Pengertian Program Periklanan PPC (Pay Per Click)

Tags
Setiap harinya, program periklanan di media internet semakin bertambah banyak. Jika Anda pernah melihat iklan di suatu website atau blog, maka itu merupakan salah satu contoh program iklan di internet. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai program periklanan PPC atau Pay Per Click.

PPC atau Pay Per Click adalah sebuah program periklanan yang menghubungkan antara pebisnis (advertiser) dan penerbit (publisher). Advertiser disini nantinya akan mengiklankan sebuah produk (misal) ke program PPC, kemudian publisher akan menerbitkan iklan yang dimiliki oleh advertiser di sebuah tempat, seperti contoh website atau blog. Ketika iklan yang dipasang publisher mendapat klik, maka publisher akan mendapatkan bayaran dari program PPC tersebut.

Mudahnya begini, pengertian PPC adalah sebuah program periklanan yang akan memberikan bayaran kepada publisher jika mendapatkan klik. Metodenya adalah, pengiklan atau advertiser akan mendaftarkan produknya ke program PPC, kemudian program PPC tersebut akan menempatkan iklan di website publisher, ketika iklan yang dipasang di website publisher mendapatkan klik, maka akan dibayar setiap mendapat klik oleh program PPC.
Pengertian Program Periklanan PPC (Pay Per Click)

Contoh Program PPC

Sangat banyak sekali contoh program periklanan PPC baik yang dari luar negeri maupun dari Indonesia. Berikut ini akan saya berikan beberapa contoh periklanan PPC.

1. Google Adsense

Google Adsense merupakan program afiliasi Google yang sangat banyak digunakan. Google Adsense akan memberikan kode iklan kepada publisher yang sudah diterima untuk menempatkan kode iklan tersebut ke website masing-masing. Publisher juga bisa membuat unit iklan sendiri dengan desain yang dapat disesuaikan. Setelah iklan dipasang, maka ketika ada orang yang klik iklan tersebut, maka publisher akan mendapat bayaran dari Google Adsense. Hasil yang didapatkan juga tergantung dari klik dan BPK (biaya per klik) yang didapat. Jadi semakin banyak klik dan BPK juga besar, maka hasil yang didapat juga akan semakin banyak.

Siapa saja dapat mendaftar menjadi publisher Adsense namun dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Google. Dengan program periklanan Adsense ini, maka bukan tidak mungkin Anda bisa menghasilkan uang dari blog atau website yang Anda kelola.

2. Zoteromedia

Mungkin Anda masih sedikit asing dengan program PPC yang satu ini karena memang masih terbilang baru. Program ini merupakan salah satu program PPC dari Indonesia yang dapat dikatakan sebagai PPC Premium. Sebab, sejak diluncurkan tahun 2017, program ini mampu membantu ribuan penerbit dan pengiklan untuk memaksimalkan keuntungan serta menjadi lebih sukses di pasar online.  Jadi Zoteromedia.com PPC dan CPM Premium Indonesia ini bisa saja menjadi saingat program PPC lainnya, seperti Google Adsense misal.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian program periklanan PPC atau Pay Per Click. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.
Terima kasih.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon