Pengertian dan Contoh Definisi Umum, Deskripsi Bagian, Deskripsi Manfaat

Diposting pada

Pengertian dan Contoh Definisi Umum, Deskripsi Bagian, Deskripsi Manfaat – Dalam menyusun teks yang mengandung unsur laporan, umumnya kita akan menemukan beberapa struktur seperti definisi umum deskripsi bagian dan deskripsi manfaat. salah satu contoh teks yang memiliki contoh deskripsi bagian, definisi umum dan contoh deskripsi manfaat adalah teks laporan hasil observasi yang notabennya memberikan informasi secara umum hingga mendetail dan diakhiri dengan memberikan manfaat dari observasi tersebut.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang apa itu definisi umum deskripsi bagian dan deskripsi manfaat beserta contohnya. Secara garis besar definisi umum merupakan penjelasan umum tentang suatu hal. Deskripsi bagian merupakan paragraf yang mengandung bagian bagian dari suatu objek yang tengah kita amati. Sedangkan deskripsi manfaat adalah paragraf yang mengandung manfaat objek yang tengah kita teliti. Simaklah artikel sebelumnya yang menjelaskan tentang ketiga struktur ini dalam artikel yang berjudul Teks Laporan Hasil Observasi: Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, Dan Contoh.

Pengertian dan Contoh Definisi Umum, Deskripsi Bagian, Deskripsi Manfaat
Definisi umum deskripsi bagian deskripsi manfaat

Lalu bagaimana cara membuat definisi umum, cara membuat deskripsi bagian serta cara membuat deskripsi manfaat dengan cepat? Untuk membuat ketiga bagian ini kita harus mengerti terlebih dahulu tentang objek yang tengah kita amati. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel dibawah ini.

Pengertian dan Contoh Definisi Umum, Deskripsi Bagian, Deskripsi Manfaat

Pada umumnya definisi umum, deskripsi bagian dan deskripsi manfaat adalah ketiga hal yang berbeda. Dari unsur arti saja sudah berbeda, maka dari itu contoh didalamnyapun berbeda. Suatu objek pada umumnya dapat didefinisikan menjadi beberapa unsur. Misalnya didefinisikan secara umum, bagian maupun manfaat. Definisi definisi tersebut sebenarnya termasuk dalam teks laporan.

Apa yang dimaksud definisi umum itu? Apa yang dimaksud definisi bagian? Apa yang dimaksud definisi manfaat? Dalam artikel ini kita akan mempelajari struktur teks laporan (definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat) yang meliputi pengertian, cara membuat, dan contoh dari masing masing bagian tersebut.

Definisi Umum

Pengertian definisi umum adalah paragraf yang memberikan penjelasan tentang objek yang tengah diamati secara rinci dan detil. Cara membuat definisi umum dapat dilakukan dengan menjelaskan nama umum objek, memberikan sedikit penjabaran, dan memberikan imbuhan nama latin. Contoh definisi umum seperti “Teratai merupakan tanaman yang hidup di lingkungan berair. Tanaman ini berasal dari keluarga nymphaceae. Dalam bahasa inggris tanaman ini umum disebut sebagai lillywater”.

Deskripsi Bagian

Pengertian deskripsi bagian adalah suatu paragraf yang memberikan informasi tentang bagian bagian dari objek yang tengah kita amati. Cara membuat deskripsi bagian yang baik dan benar adalah dengan menceritakan bagian bagian objek tersebut, maka dari itu kita harus paham tentang objek yang kita amati terlebih dahulu. Contoh deskripsi bagian seperti “Tumbuhan teratai sendiri terdiri dari akar, batang, daun dan bunga”.

Deskripsi Manfaat

Pengertian deskripsi manfaat adalah paragraf yang mengandung manfaat manfaat dari objek penelitian yang disusun sedemikian rupa hingga membentuk struktur tentang manfaat. Cara membuat deskripsi manfaat yang baik dan benar adalah dengan menyusun strukturnya terlebih dahulu mulai dari yang terkecil hingga terbesar. Contoh deskripsi manfaat adalah sebagai berikut “Selain berfungsi sebagai bahan baku pembuatan keju, susu juga dapat diminum langsung untuk melancarkan pencernaan karena didalam susu terkandung bakteri yang baik untuk pencernaan manusia. Tidak hanya itu, susu juga tinggi akan kalsium yang berguna untuk proses perkembangan tulang”.

Baca Juga  5 Contoh Teks Editorial (Opini) Singkat Beserta Strukturnya

Dalam beberapa kasus, penulisan struktur tersebut dapat disusun secara acak seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya dalam artikel yang berjudul 8 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat (Laporan Hasil Observasi Dan Strukturnya).

Contoh Definisi Umum Deskripsi Bagian Deskripsi Manfaat

Kali ini kita akan mempelajari contoh contoh ketiga bagian diatas dalam implementasi sebuah teks laporan. Untuk lebih jelasnya simaklah contoh laporan dibawah ini.

Pengertian dan Contoh Definisi Umum, Deskripsi Bagian, Deskripsi Manfaat
Definisi, Bagian dan Manfaat Tumbuhan Kelapa

Contoh Definisi Umum

Cocos nucifera atau umum disebut pohon kelapa (pohon nyiur), merupakan tanaman tunggal dalam keluarga cocos yang berasal dari klasifikasi arecaceae. Pohon ini mampu tumbuh hingga mencapai tinggi 31 meter dengan diameter batang yang tidak menentu. Sedangkan kelapa merupakan nama untuk buah yang dihasilakn dari pohon ini. Tumbuhan ini disebut sebagai tumbuhan seribu manfaat karena banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Selain itu, yang menjadi nilai lebih dari tumbuhan ini adalah tunasnya yang dijadikan sebagai lambang pramuka Indonesia. Tumbuhan ini diprediksi berasal dari asia dan pesisir samudera hindia.

Contoh Deskripsi Bagian

Tumbuhan ini tersusun dari buah (kelapa), batang, akar dan pelepah. Buah tumbuhan ini (kelapa) sendiri terdiri dari daging buah, kulit daging, tempurung buah, sabut, hingga kulir luar kelapa, selain itu kelapa juga mengandung air ditengah buahnya. Pohon ini dapat dengan mudah kita temukan pada negara dengan iklim tropis seperti Indonesia.

Contoh Deskripsi Manfaat

Kelapa disebut sebagai tumbuhan seribu manfaat bukan tanpa alasan. Hal ini disebabkan memang seluruh bagian tumbuhan ini dapat dimanfaatkan mulai dari batang hingga pelepahnya sekalipun. Buah kelapa sendiri diteliti dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti luka bernanah, kolera, disentri, TBC hingga waasir. Selain itu air serta daging buah kelapa juga bagus untuk pencernaan sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengobati keracunan. Batang pohonnya dapat digunakan sebagai bahan bangunan, pelepahnya dapat dimanfaatkan untuk membuat janur, kulit ketupat, maupun dibakar ketika kering, lidinya pun juga dapat dimanfaatkan untuk membuat sapu.

Itulah Pengertian dan Contoh Definisi Umum, Deskripsi Bagian, Deskripsi Manfaat yang dapat saya sampaikan. Perlu kita ingat bahwa untuk membuat deskripsi bagian, deskripsi manfaat maupun definisi umum, sebelumnya kita harus mempelajari dan mengamati objek terlebih dahulu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

3 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.