoh perangkat yang biasa disharing adalah sebagai berikut:
  • Printer
  • Scanner
  • Hardisk
  • Dan masih banyak lainnya
Sekarang sudah paham kan mengenai pengertian dari sharing device.

Manfaat Sharing Device

Setelah mengetahui tentang pengertian dari sharing device, sekarang menuju ke manfaat dari sharing device. Manfaat dari sharing device sangat banyak sekali. Yang umum menggunakan sharing device adalah sebuah perusahaan atau perkantoran.

Sebagai contoh manfaat dari sharing device adalah, misalnya sebuah perusahaan membutuhkan printer untuk keperluan sehari-hari. Daripada harus membeli printer untuk setiap komputer, maka akan lebih efisien lagi kalau menggunakan sharing device ini karena bisa menggunakan satu printer untuk beberapa komputer sekaligus. Tentu ini akan menghemat pengeluaran perusahaan.

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat beberapa manfaat menggunakan sharing device di bawah ini:

1. Hemat Biaya
Ya ini pasti, dengan menggunakan sharing device maka akan lebih menghemat biaya. Seperti yang saya katakan di atas, kalau sebuah kantor tidak menggunakan sharing device maka akan mengeluarkan banyak biaya untuk sebuah perangkat, misalnya printer. Sebagai contoh sebuah kantor memiliki 40 unit komputer dan harus melakukan printer, kalau dari 40 unit komputer itu harus memiliki printer sendiri-sendiri maka akan jelas perlu uang banyak.

2. Lebih Efisien
Efisien yang dimaksud disini adalah lebih cepat atau tidak membuang-buang waktu yang banyak. Dan paling utama sih masih efisien dalam hal biaya, karena dengan sedkikt perangkat saja sudah bisa digunakan untuk banyak komputer.

Jadi kesimpulannya, dengan adanya sharing device ini kita bisa berbagi perangkat dengan komputer lain dengan mudah dan tentu ini akan sangat bermanfaat selama masih dalam satu jaringan yang sama.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.
Terima kasih.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "Pengertian dan Manfaat Sharing Device"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top