Cara Mudah Menghitung KPK Beserta Contoh Soal Terlengkap

Diposting pada

Cara Mudah Menghitung KPK Beserta Contoh Soal TerlengkapKPK atau Kelipatan Persekutuan Kecil ialah bilangan paling kecil yang dapat membagi habis oleh dua bilangan atau lebih tersebut. Cara menghitung KPK berkebalikan dengan cara menghitung FPB atau Faktor Persekutuan Besar dalam Matematika. Contoh soal KPK biasanya sering digunakan sebagai materi untuk ujian sekolah, baik dalam tingkat Sekolah Dasar ataupun Sekolah Menengah Pertama.

KPK pada umumnya dapat diselesaikan dengan mudah. Penyelesaian KPK ini hampir sama dengan penyelesaian FPB. Hanya saja dalam KPK yang dicari ialah kelipatan terkecilnya, sedangkan dalam FPB yang dicari ialah faktor terbesarnya. Seperti halnya namnya, KPK ini dapat dicari nilainya dengan menghitung kelipatan kelipatan dari bilangan bilangan yang diketahui.

Cara Mudah Menghitung KPK Beserta Contoh Soal Terlengkap
Kelipatan Persekutuan Kecil (KPK)

Pada dasarnya cara menghitung KPK selalu berkaitan dengan bilangan prima maupun faktorisasi prima. Bilangan prima ialah bilangan yang terdiri dari bilangan 1 dan bilangan itu sendiri. Contohnya 2, 5, 7, 11, dan sebagainya. Kemudian Faktorisasi prima ialah langkah penguraian bilangan hingga menjadi faktor faktor prima dari bilangan tersebut. Nah kali ini saya akan membagikan beberapa cara mudah menghitung KPK beserta contoh soal KPK. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Mudah Menghitung KPK Beserta Contoh Soal Terlengkap

Materi KPK sering kali digabungkan dengan materi FPB. Bahkan cara menyelesaikan KPK tersebut hampiur sama dengan FPB, hanya saja ada beberapa faktor yang berbeda. Apa yang dimaksud KPK itu? KPK ialah kelipatan persekutuan bilangan yang satu dengan bilangan lainnya dengan nilai yang paling kecil. KPK antara satu bilangan dengan bilangan lainnya dapat dicari menggunakan metode tertentu. Lantas bagaimana cara menghitung KPK dengan mudah?

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa cara menghitung KPK hampir sama dengan cara menghitung FPB. Cara mudah mencari KPK ialah denga menggunakan metode faktorisasi prima, metodel tabel maupun metode kelipatan persekutuan. Berikut ulasan selengkapnya:

Baca juga : Kumpulan Rumus Matematika SD Kelas 5 Beserta Contoh Soal

Metode Kelipatan Persekutuan

Cara menghitung KPK yang pertama menggunakan metode kelipatan persekutuan. Kelipatan persekutuan merupakan cara menghitung KPK dengan mudaha yaitu mencari kelipatan terkecil dari dua bilangan atau lebih tersebut.

Contoh Soal

Berapakah KPK dari  6 dan 8?

Jawab.
Contoh soal KPK ini dapat diselesaikan dengan cara seperti berikut:
Kelipatan dari 6 = {6, 12, 18, 24, 30, 36, 42, 48, … }
Kelipatan dari 8 = {8, 16, 24, 32, 40. 48, . . .}
Kelipatan persekutuannya = {24, 48, . . . }
Jadi KPK atau Kelipatan Persekutuan terkecilnya ialah 24.

Cara menghitung KPK menggunakan metode kelipatan hampir sama dengan mencari FPB menggunakan metode kelipatan. Namun dalam KPK, bilangan yang diambil ialah angka persekutuan terkecilnya. Berdasarkan contoh diatas, terdapat nilai persekutuan dari 6 dan 8 yakni 24 dan k48. Namun karena yang dicari adalah KPK atau Kelipatan Persekutuan Kecil maka diambil yang paling kecil nilainya yakni 24.

Metode Faktorisasi Prima

Cara muda menghitung KPK selanjutnya menggunakan metode faktorisasi prima. Faktorisasi prima ialah cara mencari KPK dengan mengalikan seluruh bilangan faktor dan mengambil nilai yang sama dan terkecil dari dua atau lebih bilangan tersebut. Cara ini biasanya menggunakan pohon faktor agar lebih mudah.

Contoh Soal

Hitunglah KPK dari 8, 24 dan 36!

Baca juga : Kumpulan Rumus Matematika SMP Kelas 9 Beserta Penjelasan Lengkap

Jawab.
Contoh soal KPK ini dapat diselesaikan dengan menggunakan pohon faktor seperti di bawah ini:

Cara Mudah Menghitung KPK Beserta Contoh Soal Terlengkap
Jawaban Contoh KPK Dengan Faktorisasi Prima

Faktor dari 8 = 2 x 2 x 2 = 2³
Faktor dari 24 = 2 x 2 x 2 x 3 = 2³ x 3
Faktor dari 36 = 2 x 2 x 3 x 3 = 2² x 3²
Jadi KPK dari 8, 24 dan 36 = 2³ x 3² = 72.

Cara menghitung KPK menggunakan metode faktorisasi prima hampir sama dengan mencari FPB menggunakan metode faktorisasi prima. Namun dalam KPK, bilangan yang diambil ialah angka yang pangkatnya lebih tinggi dan gabungan dari angka yang berbeda. Berdasarkan contoh diatas, terdapat nilai faktor yang sama dari 8, 24 dan 32 yakni 2 dan 3. Namun karena yang dicari adalah KPK atau Kelipatan Persekutuan Kecil maka yang diambil ialah angka yang pangkatnya paling tinggi yaitu 2³ x 3² = 72.

Metode Tabel KPK

Cara mudah menghitung KPK yang terakhir menggunakan metode tabel. Metode tabel ialah cara mencari KPK dengan menggunakan tabel persekutuan dari dua bilangan atau lebih. Cara ini hampir sama dengan metode perhitungan FPB menggunakan tabel.

Contoh Soal KPK

Tentukan KPK dari bilangan 10, 15 dan 25!

Jawab.
Untuk menghitung KPK diatas dapat menggunakan tabel seperti dibawah ini:

Cara Mudah Menghitung KPK Beserta Contoh Soal Terlengkap
Jawaban Contoh Soal KPK Metode Tabel

Jadi KPK dari 10, 15, dan 25 = 2 x 3 x 5 x 5 = 150.

Demikianlah penjelasan mengenai cara mudah menghitung KPK beserta contoh soal KPK. Cara menghitung KPK dapat dilakukan menggunakan beberapa metode yaitu metode kelipatan persekutuan, metode faktorisasi prima dan metode tabel. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu anda dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 Beserta Penjelasannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.