Cara Mengetahui IP Address Windows dan Linux

Halo teman-teman, sudah hampir satu minggu saya tidak membuat postingan di blog ini. Dan pada kesempatan kali ini saya akan memberikan artikel mengenai sebuah tutorial yang sebenarnya sangat mudah namun akan terlihat sulit kalau belum mengetahui caranya, yaitu cara mengetahui alamat IP atau IP Address komputer, tepatnya pada sistem operasi Windows dan Linux. Sebenarnya untuk mengetahui IP Address pada Windows dan Linux hampir sama, namun ada sedikit perbedaan yang sangat mendasar. Untuk softwarenya sendiri saya hanya menggunakan CMD (pada Windows) dan Terminal/Console (pada Linux).

Sedikit penjelasan saja, IP Address adalah sebuah alamat unik yang pasti dimiliki oleh setiap komputer. Dinamakan unik karena setiap IP Address hanya dapat digunakan oleh satu komputer saja. Jadi tidak akan mungkin ada dua komputer yang memiliki alamat IP yang sama.

Oke, langsung saja ke tutorial cara mengetahui IP Address pada Windows dan Linux.

Cara Mengetahui IP Address Windows

Seperti yang saya katakan di atas, software yang akan digunakan adalah CMD (Command Prompt) yang juga merupakan software bawaan Windows, jadi Anda tidak perlu mendownloadnya terlebih dahulu. Berikut ini adalah tutorial mengetahui IP Address pada sistem operasi Windows.

1. Klik tombol Start pada Windows Anda.

2. Lalu pada kolom pencarian, Anda cari dengan kata CMD.

3. Setelah terbuka CMD, maka tampilannya kira-kira seperti ini.

Cara mengetahui IP Address Windows

4. Kemudian, Anda ketikkan ipconfig lalu tekan enter. Maka akan terlihat IP Address Windows Anda, perhatikan yang saya beri tanda merah.

Cara mengetahui IP Address Windows

Selesai deh, mudah kan cara mengetahui IP Address pada Windows.

Cara Mengetahui IP Address Linux

Sekarang cara mengetahui IP Address pada sistem operasi Linux. Dan software yang akan digunakan adalah Terminal atau Console. Dan software ini juga merupakan software bawaan pada Linux, jadi Anda tidak perlu mendownloadnya terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara mengetahui IP Address pada Linux.

1. Buka Terminal.

2. Setelah terbuka, kira-kira tampilannya seperti ini. Saya menggunakan Arch Linux.

Cara mengetahui IP Address Linux

3. Kemudian, silahkan ketikkan ip addr show pada Terminal lalu tekan enter. Maka nanti akan muncul tampilan seperti ini. Yang saya tandai adalah IP Address nya.

Cara mengetahui IP Address Linux

Selesai deh cara mengetahui IP Address pada Linux, mudah kan?

Mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya berikan mengenai cara mengetahui IP Address pada Windows dan Linux. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan kita semua.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon