November 13, 2017

Pengertian dan Tugas Web Administrator

Tags
Selamat datang teman-teman TKJ Indonesia. Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan artikel mengenai pengertian dan tugas Web Administrator. Mungkin di antara teman-teman semua sudah paham lah ya mengenai pengertian dan tugas Web Administrator karena ketika kelas X sudah diajarkan sedikit materi dasar web. Tapi tidak mengapa, mungkin saja ada yang lupa dan membutuhkan artikel ini.

Pengertian Web Administrator  adalah seseorang yang bertanggung jawab secara teknis terhadap operasional website khususnya server. Jadi Web Administrator memfokuskan diri untuk memperbaiki sebuah server baik itu instalasi sampai troubleshooting komputer server. Web Administrator akan menjaga kelangsungan serta kelancaran server agar tetap berjalan.
Pengertian dan Tugas Web Administrator

Tugas Web Administrator

Di atas sudah saya tuliskan sedikit mengenai tugas Web Administrator yaitu memperbaiki server baik itu instalasi sampai troubleshooting komputer server. Seorang Web Administrator juga bertugas melakukan maintenance atau memperbaiki server. Jadi seorang Web Administartor harus mengerti sistem operasi baik itu instalasi sampai troubleshooting.

Untuk menjadi seorang Web Administrator, tentu memerlukan keahlian khusus agar ketika ada masalah bisa langsung mengatasinya. Beberapa hal yang harus dikuasai Web Administrator adalah sebagai berikut:

1. OS Unix
Web Administrator harus menguasai sistem operasi berbasis Unix seperti Linux, FreeBSD, dan lain sebagainya. Menguasai disini diartikan dengan mampu melakukan instalasi sampai troubleshooting.

2. OS NT
Web Administrator harus menguasai macam-macam sistem operasi berbasis Windows, baik itu instalasi sampai troubleshooting.

3. Jaringan
Web Administrator harus menguasai jaringan internet seperti LAN, MAN, atau Intranet jadi memerlukan bekal pengetahuan di bidang jaringan internet.

4. Keamanan Server
Web Administrator harus paham mengenai sistem security atau sistem keamanan pada server agar bisa melakukan penjagaan keamanan pada web.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian dan tugas web administrator. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita mengenai web administrator.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon