Ciri Ciri Pasar Persaingan Sempurna Beserta Pengertian dan Contoh

Diposting pada

Ciri Ciri Pasar Persaingan Sempurna Beserta Pengertian dan Contoh – Apakah anda tahu apa pengertian pasar persaingan sempurna itu? Apa saja contoh pasar persaingan sempurna? Pasar secara umum dapat diartikan sebagai tempat antara pedagang (penjual) bertemu dengan pembeli sehingga kesempatan harga dapat dibentuk oleh keduanya. Apakah anda tahu apa saja bentuk pasar itu? Pasar berdasarkan bentuknya dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu Perfect Competition Market (Pasar Persaingan Sempurna) maupun Pasar Persaingan Tidak Sempurna. Kedua jenis pasar ini pada dasarnya berbeda, mulai dari segi pengertian, ciri ciri, maupun contohnya.

Apa pengertian pasar persaingan sempurna itu? Apa saja ciri ciri pasar persaingan sempurna? Apa saja contoh pasar persaingan sempurna? Pasar persaingan sempurna adalah sebuah pasar yang memiliki permintaan, dimana kekuatan penawarannya bergerak secara bebas. Selain itu adapula definisi pasar persaingan sempurna yaitu jenis pasar dimana harganya tidak dapat dipengaruhi oleh penjual ataupun pembelinya. Untuk itu dipasar persaingan sempurna tersebut terdapat harga yang benar benar hasil interaksi dan kesepakatan permintaan maupun penawaran. Hal ini tentunya tidak sama dengan jenis pasar persaingan tidak sempurna.

Ciri Ciri Pasar Persaingan Sempurna Beserta Pengertian dan Contoh
Bentuk Pasar Persaingan Sempurna

Terbentuknya permintaan tersebut pada dasarnya menggambarkan keinginan dari konsumennya, sedangkan keinginan produsennya dicerminkan dari adanya penawaran tersebut. Penjual dan pembeli dalam pasar persaingan sempurna pada dasarnya tidak memiliki kemampuan untuk mempengaruhi harga pasar. Hal ini dikarenakan penjual dan pembeli memiliki ikatan batin untuk mengetahui informasi dan struktur dalam pasar persaingan sempurna tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang ciri ciri pasar persaingan sempurna beserta pengertian pasar persaingan sempurna dan contoh pasar persaingan sempurna. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Ciri Ciri Pasar Persaingan Sempurna Beserta Pengertian dan Contoh

Pengertian pasar persaingan sempurna ialah pasar yang sangat banyak jumlah pembeli dan penjualnya dengan berbagai jenis produk untuk dijual, sehingga jenis yang dimiliki serupa dan sama. Dalam pasar persaingan sempurna tersebut terdapat bentuk barang yang dijual seperti gandum, kentang, beras, batu bara, dan sebagainya. Dalam pasar persaingan sempurna tersebut terdapat harga yang tidak dapat dipengaruhi oleh pembeli dan penjualnya sehingga dipasar tersebut terdapat harga yang benar benar berasal dari hasil interaksi dan kesepakatan permintaan dengan penawarannya. 

Baca juga : 5 Tokoh Kebangkitan Nasional dan Peran Terlengkap

Konsumen memiliki keinginan yang dapat berbentuk permintaan, sedangkan produsen memiliki keinginan yang berbentuk penawaran. Dalam pasar persaingan sempurna terdapat struktur yang paling sempurna dan apabila proses produksi jasa atau barangnya dijalankan, maka akan memperoleh jaminan sehingga lebih sempurna daripada jenis pasar persaingan lainnya. Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai ciri ciri pasar persaingan sempurna dan contoh pasar persaingan sempurna. Berikut penjelasan selengkapnya:

Ciri Ciri Pada Pasar Persaingan Sempurna

Setelah menjelaskan tentang pengertian pasar persaingan sempurna, selanjutnya saya akan membagikan ciri ciri jenis pasar persaingan ini. Pasar persaingan sempurna memiliki ciri ciri di dalamnya yaitu meliputi:

Memiliki Banyak Pembeli dan Penjual
Pasar persaingan sempurna memang memiliki banyak pembeli dan penjual sehingga kondisi pasarnya tidak dapat dipengaruhi oleh pembeli dan penjualnya karena jika dilihat dari unsur pasar secara keseluruhan maka mereka hanya termasuk sebagian kecil saja. Pembeli dan penjual saling berinteraksi untuk mengikuti harga di pasar tersebut sehingga harga tersebut memiliki sifat tetap berapapun jumlah penjualan barangnya. Hal ini dikarenakan harga pasarnya ditentukan oleh mekanisme pasar dengan cara interaksi antara penawaran dan permintaan dalam masyarakat.

Adanya Kebebasan Menutup dan Membuka Perusahaan
Ciri ciri pasar persaingan sempurna selanjutnya yaitu adanya kebebasan menutup dan membuka perusahaan. Maka dari itu perusahaan tidak memiliki halangan untuk memulai suatu bisnis baru apabila menguntungkan, namun apabila merugikan maka perusahaan tersebut dapat menutupnya. Hal ini berbeda dengan keterikatan surat perjanjian dalam menutup dan membuka pasarnya.

Barang yang Diperjualbelikan Bersifat Homogen
Barang yang dihasilkan oleh perusahaan dapat menggantikan barang produksi perusahaan lain disemua aspek sehingga produk tersebut tidak dapat dibedakan atau identik. Dengan kata lain meskipun pembeliannya dilakukan melalui perusahaan, maka kuantitas dan kualitas produknya memiliki kemungkinan besar sama dengan perusahaan yang lainnya.

Baca juga : Perbedaan Diskusi dan Musyawarah Beserta Penjelasannya

Pengetahuan yang Dimiliki Pembeli dan Penjual Cukup Sempurna
Ciri ciri pasar persaingan sempurna selanjutnya yaitu pengetahuan yang dimiliki pembeli dan penjual cukup sempurna. Pengetahuan tersebut digunakan untuk mengetahui kondisi pasar seperti memberlakukan harga di pasar tersebut untuk masing masing perusahaan. Dalam kondisi ini terdapat pengetahuan yang menyebabkan beberapa hal seperti:

  • Sepenuhnya menggunakan semua sumber daya agar keuntungan yang dihasilkan dapat maksimal.
  • Tidak ada produsen yang melakukan penjualan barang, dimana harganya kurang dari harga pasarnya.
  • Tidak ada konsumen yang melakukan pembelian barang, dimana harganya lebih besar dibandingkan harga pasarnya.

Cukup Sempurna Perpindahan Sumber atau Mobilitas Ekonominya
Apabila terjadi perpindahan fakor produksi atau sumber daya dari satu tempat menuju tempat lain, maka sedikitpun tidak ada kesulitan di dalamnya. Hal ini dikarenakan adanya persamaan di semua tempat seperti metode penjualan sampai pembuatan dari pembeli.

Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Setelah menjelaskan tentang pengertian pasar persaingan sempurna dan ciri ciri pasar persaingan sempurna tersebut. Selanjutnya saya akan membagikan contoh pada pasar persaingan sempurna. Berikut contohnya yaitu:

Pasar Beras
Di Indonesia pada dasarnya terdapat kebutuhan pokok yang berupa beras. Contoh yang paling mendekati pasar persaingan sempurna yaitu pasar beras ini. Jumlah pembeli dan penjual yang terdapat dalam pasar beras tersebut pada dasarnya sama banyak. Kemudian harga pasarnya juga tidak dapat dipengaruhi oleh pembeli dan penjualnya. Walaupun kualitas dan mutunya berbeda, namun pasar beras ini memiliki sifat yang berbentuk homogen karena perbedaan harganya saling mengiringi. Dalam pasar beras terdapat pembentukan harga yang berasal dari hasil penawaran dari permintaan berasnya.

Pasar Sayur
Contoh pasar persaingan sempurna selanjutnya yaitu pasar sayur. Contoh pasar tersebut disesuaikan dengan ciri ciri pasar persaingan sempurna yang ada. Jumlah pembeli dan penjual sayur pada dasarnya sama banyak. Harga pasar yang dimiliki oleh komoditas sayur pada dasarnya dipengaruhi oleh penjualnya. Untuk itu jumlah interaksi permintaan dan penawaran pasarnya dapat menentukan harga sayur tersebut. Penjualan barang tersebut homogen seperti sayur sayuran. 

Pasar Buah
Pasar buah tersebut pada dasarnya memiliki konsep yang hampir sama dengan pasar buah tersebut. Pembentukan harga buah pada dasarnya berasal dari mekanisme pasar melalui penawaran dan permintaan. Tetapi pada pasar buah terdapat struktur dan mekanisme yang telah mendekati unsur pasar persaingan sempurna tersebut.

Contoh Pasar Persaingan Sempurna Lainnya

  • Pasar Gandum
  • Pasar Kentang
  • Bursa Efek (Pasar Modal)

Demikianlah penjelasan mengenai ciri ciri pasar persaingan sempurna beserta pengertian pasar persaingan sempurna dan contoh pasar persaingan sempurna. Pasar persaingan sempurna merupakan pasar yang sangat banyak jumlah pembeli dan penjualnya dengan berbagai jenis produk untuk dijual, sehingga jenis yang dimiliki serupa dan sama. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *