Pengertian dan Tugas Web Administrator

Diposting pada

Pengertian dan Tugas Web Administrator – Selamat datang teman-teman TKJ Indonesia. Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan artikel mengenai pengertian dan tugas Web Administrator. Mungkin di antara teman-teman semua sudah paham lah ya mengenai pengertian dan tugas Web Administrator karena ketika kelas X sudah diajarkan sedikit materi dasar web. Tapi tidak mengapa, mungkin saja ada yang lupa dan membutuhkan artikel ini. Apa yang dimaksud web administrator itu? Apa saja tugas dari web administrator?

Pengertian dan Tugas Web Administrator
Web Administrator

Web Administrator dapat diartikan sebagai seseorang yang bertanggung jawab secara teknis terhadap operasional website khususnya server. Jadi Web Administrator memfokuskan diri untuk memperbaiki sebuah server baik itu instalasi sampai troubleshooting komputer server. Web Administrator akan menjaga kelangsungan serta kelancaran server agar tetap berjalan. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian dan tugas web administrator. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian dan Tugas Web Administrator

Di atas sudah saya tuliskan sedikit mengenai tugas Web Administrator yaitu memperbaiki server baik itu instalasi sampai troubleshooting komputer server. Seorang Web Administrator juga bertugas melakukan maintenance atau memperbaiki server. Jadi seorang Web Administartor harus mengerti sistem operasi baik itu instalasi sampai troubleshooting.

Untuk menjadi seorang Web Administrator, tentu memerlukan keahlian khusus agar ketika ada masalah bisa langsung mengatasinya. Beberapa hal yang harus dikuasai Web Administrator adalah sebagai berikut:

OS Unix
Web Administrator harus menguasai sistem operasi berbasis Unix seperti Linux, FreeBSD, dan lain sebagainya. Menguasai disini diartikan dengan mampu melakukan instalasi sampai troubleshooting.

OS NT
Web Administrator harus menguasai macam-macam sistem operasi berbasis Windows, baik itu instalasi sampai troubleshooting.

Baca Juga  Kata-Kata Rayuan Gombal Versi Anak TKJ Terbaru

Jaringan
Web Administrator harus menguasai jaringan internet seperti LAN, MAN, atau Intranet jadi memerlukan bekal pengetahuan di bidang jaringan internet.

Keamanan Server
Web Administrator harus paham mengenai sistem security atau sistem keamanan pada server agar bisa melakukan penjagaan keamanan pada web.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian dan tugas web administrator. Web Administrator merupakan seseorang yang bertanggung jawab secara teknis terhadap operasional website khususnya server. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita mengenai web administrator. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.