Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri – Ciri, Struktur, dan Contoh Teks Eksplanasi

Diposting pada

Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri – Ciri, Struktur, dan Contoh Teks Eksplanasi – Eksplanasi adalah jenis teks yang mengandung sebuah penjelasan secara detail, rinci, dan lengkap dari suatu hal. Seperti halnya teks pada umumnya, di dalam teks ekspalani terdapat berbagai aspek dan faktor-faktor seperti struktur, ciri-ciri dan contoh. Setelah sebelumnya saya menulis beberapa pengertian serta contoh teks bahasa indonesia secara umum. kali ini saya akan membahas lengkap materi teks eksplanasi yang mencakup pengertian, struktur teks eksplanasi, ciri – ciri teks eksplanasi dan contoh teks eksplanasi itu sendiri.

Dalam konteks pendidikan materi teks eksplanasi mulai diajarkan pada siswa ketika menginjak bangku sekolah menengah. Topik bahasan terkait pengertian, contoh teks eksplanasi, ciri-ciri, serta struktur teks eksplanasi pun dapat kalian baca dari buku pedoman.

Meski sajian materi di buku pedoman bahasa indonesia dan penjelasan guru sudah lengkap. Tapi faktanya masih banyak siswa kesulitan ketika menjawab soal ujain berkenaan dengan materi tersebut. Berdasarkan kasus inilah saya memutuskan untuk membahas lebih dalam tentang apa itu teks eksplanasi lengkap dengan contoh teks di dalamnya.

Penjelasan yang mencakup pengertian, kaidah, maupun struktur teks eksplanasi bisa kita temukan dalam buku pelajaran maupun LKS yang telah disediakan oleh sekolah. Sedangkan contoh teks eksplanasi dapat anda temukan pada media cetak seperti majalah, koran dan lain sebagainya. Pentingnya mempelajari materi teks eksplanasi pun juga telah dirumuskan dalam silabus dan disahkan oleh dinas pendidikan terkait.

Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri – Ciri, Struktur, dan Contoh Teks Eksplanasi

Para ahli sepakat bahwa teks eksplanasi sejatinya berasal dari bahasa inggris yakni “explanation” yang memiliki arti menjelaskan. Berdasarkan kamus besar bahasa indonesia, pengertian teks eksplanasi adalah sebuah teks yang didalamnya berisikan proses proses yang berhubungan erat dengan fenomena alam, ilmu pengetahuan, sosial dan budaya. Teks eksplanasi sendiri disusun dan memiliki kerangka yakni pembukaan, penjelasan atau inti dari eksplanasi itu sendiri, dan penutup.

Jenis bacaan satu ini sebenarnya sudah sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Hanya saja sebagian siswa kurang peka karena tak bisa mengidentifikasi setiap unsur dari teks itu sendiri. Sebagai contoh ketika pelajaran geografi guru meminta kalian membaca proses terjadinya hujan. Tanpa sadar kalian sudah membaca teks dengan gaya penulisan eksplanasi.

Dalam artikel ini saya akan lebih condong membahas serta mempelajari pengertian dan contoh teks eksplanasi itu sendiri. Tidak hanya pengertian dan contoh, namun kita juga akan mempelajari ciri-ciri teks eksplanasi, dan juga struktur teks eksplanasi sebagai tambahan informasi.

Sebelumnya telah saya terangkan bahwa teks eksplanasi memiliki pengertian sebagai bacaan yang bersifat memberi penjelasan tentang suatu fenomena atau kejadian-kejadian. Tersusun dari pembukaan, isi teks eksplanasi, dan penutup sama seperti kebanyakan teks pada umumnya. Namun untuk lebih jelasnya lagi simaklah kelanjutan artikel dibawah ini.

Pengertian Teks Eksplanasi

Pernahkah kalian membaca teks yang memberi penjelasan dari suatu topik? Misalnya proses terjadinya banjir, terbentuknya awan, dan lain sebagainya. inilah gambaran seperti apa itu teks eksplanasi dalam koteks kehidupan nyata. Faktanya, kalian bisa menjumpai gaya penulisan yang menyajikan informasi lengkap tersebut di berbagia media. Surat kabar ataupun majalah misalnya yang biasaya berisi penjelasan ataupun proses dari suatu topik.

Teks ekspalanasi berasal dari kata “explain” yang artinya jelaskan, maka dapat disimpulkan bahwa pengertian teks eksplanasi adalah teks yang didalamnya berisi penjelasan atau proses-proses bagaimana dan mengapa dari sebuah topik yang berkaitan dengan suatu kejadian atau lingkungan sekitar dalam kehidupan sehari-hari.

Teks Eksplanasi, Pengertian, Ciri-ciri, Contoh, Dan Struktur

Tanpa kita sadari semua fenomena yang terjadi disekitar kita memiliki hubungan sebab dan akibat dalam setiap prosesnya. Disamping merasakan fenomena tersebut, kita juga harus menganalisa dan mencermati apa sebab dan akibat yang terjadi. Maka dari itu untuk mengidentifikasi sebuah teks eksplanasi maka kita harus mengetahui pengertian teks eksplanasi itu sendiri secara jelas.

Artikel Terkait : Jenis-jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia, Pengertian, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian teks eksplanasi adalah sebuah teks yang berisikan informasi lengkap tentang suatu kejadian. Informasi tersebut disusun berdasarkan kronologi sebab akibat. Tujuan dibuatnya teks eksplanasi adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca secara terperinci. Informasi tersebut disusun berdasarkan kronologi khusus sehingga pembaca mudah untuk memahaminya.

Ciri dan Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Kaidah dan ciri-ciri merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Ciri-ciri teks eksplanasi bisa ditandai dengan melihat kaidah kebahasaannya. Lantas seperti apa kaidah kebahasaan teks eksplanasi tersebut? Apakah sama seperti teks lainya? tentu saja berbeda.

Dalam beberapa kasus siswa pun juga sering mengeluh kesulitan ketika diminta menyebutkan kaidah kebahasaan jenis teks satu ini. Padahal semua penjelasan terkait kaidah, ciri, serta struktur teks eksplanasi bisa kita baca di buku pedoman Bhs Indonesia. Kurangnya model serta contoh bacaan menjadi penyebab utama dari kesulitan siswa.

Ada beberapa ciri-ciri yang dapat membantu kita mengidentifikasi apakah sebuah teks termasuk dalam teks eksplanasi ataupun tidak. Hal ini telah saya rangkum dalam ciri kaidah kebahasaan teks eksplanasi. Sebuah bacaan dapat dikatakan sebagai teks eksplanasi jika memiliki kriteria dibawah ini:

  1. Informasi yang terkandung didalam teks bersifat fakta dan bukan merupakan rekayasa.
  2. Informasi yang disampaikan adalah informasi ilmiah atau real yang mengandung pengetahuan dan bukan merupakan karangan atau fiksi.
  3. Memiliki sifat yang informatif dan membujuk pembacanya.
  4. Diawali dengan pernyataan umum, urutan sebab dan akibat, dan terdapat interpretasi.

Struktur Teks Eksplanasi

Sudah menjadi tugas kita untuk menghafal apa saja struktur teks eksplanasi bahasa indonesia. Pasalnya, tak jarang materi tersebut muncul sebagai butir soal ujian yang menyulitkan. Kurangnya pembahasan mendalam juga menjadi penyebab utama mengapa siswa tak mampu menjawab pertanyaan demikian.

Sekilas struktur teks eksplanasi memang tak bisa dibedakan dengan text deskripsi maupun eksposisi. Mengapa demikian? karena ketiganya memiliki unsur yang sama yakni menyajikan informasi tentang suatu topik secara mendalam. Tapi, jika suatu bacaan dibedah maka kita akan menemukan beberapa perbedaan signifikan.

Misalnya contoh teks eksplanasi akan selalu diawali dengan penjelasan umum terlebih dahulu. Setelahnya, maka akan diserta deretan penjelas untuk mendukung penjelasan umum sebelumnya. Sedangkan bagian akhir berisi interpretasi yang notabenya berisi pendapat dari sang penulis.

Ketiga unsur di atas telah saya rangkum dan akan saya jabarkan pada sesi ini. Nah, Bacaan eksplanasi bisa dikatakan baik dan benar jika memiliki struktur sebagaimana mestinya. berikut adalah struktur teks eksplanasi yang benar terdiri dari:

  1. Pernyataan Umum adalah bagian pertama dari teks eksplanasi yang terdapat pada awal paragraf yang berisi tentang penyampaian topik atau permasalahan yang dibahas. Pada bagian ini berisi gambaran mengapa dan bagaimana sebuah fenomena dapat terjadi. Dalam menulis pernyataan umum harus menarik agar pembaca tertarik untuk membacanya.
  2. Deretan Penjelas berisikan tentang hubungan sebab dan akibat tentang suatu fenomena yang akan disusun berdasarkan urutan waktu.
  3. Interpretasi adalah bagian akhir atau penutup teks eksplanasi yang terdapat pada akhir paragraf dan berisi inti atau kesimpulan dari sebuah fenomena.

Ketika sudah mengetahui berbagai komponen penyusun teks eksplanasi maka saatnya kita ke level selanjutnya. Yakni menganalisa contoh teks eksplanasi singkat sesuai dengan struktur teks serta kaidah kebahasaan diatas. Untuk itu, saya telah menyediakan sedikit penggalan teks eksplanasi pendek di bawah.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat

Memahami pengertian, struktur teks eksplanasi, serta kaidah kebahasaan teks eksplanasi memang penting. Namun yang tidak kalah penting adalah mengimplementasikan ilmu yang telah kita pelajari dalam bentuk praktek. Maka dari itu dalam sesi akhir artikel ini saya telah menyediakan contoh teks eksplanasi singkat yang bisa kita analisa.

Membekali diri dengan bacaan yang membahas berbagai tema juga akan menambah wawasan kita. Untuk mempertajam pengetahuan kalian bisa mencari contoh teks eksplanasi berserta strukturnya di internet. Tapi, pada kali ini coba temukanlah struktur teks, kaidah kebahasaan, serta fungsi sosial dari bacaan eksplanasi di bawah:

Proses Terjadinya Banjir

Banjir adalah fenomana alam yang kerap terjadi di Indonesia pada saat musim penghujan seperti sekarang ini. Karena sifatnya yang merugikan maka banjir disebut sebagai bencanan alam. Banjir dapat terjadi karena meluapnya air sungai, drainase, selokan yang disebabkan tidak bisa menampung banyaknya air hujan.

Kesadaran masyarakat akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya merupakan masalah dan tantangan yang harus dihadapi karena 30% penyebab terjadinya banjir adalah pola hidup membuang sampah ke sungai yang dilakukan oleh sebagian orang. Disamping itu mulai menjamurnya masyarakat yang mendirikan rumah atau bangunan di bantaran sungai ikut menambah proses terjadinya banjir.

Secara umum terdapat dua faktor yang dapat mengakibatkan terjadinya banjir yakni faktor alam dan faktor sosial. Yang pertama adalah faktor alam seperti terjadinya hujan lebat terus menerus dan tanpa henti yang mengakibatkan meluapnya aliran sungai hingga memenuhi wilayah daratan.

Faktor kedua yakni faktor sosial. Jika berbicara tentang faktor sosial maka kita juga membicarakan pola hidup manusia. Manusia sering merusak alam dan tidak pernah perduli terhadap lingkungan menyebabkan terjadinya banjir dengan membuang sampah sembarangan disungai dan mendirikan bangunan – bangunan yang tidak semestinya di sekitar bantaran sungai.

Tumpukan sampah, pendangkalan sungai dan kurangnya daerah resapan air hujan ikut memperburuk keadaan saat musim penghujan tiba. Dengan menumpuknya sampah akan mengakibatkan aliran air tidak lancar yang nantinya air akan meluap ke pemukiman warga.

Berdasarkan pemaparan dari informasi diatas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa bencana banjir tidak semata – mata karena faktor alam saja, tetapi masih ada faktor sosial yang mana manusialah yang menjadi pelakunya. Maka dari itu, kita harus pandai-pandai dalam berinstrospeksi kenapa banjir dapat terjadi disekitar kita.

Kita bisa belajar struktur teks eksplanasi dan mencari contoh di berbagai media. Karena faktanya teks ini sering digunakan banyak orang untuk menyatakan sebuah informasi secara tertulis. Di media koran misal, gaya penulisan jurnalis sudah dipastikan menggunakan gaya eksplanasi. Namun tidak ada salahnya jika kita belajar berdasarkan kejadian di sekitar kita.

Itulah penjelasan tentang pengertian teks eksplanasi, ciri – ciri teks eksplanasi, struktur teks eksplanasi, dan contoh teks eksplanasi yang dapat saya sampaikan kali ini. Perlu kita ingat bahwa untuk mengidentifikasi apakah sebuah teks termasuk dalam eksplanasi atau tidak kita harus mengingat ciri ciri teks eksplanasi dan struktur teks eksplanasi di atas.

Baca Juga  8 Contoh Teks Eksposisi Singkat Beserta Strukturnya

3 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.