Ukuran Lapangan Bola Basket dan Gambarnya

Bola basket merupakan salah satu cabang olahraga yang paling populer di dunia, termasuk Indonesia. Cabang olahraga ini sangat banyak diminati oleh berbagai kalangan seperti pelajar, mahasiswa, dan juga remaja-remaja yang aktif di bidang olahraga. Ketika SMP, mungkin sudah pernah diajarkan olahraga basket, mempelajari teknik dasar bola basket, serta mengetahui ukuran lapangan bola basket.

Populernya olahraga ini bisa dilihat dari kompetisi yang digelar di berbagai negara. Para penonton juga terlihat seru ketika mendukung club kesayangannya bertanding. Ini menadakan bahwa antusiasme masyarakat terhadap cabang olahraga ini sangat tinggi, meskipun sebagian besar dari mereka hanya bisa menonton saja.

Ketika menonton pertandingan bola basket, pernahkan terlintas dipikiran Anda mengenai berapa ukuran lapangan bola basket? Kemungkinan, banyak yang berpikir seperti itu. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan artikel tentang ukuran lapangan bola basket beserta gambarnya.

Ukuran Lapangan Bola Basket

Sedikit saya singgung di atas tadi, ketika sekolah SMP memang hampir semua siswa sudah pasti diajarkan olahraga basket. Jadi jika masih ingat, pasti Anda semua tahu lah berapa ukuran lapangan bola basket. Tapi jika lupa dan ingin mengingatnya kembali, silahkan simak sedikit penjelasan di bawah ini.

Ukuran Lapangan Bola Basket

Menurut standar Federasi Bola Basket International, ukuran lapangan bola basket berbentuk persegi panjang dengan dua standar ukuran. Untuk standar National Basketball Association, ukuran lapangan memiliki panjang 28,5 meter dan lebar 15 meter. Sedangkan untuk standar Federasi Bola Basket International, ukuran lapangan memiliki panjang 26 meter dan lebar 14 meter.

Dalam lapangan bola basket (lihat gambar di bawah), terdapat 3 buah lingkaran yang memiliki panjang jari-jari 1,8 meter dengan ukuran lebar garis 0,05 meter. Panjang garis akhir lingkaran daerah serang yaitu 6 meter. Sedangkan panjang garis tembakan hukuman adalah 3,6 meter.

Ukuran Lapangan Bola Basket

Bagian Ring
(Perhatikan gambar di bawah). Jarak dari lantai ke papan pantul bagian bawah adalah 2,75 meter. Sedangkan jarak papan pantul bagian bawah sampai ke ring adalah 0,30 meter. Ring basket memiliki panjang 0,50 meter. Jarak tiang penyangga sampai ke garis akhir yaitu 1 meter.

Ukuran Lapangan Bola Basket

Ring
(Perhatikan gambar di bawah). Panjang papan pantul bagian luar yaitu 1,80 meter, sedangkan lebar papan pantul adalah 1,20 meter. Panjang papan pantul bagian dalam adalah 0,59 meter, sedangkan lebar papan pantul bagian dalam adalah 0,45 meter.

Ukuran Lapangan Bola Basket

Nah, itulah artikel mengenai ukuran lapangan basket beserta gambarnya. Semoga dengan artikel ini, pengetahuan Anda tentang bola basket semakin bertambah.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon