Pengertian dan Operasi Bilangan Cacah

Diposting pada

Pengertian dan Operasi Bilangan Cacah – Dalam pelajaran matematika terdapat beberapa jenis bilangan seperti bilangan cacah, bilangan asli, bilangan prima dan sebagainya. Setiap bilangan memiliki pengertian dan operasi bilangan yang berbeda beda. Seperti halnya bilangan cacah ini. Pengertian bilangan cacah dan operasi pada bilangan cacah berbeda dengan jenis bilangan lain. Namun anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan bilangan ini.

Ketika dibangku sekolah, para siswa telah diajarkan mengenai bilangan cacah beserta hal hal yang terkait didalamnya. Hal hal yang dimaksud ialah pengertian bilangan cacah dan operasi bilangan cacah. Bilangan cacah memiliki karakteristik atau ciri ciri di dalamnya. Karakteristik yang dimaksud bertujuan agar para siswa tidak keliru untuk membedakannya dengan jenis bilangan Matematika lainnya.

Pengertian dan Operasi Bilangan Cacah
Bilangan Cacah

Apa bilangan cacah itu? Bagaimana pengoperasiannya? Bilangan cacah merupakan salah satu jenis bilangan dalam matematika. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pengertian bilangan cacah dan operasi bilangan cacah. Anda dapat membaca artikel ini sampai habis agar materi bilangan cacah tersebut dapat dipahami.

Pengertian dan Operasi Bilangan Cacah

Terdapat sebagian orang yang kesulitan dalam mengetahui nama bilangan dalam matematika. Maka dari itu untuk membantu anda mengetahui penjelasan mengenai bilangan cacah, telah saya sajikan lengkap dalam artikel ini.

Bilangan cacah merupakan satu dari sekian jenis bilangan Matematika yang mudah untuk dipahami. Hal ini dikarenakan bentuk bilangan cacah itu sendiri cukup sederhana dan tidak terlalu rumit. Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai pengertian bilangan cacah dan operasi bilangan cacah yaitu meliputi:

Baca juga : Rumus Luas dan Volume Tabung Beserta Cara Menghitungnya

Pengertian Bilangan Cacah

Bilangan cacah dapat diartikan sebagai suatu bilangan yang bermula dari angka nol (0) dan akan bertambah satu bilangan dari bilangan sebelumnya. Bilangan cacah dapat disebut himpunan bilangan bulat yang tidak negatif atau himpunan bilangan asli yang ditambah angka nol. Untuk lebih memahami lagi mengenai bilangan cacah, berikut contoh bilangan cacah :

Bilangan Cacah = {0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,….}

Operasi Bilangan Cacah

Dalam bilangan cacah terdapat beberapa pengoperasian bilangan tersebut. Operasi pada bilangan cacah tersebut meliputi penjumlahan bilangan cacah, pengurangan bilangan cacah, perkalian bilangan cacah dan pembagian bilangan cacah.

Operasi Penjumlahan Bilangan Cacah
Operasi pada bilangan cacah yang pertama ialah operasi penjumlahan. Operasi penjumlahan bilangan cacah dapat dibagi menjadi beberapa sifat yaitu :

  1. Penjumlahan Komulatif, misalnya x + y = y + x.
  2. Penjumlahan Asosiatif, misalnya (x + y) + z = x + (y + z).
  3. Terdapat unsur Identitas yaitu nol (0).
  4. Penjumlahan tertutup yaitu penjumlahan yang terjadi antara dua bilangan cacah dan akan menghasilkan bilangan cacah juga.

Operasi Pengurangan Bilangan Cacah
Operasi bilangan cacah selanjutnya ialah operasi pengurangan. Untuk operasi pengurangan dalam bilangan cacah memiliki sifat berkebalikan. Misalnya a – b = c sama dengan b + c = a. Maka dari itu operasi ini memiliki kesamaan dengan sifat dalam operasi penjumlahan.

Baca juga : Menentukan Nilai Rata Rata Diagram Batang

Operasi Perkalian Bilangan Cacah
Operasi pada bilangan cacah selanjutnya ialah operasi perkalian. Operasi perkalian bilangan cacah ialah operasi penjumlahan yang mengulang bilangan cacah yang dikalikan tadi. Contohnya :

  • 2 x 3 = 2 + 2 + 2
  • 4 x 5 = 4 + 4 + 4 + 4 + 4
  • 2 x 5 = 2 + 2 + 2 + 2 + 2

Operasi bilangan cacah ini memiliki beberapa sifat seperti :

  1. Perkalian komutatif, misalnya a x b = b x a.
  2. Perkalian asosiatif, misalnya (a x b) x c = a x (b x c).
  3. Perkalian distributif, misalnya a x (b + c) = (a x b) + (a x c) atau a x (b – c) = (a x b) – (a x c)
  4. Terdapat unsur Identitas yaitu 1, misalnya a x 1 = a dan b x 1 = b.
  5. Untuk semua bilangan cacah yang dikalikan dengan nol akan menghasilkan bilangan nol juga.

Operasi Pembagian Bilangan Cacah
Operasi pada bilangan cacah yang terakhir ialah operasi pembagian. Operasi pembagian bilangan cacah memiliki sifat yang berkebalikan dengan operasi perkalian. Misalnya a : b = c menjadi b x c = a. Untuk bilangan cacah yang dibagi dengan nol akan menghasilkan angka tak terhingga karena tidak dapat didefinisikan. Sedangkan jika angka nol dibagi bilangan cacah akan menghasilkan angka nol juga.

Inilah penjelasan mengenai pengertian bilangan cacah dan operasi bilangan cacah. Bilangan cacah memuat beberapa operasi seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu anda dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Merasionalkan Penyebut Pecahan Bentuk Akar Beserta Contoh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.