Latihan Soal UN Bahasa Indonesia SD 2020 dan Kunci Jawabannya Terlengkap

Diposting pada

Latihan Soal UN Bahasa Indonesia SD 2020 dan Kunci Jawabannya Terlengkap – Apakah anda tahu apa pengertian UN atau Ujian Nasional itu? Ujian Nasional pada umumnya merupakan sebuah sistem berbasis pendidikan yang dilakukan oleh Pusat Pendidikan Depdiknas untuk mengevaluasi mutu pendidikan di sekolah dasar maupun menengah antar daerah. Untuk itulah dalam tingkat pendidikan dasar hingga menengah atas telah diadakan ujian Nasional dengan beberapa materi pembelajaran di dalamnya. Misalnya saja tingkat Sekolah Dasar (SD) yang memiliki beberapa materi pembelajaran dalam UN seperti Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Setiap materi UN mencakup pembelajaran dari kelas 1 hingga kelas 6. Untuk itulah soal UN SD Bahasa Indonesia sudah pasti akan mencakup materi pembelajaran Bahasa Indonesia dari kelas 1 sampai kelas 6.

Pada umumnya pemerintah menggunakan Ujian Nasional untuk menilai tingkat kualitas pendidikan yang ada di Indonesia. Data kualitas pendidikan di semua daerah Indonesia ini akan didapatkan oleh pemerintah melalui UN sehingga dikemudian hari kualitas pendidikan akan lebih baik lagi perencanaannya. Salah satu pelajaran dalam soal UN yang terkadang banyak diremehkan oleh orang orang ialah Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan pelajaran yang dianggap tidak memiliki perhatian khusus dan mudah. Perhatian yang diberikan kepada pelajaran Bahasa Indonesia tersebut tidak sekompleks IPA dan Matematika yang senantiasa digunakan setiap hari. Akan tetapi pada kenyataannya para siswa jarang yang memperoleh nilai Bahasa Indonesia dengan sempurna atau nilai 10. Hal ini dikarenakan soal UN Bahasa Indonesia SD tersebut terlalu disepelekan.

Soal UN Bahasa Indonesia SD dan Kunci Jawabannya Terlengkap
Prediksi Soal UN Bahasa Indonesia Kelas 6 SD

Para siswa pada umumnya lebih banyak memperoleh nilai 10 pada soal UN SD Matematika dan IPA. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan pelajaran Matematika dan IPA lebih diperhatikan dibandingkan dengan pelajaran Bahasa Indonesia, walaupun sebenarnya tingkat kesulitannya sama. Disisi lain soal UN Bahasa Indonesia Kelas 6 SD ini juga sering kali menjebak para siswa dengan kata atau kalimat yang mempunyai makna ganda. Untuk itulah para siswa diharapkan dapat lebih berhati hati dalam mengerjakan soal soal UN yang tersedia dan pastiya lebih teliti lagi. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan prediksi soal UN Bahasa Indonesia SD beserta kunci jawaban soal UN SD Bahasa Indonesia terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Latihan Soal UN Bahasa Indonesia SD 2020 dan Kunci Jawabannya Terlengkap

Untuk menghadapi Ujian Nasional tingkat Sekolah Dasar (SD) tentunya para siswa diharapkan selalu berlatih soal soal yang disediakan. Selain itu kesuksesan dalam pengerjaan soal soal UN SD juga dapat ditunjang dengan adanya Try Out soal UN Bahasa Indonesia Kelas 6 SD ini. Pada dasarnya para orang tua dan guru harus selalu mendampingi para siswa untuk menghadapi UN tersebut. Untuk itu para siswa dapat lebih mudah untuk memahami materi pembelajaran terkait soal soal UN. Pada umumnya pembuatan Ujian Nasional sendiri didasarkan pada pemberlakuan kurikulum yang terdapat dalam sekolah tersebut. Di Indonesia sendiri telah memberlakukan beberapa jenis kurikurum yang sama disetiap sekolah. 

Baca juga : Pengertian Kalimat Inversi dan Kalimat Versi Beserta Contoh

Ujian Nasional yang diadakan setiap tahun pada dasarnya digunakan untuk syarat kelulusan sekolah agar dapat lanjut ke tahap pendidikan selanjutnya. Setiap sekolah akan diberikan kisi kisi UN untuk bahan acuan pembelajaran dalam menghadapi ujian yang akan diselenggarakan oleh pemerintah. Selain itu sekarang juga telah ada banyak sekali contoh prediksi soal UN Bahasa Indonesia SD Kelas 6 yang disediakan dalam buku paket maupun internet. Untuk itu lebih mudah bagi anda dalam mempelajari hal hal apa saja yang keluar dalam ujian tersebut. Berikut beberapa prediksi soal UN SD Bahasa Indonesia beserta kunci jawabannya yaitu sebagai berikut:

1. Berakhirnya pertandingan sepak bola antara Arema dan Persija dimenangkan oleh Arema. Permainan ini memiliki suasana yang sangat hidup. Di Stadion Maguharjo dibanjiri oleh para suporter klub sepak bola tersebut sebelum dimulainya pertandingan. Sampai pertandingan selesai tidak banyak keributan karena mereka saling menjaga satu sama lain. 
Dalam paragraf di atas terdapat kata suporter yang artinya . . .
A. Penonton
B. Tertarik
C. Pendukung
D. Peminat

2. Dimulainya penanaman jagung dengan cara menaburkan benih. Kemudian di tanah mulai muncul tanaman jagung setelah 3 – 4 hari. Setelah umur tanaman 3,5 bulan kemudian jagung dapat dipanen oleh petani. Ini adalah fase ketika jagung akan ditanam oleh petani.
Dalam paragraf di atas terdapat ide utama yaitu . . .
A. Tahapan budidaya jagung
B. Umur pemanenan jagung
C. Teknik budidaya jagung
D. Awal hari panjang dalam ekonomi

3. Limbah air yang berasal dari industri tekstil pada umumnya cukup berbahaya. Kandungan zat yang terdapat dalam air tersebut berupa racun. Racun inilah yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan manusia.
Dalam paragraf ini terdapat kata limbah yang artinya . . .
A. Bahan lain dalam industri
B. Sesuatu yang tidak dimanfaatkan
C. Bahan yang dipilah oleh pabrik
D. Sisa dari proses produksi

4. Lahan itu cukup luas.
Antonim kata luas dalam kalimat di atas ialah . . .
A. Panjang
B. Sempit
C. Tinggi
D. Lebar

5. Belanda tidak berhasil mengalahkan Diponegoro, meskipun keinginannya cukup besar. Kemudian untuk mengalahkannya, Belanda melakukan pembohongan. Pimpinan Belanda mengaku akan melakukan negosiasi ke Magelang dengan mengundang Diponegoro. Pada akhirnya terjadi penangkapan Diponegoro. Kemudian Diponegoro dibuang menuju Batavia dan Manado. Lalu pada tanggal 8 Juni 1855 terjadi pemindahan Diponegoro menuju Makassar hingga beliau meninggal. 
Diponegoro dapat dikalahkan oleh Belanda dengan cara . . .
A. Ditangkap
B. Diculik
C. Ditipu
D. Diasingkan

Baca juga : Arti Komprehensif Beserta Pengertian dan Contohnya Terlengkap

6. Di berbagai kegiatan pada umumya tedapat gerakan literasi yang dipromosikan oleh masing masing sekolah. Sebelum memulai pelajaran, diantara mereka terdapat satu orang yang membaca buku selama 10 menit. Hal ini bertujuan untuk mempromosukan kebiasaan membaca untuk mereka. Maka dari itu para siswa dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan melalui membaca tersebut. Mengapa perlu mempromosikan literasi itu?
Mempromosikan literasi memang harus dilakukan agar . . .
A. Kebiasaan membaca dapat dipromosikan
B. Sebelum dimulainya kelas harus membaca buku terlebih dahulu
C. Meningkatkan keterampilan membaca kita
D. Lebih luas wawasan kita melalui baca buku

7.  Kompos dapat dibuat dengan cara yang mudah. Kita dapat melakukannya dengan cara menimbun sampah pada lubang. Pembuatan lubang tersebut sebaiknya di tempat yang teduh. Pelaksanaan ini diharapkan dapat membuat proses pembusukan menjadi lebih cepat. Apabila daun yang ditumpuk tidak berada pada tempat teduh, maka akan menyebabkan . . .
A. Pembusukan Laub tidak akan terjadi.
B. Pembusukan Laub tidak dapat terjadi dengan cepat.
C. Pembusukan dapat dipercepat dalam tempat teduh.
D. Kelembapan daun dapat dipercepat.

8. Bacalah dengan seksama teks percakapan di bawah ini!
Rini : “Ani, apakah ibumu dirumah?”
Ani : “Tidak, apakah kamu ingin belajar memasak?”
Rini : “Ya, dimana ibumu?”
Ani : “Ibu sedang ke pasar.”
Rini : “Kapan dia pulang?”
Ani : “Biasanya sebentar lagi.”
Rini : “Baiklah kalau begitu, aku akan menunggu.”
Teks percakapan di atas memiliki topik berupa . . .
A. Cara membuat kue
B. Menunggu Ibu di pasar
C. Belajar memasak
D. Bertemu dengan teman

9.  Bacalah dengan seksama laporan di bawah ini!
Pada hari Selasa, 10 Maret 2019 seluruh siswa kelas 5 SD Kartini berkunjung ke Museum Sejarah Jakarta. Letak Museum Jakarta ini berada di Jalan Taman Fatahillah No. 1, Jakarta Barat. Para siswa mengenakan seragam yang sopan dan rapi ketika berada di museum. Selain itu apapun benda disana tidak boleh disentuh dan para siswa juga tidak memegangnya. Mereka melihat benda koleksi dalam museum secara diam diam.
Laporan di atas berisi . . .
A. Murid kelas 5 melihat bangunan sejarah di Jakarta.
B. Siswa kelas 5 SD Kartini berkunjung ke istana.
C. Terdapat berbagai aturan yang diterapkan oleh museum sejarah Jakarta untuk para pengunjung.
D. Seluruh siswa kelas 5 SD Kartini berkunjung ke Museum Sejarah Jakarta.

10. Perhatikan kutipan pidato di bawah ini!
Pertama tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena limpahan rahmat dan anugerah-Nya kita dapat berkumpul disini. Tidak lupa kita junjungkan Nabi kita, Nabi Muhammad SWA.
Kutipan pidato di atas merupakan bagian . . .
A. Salam Pembuka
B. Pembuka
C. Isi
D. Penutup

11. Pembuatan permainan tradisional dapat dilakukan dengan mudah menggunakan sepatu kayu besar. Langkah pertama dua bilah kayu disediakan dengan panjang kurang lebih 1,5 meter. Kemudian buat kayu tersebut menyerupai bentuk sandal raksaya. Gunakan karet untuk membuat klip sandal, dimana diantara klip memiliki jarak setengah meter.
Dalam paragraf di atas terdapat kalimat utama yaitu . . .
A. Pembuatan permainan tradisional dapat dilakukan dengan mudah menggunakan sepatu kayu besar.
B. Pembuatan setiap kayu berasal dari sepatu besar.
C. Langkah pertama dua bilah kayu disediakan dengan panjang kurang lebih 1,5 meter.
D. Gunakan karet untuk membuat klip sandal, dimana diantara klip memiliki jarak setengah meter.

12. PR atau Pekerjaan Rumah yang Guru berikan harus kita kerjakan di rumah. Pekerjaan Rumah yang segera dikerjakan memiliki maksud agar pekerjaan tidak ditundah tunda. Pekerjaan rumah jangan malas untuk dikerjakan. Untuk PR yang sulit jangan dihindari. Sesulit apapun pekerjaan rumah harus kita lakukan dengan optimis. 
Pernyataan yang sesuai isi paragraf di atas ialah . . .
A. Mengerjakan pekerjaan rumah sesulit apapun dengan optimis.
B. Sulitnya pekerjaan rumah membuat kita malas.
C. Pekerjaan akan sulit dilakukan jika pekerjaan rumah dipindahkan.
D. Pekerjaan rumah dikerjakan di sekolah.

Baca juga : Kata Umum dan Kata Khusus: Pengertian dan Contohnya Terlengkap

13. Teks 1
Agus selama hampir 3 tahun telah bermigrasi ke Bekasi. Ia bekerja sebagai buruh di pabrik perakitan mobil. Karena jadwal Agus yang sibuk membuatnya tidak dapat kembali ke kota asalnya selama ini. Keluarganya berharap tahun depan Agus akan kembali.
Teks 2
Riko bekerja sebagai CEO Perusahaan. Di Bekasi baru baru ini akan dibuka perusahaan cabang milik Riko. Dia akan bertugas di cabang baru tersebut. Riko sangat sibuk karena pertumbuhan perusahaannya sangat cepat. Bahkan dia juga jarang kembali ke rumah.
Dari kedua teks di atas terdapat perbedaan konten yang berupa . . .
A. Bekerja dalam bidang ekonomi
B. Mereka sibuk secara alami
C. Karir profesional dalam perusahaan
D. Mereka bukan orang Bekasi

14. Ada beberapa hal yang di pertimbangkan dalam fase penanaman. Hal yang dipersiapkan ialah media tanah yang baik. Selain itu pertumbuhan tanaman juga dipengaruhi oleh pemilihan benihnya. Agar tanaman tumbuh dengan subur maka harus dilakukan proses pemupukan. Kebutuhan beberapa tanaman melalui penyiraman juga perlu dipenuhi. Agar tanaman tidak terganggu maka harus dilakukan proses pemberantasan hama.
Pernyataan yang sesuai isi teks di atas ialah . . .
A. Pertumbuhan tanaman dapat dipercepat dengan pemupukan secara berlebihan.
B. Setelah eradikasi tidak akan terjadi hama.
C. Tanaman dapat terhindar dari hama dengan cara melakukan pemilihan bibit unggul.
D. Air ialah salah satu hal yang diperlukan tanaman.

15. Di berbagai kota Reni melakukan pembelajaran. Di MI Darussalam, Reni dapat menyelesaikan pendidikan dasar. Kemudian pendidikannya dilanjutkan ke SMP Tanah Makmur. Setelah itu ia masuk SMA setelah lulus. Lalu ia kembali melanjutkan pendidikannya setelah SMA ke Medical Tangerang. Akan tetapi ia pindah ke sekolah penerbangan Jakarta Selatan sebelum menyelesaikan pendidikannya.
Paragraf di atas merupakan jenis teks . . .
A. Argumentasi
B. Deskripsi
C. Persuasi
D. Narasi

16. Sinonim kata dari menikmati adalah . . .
A. Merasakan
B. Mendorong
C. Melakukan
D. Mencintai

17. Kalimat yang digunakan untuk memperjelas kalimat utama dinamakan dengan . . .
A. Gagasan Utama
B. Topik
C. Kalimat Penjelas
D. Tema

18. Ketika teman teman Rio sedang berkelahi, maka Rio pasti akan melerainya. Rio dapat meredakan amarah dari teman temannya. Bagi teman temannya, Rio bagaikan sebuah air.
Dalam cerita tersebut terdapat istilah air yang maknanya . . .
A. Pembasah
B. Penyegar
C. Pembasuh
D. Penyejuk

19. Baca dengan cermat paragraf di bawah ini!
Eka selalu menjadi . . . sejak SMP Kelas 1 sampai Kelas 3. Dia tidak pernah absen dalam menerima hadiah prestasi dari Kepala sekolah setiap tahunnya.
Agar kalimat di atas lengkap, maka ungkapan yang tepat ialah . . .
A. Kabar Burung
B. Bintang Kelas
C. Besar Kepala
D. Tanpa Rasa

20. Kami main main bersama, bahkan berbagai hal juga kami diskusikan.
Kata yang bercetak miring di atas dapat diperbaiki penggunaannya dalam kalimat yaitu . . .
A. bermain main
B. main mainkan
C. termain mainkan
D. main mainan

Kunci Jawaban Soal UN Bahasa Indonesia SD
1. C                                                        11. A
2. A                                                        12. A
3. D                                                        13. C
4. B                                                        14. D
5. C                                                        15. B
6. A                                                        16. A
7. B                                                        17. C
8. C                                                        18. D
9. D                                                        19. B
10. B                                                      20. A

Demikian prediksi soal UN Bahasa Indonesia SD beserta kunci jawaban soal UN SD Bahasa Indonesia terlengkap yang dapat saya bagikan. Kunci sukses dalam Ujian Nasional ialah banyak belajar dan banyak berlatih. Semoga soal soal di atas dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *