Latar Belakang Lahirnya Pergerakan Nasional di Indonesia Terlengkap

Diposting pada

Latar Belakang Lahirnya Pergerakan Nasional di Indonesia Terlengkap – Kesadaran Nasional mulai bangkit pada titik permulaannya di tahun 1908. Di tahun ini organisasi Budi Utomo juga dilahirkan. Budi utomo terebut merupakan organisasi pertama dalam pergerakan Nasional di Indonesia. Lalu apa yang menjadi latar belakang pergerakan Nasional di Indonesia itu? Pergerakan Nasional Indonesia memiliki latar blakang yang sebagian kecilnya berasal dari organisasinya. Latar belakang ini juga dapat disebut dengan faktor lahirnya pergerakan Nasional di Indonesia.

Latar Belakang Terbentuknya Pergerakan Nasional
Latar Belakang Terbentuknya Pergerakan Nasional

Setelah organisasi Budi Utomo terbentuk, kemudian muncul berbagai organisasi lainnya yang terdapat di Indonesia. Dalam sejarah pergerakan Nasional terdapat beberapa peristiwa historis yang merupakan hasil dari faktor ekonomi, politik, religius, sosial dam kultural yang berkembang. Bahkan terjadi interelasi diantara faktor faktor tersebut. Berdirinya organisasi Budi Utomo dijadikan sebagai sejarah latar belakang pergerakan Nasional di Indonesia sampai kemerdekaan dicapai pada tahun 1945. Kali ini saya akan menjelaskan tentang latar belakang lahirnya pergerakan Nasional di Indonesia terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Latar Belakang Lahirnya Pergerakan Nasional di Indonesia Terlengkap

Kemerdekaan indonesia tidak akan bisa diraih tanpa lahirnya pergerakan nasional Indonesia di masa lalu. Namun apa sebenarnya yang melandasi pergerakan nasional? selain itu apa yang menjadi latar belakang munculnya pergerakan nasional? semua pertanyaan itu akan kita jawab. Pentingnya mempelajari materi pergerakan nasional sebelum indonesia merdeka sangatlah penting dan sering muncul dalam berbagai ujian.

Sebelum menjelaskan tentang latar belakang pergerakan Nasional di Indonesia. Saya akan menjelaskan sedikit mengenai sejarah pergerakan Nasional. Dalam faktor lahirnya pergerakan Nasional terdapat pembagian masa dalam sejarahnya. Pembagian masa dalam sejarah pergerakan Nasional tersebut berawal dari organisasi Budi Utomo dilahirkan sampai kemerdekaan indonesia dicapai pada tahun 1945. Adapun beberapa masanya yaitu sebagai berikut:

Baca juga : Penyebab Terjadinya Perang Aceh Beserta Periodenya

  • Masa awal perkembangan diindikasikan dengan pendirian beberapa organisasi seperti IP (Indische Partij), BU (Budi Utomo), dan SI (Sarekat Islam).
  • Masa radikal diindikasikan dengan pendirian PKI (Partai Komunis Indonesia), IP (Perhimpunan Indonesia), dan PNI (Partai nasional Indonesia).
  • Masa bertahan diindikasikan dengan pendirian Petisi Sutardjo, GAPI (Gabungan Politik Indonesia) dan Fraksi Nasional.

Latar belakang lahirnya pergerakan Nasional dapat berupa faktor lahirnya pergerakan Nasional, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Adapun faktor internal lahirnya pergerakan Nasional dan faktor eksternal lahirnya pergerakan Nasional yaitu sebagai berikut:

Faktor Internal Lahirnya Pergerakan Nasional

Bangkitnya pergerakan nasional tentu tidak terlepas dari berbagai faktor yang datang baik dari dalam lubuk hati bangsa indonesia maupun karena faktor lain. Tugas kita adalah mempelajarinya sebagai suri tauladan dan mengenang lahirnya pergerakan nasional tersebut.

Faktor pergerakan Nasional yang pertama berupa faktor internal. Dalam faktor internal ini terdapat beberapa latar belakang pergerakan Nasional seperti penderitaan rakyat karena penjajahan, sejarah masa lalu yang gemilang, pengaruh perkembangan pendidikan di Indonesia, pengaruh perkembangan pendidikan kebangsaan di Indonesia, dan dominasi ekonomi kaum cina di Indonesia. Berikut penjelasan selengkapnya:

Penderitaan Rakyat Karena Penjajahan

Latar belakang lahirnya pergerakan Nasional yang pertama ialah penderitaan rakyat karena penjajahan. Latar belakang ini termasuk faktor lahirnya pergerakan Nasional dalam lingkup internal. Masa penjajahan bangsa Indonesia terjadi sangat menyakitkan dan panjang sejak masa Portugis. Rakyat Indonesia merasakan kesengsaraan dan penderitaan saat masa penjajahan, mulai dari sistem tanam paksa, kerja rodi, politik devide et impera sampai monopoli perdagangan. Maka dari itulah rakyat melakukan perlawanan terhadap penjajahan dan bertekad untuk bersatu.

Sejarah Masa Lalu yang Gemilang

Latar belakang pergerakan Nasional selanjutnya ialah sejarah masa lalu yang gemilang. Latar belakang ini termasuk faktor pergerakan Nasional dalam lingkup internal. Dimasa lampau terdapat kenangan akan kejayaan seperti pada zaman Majapahit maupun Sriwijaya. Kerajaan Majapahit memiliki peran yang penting karena cakupan wilayahnya mencapai seluruh Indonesia dan termasuk ke dalam kerajaan besar sehingga dijadikan sebagai calon negara Nasional. Untuk itulah rakyat Indonesia memiliki angan angan dan pikiran untuk tetap merasakan kebesaran ini. Dari sinilah akan terbentuk perasaan Nasionalisme antar rakyat indonesia.

Pengaruh Perkembangan Pendidikan di Indonesia

Latar belakang lahirnya pergerakan Nasional selanjutnya ialah pengaruh perkembangan pendidikan di Indonesia. Latar belakang ini termasuk faktor lahirnya pergerakan Nasional dalam lingkup internal. Beberapa kaum intelektual dihasilkan pada masa Hindia Belanda karena perkembangan sistem pendidikannya. Kemudian salah satu kaum tersebut dijadikan sebagai pemimpin dari pergerakan Nasional. Kesadaran para intelektual Indonesia bahwa mereka di bodohi dan dijajah oleh Belanda mulai timbul karena berkat pendidikannya yang tinggi. Setelah sadar, para intelektual Indonesia juga tergugah perasaannya untuk menjadi merdeka.

Baca juga : Dampak Tanam Paksa Bagi Indonesia dan Belanda Lengkap

Pengaruh Perkembangan Pendidikan Kebangsaan di Indonesia

Latar belakang pergerakan Nasional selanjutnya ialah pengaruh perkembangan pendidikan di Indonesia. Latar belakang ini termasuk faktor pergerakan Nasional dalam lingkup internal. Pada masa Hindia Belanda terdapat sistem pendidikan yang mulai berkembang hingga menciptakan kaum terpelajar. Namun penduduk pribumi dalam kalangan bawah tidak dapat menikmati pendidikan karena adanya diskriminasi di bidang pendidikan kolonial. Karena hal inilah sekolah untuk kaum pribumi mulai didirikan oleh kaum terpelajar atas inisiatif mereka. Sekolah ini dinamakan dengan sekolah kebangsaan karena digunakan untuk menumbuhkan rasa Nasionalisme bagi pelajar atau rakyat. Pembuatan sekolah kebangsaan dilakukan oleh beberapa tokoh pribumi seperti Ksatrian School yang didirikan oleh Douwes Dekker, INS Kayu Tanam (Indonesische Nederlandsche School Kayu Tanam) yang didirikan oleh Moh. Syafei, dan Taman Siswa yang didirikan oleh Ki Hajar Dewantoro.

Dominasi Ekonomi Kaum Cina di Indonesia

Latar belakang lahirnya pergerakan Nasional selanjutnya ialah dominasi ekonomi kaum Cina di Indonesia. Latar belakang ini termasuk faktor lahirnya pergerakan Nasional dalam lingkup internal. Para pedagang pribumi sering dibuat kesal oleh kaum pedagang yang keturunannya Cina. Misalnya ketika Tionghoa Hwee Kwan yang didirikan oleh pedagang Cina sebagai perguruan sendiri pada tahun 1901. Terlebih lagi pihak belanda menambah kekesalan ini hingga membuat kaum pribumi merasa iri dengan keturunan Cina. Dikala itu keturunan Cina diberikan kesempatan sebagai kolektor pajak milik pemerintah kolonial dan menguasai bisnis eceran. Karena hal inilah para pribumi bersatu untuk melawan pengaruh pedagang Cina dan melawan penjajahan Belanda.

Faktor Eksternal Lahirnya Pergerakan Nasional

Faktor pergerakan Nasional selanjutnya berupa faktor eksternal. Dalam faktor eksternal ini terdapat beberapa latar belakang pergerakan Nasional seperti adanya Gerakan Turki Muda Tahun 1908, adanya Gandhiisme dan All Indian National Congress 1885 di India, adanya paham baru di Amerika dan Eropa yang masuk ke Indonesia, adanya kemenangan Jepang terhadap Rusia, dan pengaruh gerakan Nasional yang ada di negara tetangga. Berikut penjelasan selengkapnya:

Adanya Gerakan Turki Muda Tahun 1908

Latar belakang lahirnya pergerakan Nasional yang pertama ialah adanya gerakan Turki Muda tahun 1908. Latar belakang ini termasuk faktor lahirnya pergerakan Nasional dalam lingkup eksternal. Pada tahun 1908 memang terdapat gerakan Nasionalisme yang dipimpin oleh Mustafa Kemas Pasha pada saat di Turki. Gerakan ini disebut dengan Gerakan Turki Muda yang bertujuan untuk menghendaki seluruh kehidupan masyarakat mengalami pembaharuan dan modernisasi. Gerakan Turki Muda merujuk pada pelaksanaan modernisasi dan pembaruan pembaruan sehingga berpengaruh terhadap pergerakan bangsa Indonesia dalam segi politik.

Adanya Gandhiisme dan All Indian National Congress 1885 di India

Latar belakang pergerakan Nasional selanjutnya ialah adanya Gandhiisme dan All Indian National Congress 1885 di India. Latar belakang ini termasuk faktor pergerakan Nasional dalam lingkup eksternal. Gerakan ini dilakukan untuk menentang dan melawan Imperium Britania demi memperjuangkan kemerdekaan India. Dari sinilah para pelopor pergerakan Nasinal Indonesia mulai terinspirasi untuk memperjuangkan bangsa dengan melawan penjajahan.

Baca juga : 3 Penyebab Tragedi Trisakti Tahun 1998 Lengkap

Adanya paham baru di Amerika dan Eropa yang Masuk ke Indonesia

Latar belakang lahirnya pergerakan Nasional selanjutnya ialah adanya paham baru di Amerika dan Eropa yang masuk ke Indonesia. Latar belakang ini termasuk faktor lahirnya pergerakan Nasional dalam lingkup eksternal. Paham ini menimbulkan rasa Nasionalisme Indonesia menjadi lebih cepat seperti paham Demokrasi maupun Liberalisme. Di negara Eropa telah berkembang paham baru seperti Liberalisme, Demokrasi maupun Nasionalisme yang nantinya dapat masuk ke negara jajahan di Asia ataupun Afrika. Paham baru tersebut berpengaruh terhadap pola pikir rakyat untuk dibuka agar dapat menentang penjajahan sehingga kehidupan rakyat yang merdeka dapat diwujudkan dengan membangkitkan perlawanan atas penindasan yang ada.

Adanya Kemenangan Jepang Terhadap Rusia

Latar belakang pergerakan Nasional selanjutnya ialah adanya kemenanan Jepang terhadap Rusia. Latar belakang ini termasuk faktor pergerakan Nasional dalam lingkup eksternal. Bangsa  Asia harus dibangkitkan dan disadarkan agar melakukan perlawanan terhadap bangsa Barat. Peperangan antara Jepang dengan Rusia pada tahun 1904 – 1905 dijadikan sebagai tontonan dalam sejarah dunia. Pada akhirnya kemenangan berada di tangan Jepang. Karena hal inilah para pelopor pergerakan Nasional Indonesia ingin mengikuti jejak Jepang dengan semangat juang yang tinggi dalam menentang Rusia atau bangsa barat lainnya.

Pengaruh Gerakan Nasional yang Terdapat di Negara Tetangga

Latar belakang pergerakan Nasional selanjutnya ialah pengaruh gerakan Nasional yang terdapat di negara tetangga. Latar belakang ini termasuk faktor lahirnya pergerakan Nasional dalam lingkup eksternal. Contohnya di Filipina dan India yang terdapat gerakan Nasional. Gerakan ini membuat para pejuang pergerakan Nasional Indonesia terinspirasi untuk bertempur menentang penjajah.

Sekian penjelasan mengenai latar belakang lahirnya pergerakan Nasional di Indonesia terlengkap. Pergerakan Nasional di Indonesia tersebut memiliki latar belakang yang berupa faktor internal dan faktor eksternal di dalamnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *