8 Bahaya Menggunakan Laptop di Pangku di Atas Paha

Diposting pada

8 Bahaya Menggunakan Laptop di Pangku di Atas Paha – Laptop memiliki kelebihan daripada komputer yaitu mempunyai berat yang lebih ringan. Selain itu desain laptop lebih minimalis dan tipis. Tidak heran jika penggunaan laptop dapat dilakukan dimana saja dan gaya apa saja. Termasuk memangku laptop di atas paha ataupun rebahan di atas kasur. Apakah anda tahu bahaya menggunakan laptop di pangku di atas paha? Kelebihan dan kenyamanan dalam penggunaan laptop seperti ini pada dasarnya dapat membahayakan kesehatan bagi penggunanya. Bahaya ringan yang dapat ditimbulkan ketika menggunakan laptop diatas kasur ataupun di pangku contohnya laptop tiba tiba kesenggol sampai jatuh hingga mengakibatkan laptop rusak dan sebagainya.

kenali bahaya memangku laptop sebelum anda menyesal di kemudian hari
Bahaya memangku laptop saat digunakan

Dunia teknologi memang terus berkembang pesat. Teknologi tersebut terus berinovasi dengan manfaat yang besar bagi manusia. Di samping manfaat itu juga tercipta efek samping yang berbahaya bagi kesehatan manusia jika teknologi tidak dimanfaatkan dengan benar. Sering kali kita melihat penggunaan laptop yang di pangku di atas paha. Hal ini mungkin dianggap lumrah dan sudah biasa dilakukan oleh banyak orang. Apakah anda tahu hal hal semacam ini sebenarnya berbahaya? Kali ini saya akan menjelaskan tentang bahaya menggunakan laptop di pangku di atas paha. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

8 Bahaya Menggunakan Laptop di Pangku di Atas Paha

Laptop memang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia. Karena laptop tersebut memiliki beberapa keunggulan dibandingkan komputer rakitan seperti beratnya ringan, spesifikasinya disesuaikan dengan kebutuhan, mudah dibawa, tidak perlu repot merakit terlebih dahulu, mudah dioperasikan, fasilitas dan fitrunya lengkap dan canggih serta daya yang dibutuhkan juga lebih kecil daripada PC. Keunggulan keunggulan ini yang membuat banyak orang acuh terhadap bahaya penggunaan laptop yang tidak benar seperti memangkunya. Bahaya menggunakan laptop di pangku di atas paha dapat dirasakan dalam jangka panjang.

Para pengguna laptop memang kebanyakan terbiasa memangkunya tanpa menggunakan alas sedikitpun. Laptop yang langsung berkontak dengan paha tersebut dapat menimbulkan beberapa bahaya dalam jangka panjang. Adapun beberapa bahaya menggunakan laptop di pangku di atas paha yaitu:

Membuat Iritasi pada Kulit Paha
Bahaya menggunakan laptop di pangku yang pertama ialah membuat kulit paha menjadi iritasi. Hal ini disebabkan karena kulit berkontak langsung dengan laptop dalam waktu yang lama. Maka dari itu lama kelamaan kulit akan terasa panas, menjadi perih dan gatal.

Membuat Perubahan Warna Kulit
Bahaya menggunakan laptop di pangku selanjutnya ialah membuat perubahan pada warna kulit. Radiasi panas pada laptop akan mengakibatkan iritasi kulit. Iritasi ini akan membuat kulit menjadi gatal dan jika digaruk garuk maka kulit akan menjadi gosong ataupun gelap. Dengan begitu warna kulit akan menjadi belang atau warnanya tidak merata.

Baca juga: 12 Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Menyebabkan Kanker Kulit
Bahaya menggunakan laptop di pangku selanjutnya ialah menyebabkan kanker kulit. Jika laptop terus di pangku secara terus menerus dan dalam jangka yang panjang maka dapat menyebabkan kulit terkena penyakit kanker karena terlalu banyak radiasi. Bahkan organ organ yang berdekatan dengan laptop tersebut berisiko terkena kanker juga.

Mengurangi Kesuburan Tubuh
Bahaya menggunakan laptop di pangku selanjutnya ialah mengurangi kesuburan tubuh. Tingkat kesuburan dalam tubuh akan terus berkurang dan menurun jika penggunaan laptop di pangku di atas paha. Maka dari itu penggunaan laptop seperti ini tidak dianjurkan untuk pria ataupun wanita.

Menyebabkan Gangguan Pundak, Tulang Belakang dan Punggung
Bahaya menggunakan laptop di pangku selanjutnya ialah dapat menyebabkan gangguan pundak, tulang belakang dan punggung. Pada dasarnya dalam menggunakan laptop memiliki ketentuan ketentuan khusus yaitu posisi kepala harus lurus dan sejajar dengan layar laptopnya. Jika laptop tersebut di pangku maka posisi kepalanya menjadi menunduk sehingga keadaan punggungnya akan melengkung. Jika posisi ini terus dilakukan maka akan mengakibatkan pegal (dalam jangka pendek) dan mengakbatkan bahaya yang serius (dalam jangka panjang).

Masalah Pergelangan Tangan
Bahaya menggunakan laptop di pangku selanjutnya ialah menyebabkan masalah pergelangan tangan. Posisi penggunaan laptop di pangku tersebut sebenarnya tidak ideal untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan menyebabkan pegal pada bagian pundak dan punggung. Bahkan pergelangan tangan dalam mengoperasikan touchpad dan keyboard juga kurang tepat. Pada akhirnya akan membuat pergelangan tangan mudah kesemutan ataupun menyebabkan bahaya lainnya.

Menyebabkan Gangguan Kehamilan
Bahaya menggunakan laptop di pangku selanjutnya ialah menyebabkan gangguan kehamilan. Jika anda terus menggunakan laptop dengan memangkunya di paha maka secara otomatis janin yang terdapat didalam kandungan dapat terpengaruhi karena efek radiasi yang ditimbulkan. Apalagi laptop yang anda gunakan berdekatan langsung dengan perut anda. Maka efek sampingnya akan berpengaruh pada kesehatan janinnya. Untuk lebih jelasnya dapat anda konsultasikan kepada dokter terkait.

Solusi Meminimalisir Efek Radiasi Laptop Ketika di Pangku di Atas Paha

Menggunakan laptop di atas paha memang menimbulkan efek samping atau bahaya bagi penggunanya. Bahaya menggunakan laptop di pangku di atas paha ini dapat diminimalisir menggunakan beberapa solusi yang benar. Adapun beberapa solusi menimimalisir efek radiasi laptopnya yaitu:

Memasang Filter Laptop
Bahaya menggunakan laptop di pangku di atas paha dapat diminimalisir dengan cara memasang filter laptop. Paparan sinar radiasi pada laptop ini dapat dikurangi dengan pemasangan filter laptop sehingga radiasi yang ditimbulkannya tidak begitu tajam. Selain itu kenyamanan dalam hal kecerahan laptop juga dapat diatur sendiri melalui menu Setting. Usahakan jarak pandangan anda terhadap layar laptop tidak terlalu dekat sehingga mata tetap sehat.

Sering Mengalihkan Perhatian
Bahaya menggunakan laptop di pangku di atas paha selanjutnya dapat diminimalisir dengan cara mengalihkan perhatian sesering mungkin. Jika anda menggunakan laptop dalam waktu yang lama, akan lebih baik jika sering megalihkan pandangan ke arah pepohonan hijau dan segar agar mata tidak rusak. Selain itu, agar mata tidak kering maka sering seringlah berkedip. Usahakan posisi kepala sejajar dan lurus dengan layar laptop.

Jangan Menempelkan Langsung Pada Tubuh
Bahaya menggunakan laptop di pangku di atas paha selanjutnya dapat diminimalisir dengan cara tidak menempelkannya langsung pada tubuh. Menggunakan laptop dengan cara memangkunya memang sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. Apalagi untuk wanita hamil, sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan laptop di atas paha. Hal ini akan menyebabkan gangguan pada perkembangan janin anda. Selain itu radiasi laptop tersebut juga akan mempengaruhi tingkat kesuburan pada pria maupun wanita.

Sekian beberapa bahaya menggunakan laptop di pangku di atas paha yang dapat saya bagikan. Jika anda memang diharuskan untuk memangku laptop tersebut maka usahakan dilapisi dengan alas yang keras, tebal dan lebar. Anda dapat menggunakan alas seperti buku ataupun kayu yang minimal memiliki tebal 1 cm lebih. Intinya adalah fakta adanya bahaya memangku laptop diatas paha adalah benar, maka dari itu kita harus berhati hati dalam menggunakan laptop dan sebisa mungkin jangan menggunakan laptop dipangku di atas paha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *