11 Tari Daerah Kalimantan Barat Beserta Penjelasannya Lengkap

Diposting pada

11 Tari Daerah Kalimantan Barat Beserta Penjelasannya Lengkap – Tari ialah penggal seni yang ragam jenisnya sangat banyak. Seni tari sejak zaman dahulu memang telah ada Indonesia dan menjadi salah satu warna kebudayaan dalam masyarakat. Seperti yang telah kita ketahui bahwa kebudayaan sendiri memang sangat banyak jenisnya, karena Indonesia terbagi menjadi beberapa pulau dengan provinsi yang berbeda beda. Misalnya saja Kalimantan Barat dengan keragaman jenis tari tradisionalya. Apakah anda tahu apa saja jenis tarian Kalimantan Barat itu? Jenis jenis tari Kalimantan Barat ini tentunya memiliki karakteristik dan penjelasan yang berbeda beda. Hal ini dikarenakan tari tradisional Kalimantan Barat memiliki filosofinya masing masing.

Tari daerah Kalimantan Barat memiliki ciri khas berdasarkan citarasa budaya masyarakatnya sendiri. Kalimantan Barat dihuni oleh berbagai jenis suku bangsa. Pada awalnya daerah Seribu Sungai tersebut dihuni oleh suku Melayu dan Dayak. Kemudian mulai banyak suku yang berdatangan seiring berjalannya waktu seperti suku Jawa, Minangkabau. Batak, Bugis, Sunda, Madura dan sebagainya. Hal inilah yang nantinya akan berpengaruh terhadap jenis tarian Kalimantan Barat. Berbagai suku bangsa yang ada di Kalimantan Barat ini menimbulkan adanya akulturasi. Maka dari itu di Kalimantan Barat bermunculan budaya yang tercipta dengan ciri khas khusus.

Jenis tarian daerah Kalimantan Barat pada dasarnya tidak hanya tarian Dayak saja, karena masih ada jenis tari Kalimantan Barat yang lainnya dengan nuansa dari budaya Melayu. Disisi lain juga ada jenis tari tradisional Kalimantan Barat yang tercipta karena adanya pengaruh suku lainnya. Tari tradisional daerah Kalimantan Barat memang dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Tarian sendiri merupakan budaya lokal secara turun temurun dengan makna tertentu di dalamnya dan patut untuk dilestarikan. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa tari daerah Kalimantan Barat beserta penjelasannya lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

11 Tari Daerah Kalimantan Barat Beserta Penjelasannya Lengkap

Perkembangan zaman sekarang ini memang tidak dapat dihindari oleh setiap manusia. Perkembangan ini nantinya akan menghilangkan kebudayaan asli Indonesia jika nantinya kebudayaan ini tidak dilestarikan. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap tarian daerah Kalimantan Barat. Budaya tari tradisional Kalimantan Barat ini harus kita lestarikan agar tidak tergerus dengan perkembangan zaman. Untuk melestarikan jenis jenis tari Kalimantan Barat dapat dilakukan dengan cara pementasan tari secara Internasional maupun Nasional.

Baca juga : Aturan Tanam Paksa Belanda di Indonesia Tahun 1830 Lengkap

Ibukota Kalimantan Barat berada di Pontianak. Tari daerah Kalimantan Barat masih berhubungan dengan budaya tari wilayah lain di Indonesia selama masih dapat dijangkau oleh NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Seni tari merupakan warisan dari nenek moyang secara turun temurun yang dijadikan bukti nyata dari adanya kekayaan budaya di Indonesia. Di bawah ini terdapat beberapa jenis tarian Kalimantan Barat beserta penjelasannya yaitu sebagai berikut:

Tari Ajat Temuai Datai

Jenis tari tradisional Kalimantan Barat yang pertama ialah tari ajat temuai datai. Tari ajat temuai datai ialah jenis tarian daerah Kalimantan Barat yang berasal dari suku Dayak Iban. Nama tarian ini menggunakan bahasa sub etnis Dayak Iban yang berupa bahasa Dayak Mualang. Makna ajat temuai datai sendiri ialah proses bersyukur karena telah datang tamu atau temuai di tanah Kalimantan kepada Sang Pencipta.

11 Tari Daerah Kalimantan Barat Beserta Penjelasannya Lengkap
Tari Ajat Temuai Datai

Tari Ajat Temuai Datai ini merupakan jenis tari Kalimantan Barat yang berguna sebagai bentuk penyambutan para tamu. Tarian tersebut sekarang ini masing ditarikan saat menyambut kunjungan wisatawan atau tamu kenegaraan yang menuju Kampung Dayak Mualang. Tarian ini pada zaman dahulu mempunyai makna yang sakral dikarenakan pelaksanaan peperangan dulu sering dilakukan oleh para penduduk.

Tari Monong/Tari Balian/Tari Manang

Jenis tari daerah Kalimantan Barat selanjutnya ialah tari monong atau tari balian atau tari manang. Tari Manang ialah tarian sakral yang berasal dari suku Dayak Kalimantan. Biasanya jenis tari Kalimantan Barat ini dipentaskan dalam upacara adat Bemanang atau Balian. Tarian tersebut berfungsi untuk tarian yang menyembuhkan. Tari Balian bertujuan untuk membuat pengaruh roh jahat menjadi hilang yang menyebabkan munculnya sial, meninggal maupun penyakit. 

11 Tari Daerah Kalimantan Barat Beserta Penjelasannya Lengkap
Tari Monong

Baca juga : Pengertian Perubahan Kebudayaan Beserta Faktornya Lengkap

Dari penjelasan ini dapat terlihat jelas bahwa tarian tersebut berguna sebagai tarian penangkal penyakit, penyembuh sampai penolak. Dengan begitu kesehatan tubuh dapat kembali sembuh. Terkadang penari yang menarikan tarian tersebut berperan sebagai dukun untuk membaca jampi jampi menggunakan bahasa Dayak.

Tari Perang

11 Tari Daerah Kalimantan Barat Beserta Penjelasannya Lengkap
Tari Perang

Jenis tari daerah Kalimantan Barat selanjutnya ialah tari perang. Kalimantan ialah provinsi yang mempunyai pendatang dengan jumlah cukup banyak. Penduduk suku Dayak kebanyakan memilih untuk mempertahankan hidupnya di pedalaman. Maka dari itu suku suku tersebut menjadi terisah menjadi beberapa sub sub etnis. Pemisahan ini menyebabkan keanekaragaman suku yang menciptakan peperangan diantaranya. Untuk itulah tarian Kalbar tersebut dinamakan dengan tari perang. Tari Kalbar ini memiliki makna untuk menciptakan jiwa keperkasaan dan kejantanan dalam melakukan peperangan.

Tari Pedang Mualang

Jenis tarian daerah Kalimantan Barat selanjutnya ialah tari pedang mualang. Tarian ini dipentaskan secara tunggal untuk menghibur. Biasanya pementasan ini dilakukan dibeberapa event seperti dalam acara pesta penen padi (Gawai Dayak), pesta pernikahan (Gawai Belaki Dayak) dan sebagainya. Tari pedang mualang termasuk dalam jenis tarian atraktif menggunaan properti saat ditarikan seperti pedang.

Berdasarkan sejarah yang tersedia, tarian pedang mualang dianggap oleh masyarakat sebagai tarian kesatria yang bertujuan untuk mendapatkan kepercayaan dan rasa semangat dalam berperang. Tarian jenis ini pada ummnya ditarikan menggunakan iringan tebah tradisional Kalimantan Barat berupa tebah Undup Bayur.

Tari Kondan

Jenis tari daerah Kalimantan Barat selanjutnya ialah tari kondan. Tari Kondan ialah tari tradisional Kalimantan Barat yang mempunyai beberapa gerakan dengan makna berbeda. Hal ini dikarenakan jenis tarian tersebut tidak semuanya terkenal. Adapula yang menyebut bahwa gerakan yang dilakukan masih banyak bersifat kaku atau belum diketahui. Pementasan tarian Kalimantan Barat tersebut terdapat dalam beberapa event seperti adat istiadat, keagamaan dan pernikahan. Tarian ini bahkan mengandng misterinya sendiri. Misteri dalam gerakan gerakannya dapat diketahui, namun maknanya masih membingungkan dan belum diketahui.

Baca juga : Jenis Jenis Transmigrasi Beserta Tujuan dan Dampaknya Terlengkap

Tari Pingan

Jenis tarian Kalimantan Barat selanjutnya ialah tari pingan. Tari pingan ialah tari Kalimantan Barat yang merupakan ciri khas suku Dayak untuk ditarikan tunggal. Pementasan tarian ini pada umumnya terdapat dalam acara tradisional untuk menghibur penonton. Acara tersebut dapat berupa pesta pernikahan (Gawai Belaki Bini), panen padi (Gawai Dayak) dan lain lain.

11 Tari Daerah Kalimantan Barat Beserta Penjelasannya Lengkap
Tari Pingan

Kata pingan maknanya ialah piring yang berasal dari batu ataupun tanah liat. Untuk itu tarian Kalimantan Barat ini menggunakan properti berupa piring. Tari Pingan dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu Tari Pingan Indu’ dan tari Pingan Laki Laki. Jenis tarian tersebut merupakan pengadopsian dari gerakan silat tradisional sehingga dianggap lebih atraktif. Biasanya para penari tari pingan memegang dua piring beling putih atau piring batu dan sepasang cincin yang berasal dari timah atau tembaga. 

Tari Kinyah Uut Danum

Jenis tari daerah Kalimantan Barat selanjutnya ialah tari kinyah uut danum. Jenis tari tradisional Kalimantan Barat ini digunakan untuk melatih keberanian. Maka dari itu dalam tarian ini terdapat gerakan bela diri didalamnya. Tari kinyah uut danum berasal dari sub suku Dayak Uut Danum, Kalimantan Barat. Tarian tersebut digunakan untuk membuat fisik sebelum beraktivitas mengayau menjadi lebih siap. Mengayau sendiri dapat diartikan sebagai tradisi untuk memburu kepala musuh. Pada umumnya tarian ini pada zaman dahulu dilakukan oleh suku Dayak. 

Tari Jonggan

Jenis tari Kalimantan Barat selanjutnya ialah tari jonggun. Tari Jonggun ialah tarian Kalimantan Barat yang berasal dari suku Dayak Kanayant. Pengambilan nama jonggun ini berasal dari Bahasa Dayak yang maknanya joget atau menari. Maksud yang dimiliki oleh tarian ini ialah untuk menggambarkan suka cita dan kebahagiaan yang dirasakan oleh masyarakat Dayak. Pada umumnya tarian jonggun dilakukan untuk menghibur dan biasanya terdapat dalam upacara adat. Tari jonggun berfungsi untuk mencari edukasi, jodoh dan kenikmatan seni bagi masyarakat yang menontonnya.

Tarian Bopureh

Jenis tari daerah Kalimantan Barat selanjutnya ialah tari bopureh. Tari Bopureh ialah tari kreasi yang menceritakan tentang kisah seorang gadis mencintai pemuda namun dihalangi oleh adat. Asal dari seorang pria ini ialah dari suku Dayak Jangkan dan seorang gadis itu asalnya dari Kanayan. Tarian ini memiliki silsilah berupa pemisahan tali kasih pada dua sejoli.

Tarian bopureh memiliki unsur estetika di dalamnya. Unsur tersebut berasal dari pakaian adat penari Bopureh yang berasal dari suku Dayak. Selain itu para penari pria juga mengenakan mahkota burung Tingang yang dijadikan sebagai ciri khas tarian tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa tari daerah Kalimantan Barat. Tarian Kalimantan Barat ini merupakan salah satu keanekaragaman budaya Indonesia yang perlu kita lestarikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *