Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia (Pengertian, Jenis dan Contoh)

Diposting pada

Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia (Pengertian, Jenis dan Contoh) – Jika bicara soal jenis-jenis teks tentunya lekat kaitannya dengan pelajaran bahasa. Untuk anda yang masih dibangku sekolah tentu teks sudah menjadi bagian dari mata pelajaran sehari hari. Anda dapat menemukan berbagai macam topik bahasan teks dalam bahasa indonesia maupun bahasa inggris.

Teks sendiri adalah sebuah tulisan yang menceritakan atau memaparkan kejadian berdasarkan konteks dan tujuan dari teks tersebut. Teks terbagi menjadi berbagai jenis dan setiap jenis teks memiliki ciri-ciri yang berbeda, Dan kali ini saya akan membahas tentang jenis jenis jenis teks dalam Bahasa Indonesia lengkap dengan ciri-ciri dan struktur kalimatnya.

Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia (Pengertian, jenis dan contoh)
Jenis jenis teks bahasa indonesia

Sayangnya kebanyakan orang menganggap semua teks sama saja. Anggapan tersebut muncul karena ketidaktahuan dan rasa malas untuk mencari tau. Hal ini akhirnya pun menjadi stigma yang menempel hingga saat ini bahwa teks hanyalah sekumpulan tulisan. Padahal anggapan tersebut salah besar. Mengapa demikian? Karena menurut para ahli, teks adalah sebuah karya dengan tujuan komunikatif. Bentuk dan jenis jenis teks dalam bahasa indonesia pun juga beragam.

Ada teks yang ditujukan untuk menceritakan kejadian dan berita. Adapula jenis teks yang digunakan sebagai panduan mengerjakan sesuatu. Dari sini tentu kita semua sudah paham bahwa setiap jenis teks memiliki pengertian dan tujuan komunikatif yang berbeda beda. Maka dari itu kita akan mempelajarinya secara mendalam dalam artikel kali ini.

Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Indonesia (Pengertian, Jenis dan Contoh)

Teks merupakan media komunikatif yang saat ini masih banyak digunakan. Meskipun perkembangan teknologi sudah semakin maju namun penggunaan teks tidak akan pernah terkikis oleh jaman. Hal ini dibuktikan dengan masih beredarnya media masa dalam bentuk portal berita, majalah, poster, dan lain sebagainya.

Dalam konteks pendidikan, kita bisa menjumpai materi satu ini di semua jenjang. Ketika berada di bangku SD guru akan memberikan pengenalan dasar berupa teks deskripsi maupun prosedur. Nah, setelah beranjak ke bangku sekolah menengah kalian pun akan disuguhkan berbagai jenis bacaan lain dengan tingkat kesulitan lebih tinggi.

Ada berapa jenis teks bahasa indonesia yang diajarkan di jenjang sekolah? inilah pertanyaan yang kadang menggelitik. Karena di setiap jenjangnya siswa akan dihadapkan dengan pembahasan berbeda. Di lain sisi, kita pun tak bisa menampik fakta bahwa genre teks bacaan sendiri dapat dibagi menjadi beberapa macam sesuai unsurnya. Masing-masing memiliki pengertian, kaidah kebahasaan, dan struktur berbeda menyesuaikan fungsi sosialnya.

Sebenarnya kita bisa mengidentifikasi jenis jenis teks dalam bahasa indonesia dengan mudah selema mengetahui gaya penulisan yang dipakai. Misalnya pada paragraf eksposisi cenderung akan memaparkan informasi secara jelas. Lain cerita pada teks prosedur yang notabenya akan berisi panduan cara melakukan sesuatu. Untuk membantu kita semua mempelajari berbagai jenis teks bahasa indonesia maka simaklah artikel di bawah ini.

Ada Berapa Jenis Teks Bahasa Indonesia

Banyak orang berpendapat bahwa pengertian dari sebuah teks adalah media atau cara seseorang untuk mengungkapkan sebuah peristiwa secara komunikatif. Teks terbagi menjadi beberapa jenis dan setiap jenis memiliki ciri-ciri, struktur kalimat dan kriteria tertentu yang berbeda antara satu teks dengan yang lainnya.

Tidak semua orang mampu menjawab saat guru meminta sebutkan jenis jenis teks dalam bahasa indonesia. Mengapa demikian? sebab genrenya sendiri beragam menyesuaikan tujuan serta fungsi penulisan. Maka dari itu, saya pun coba merangkum berbagai macam teks agar mudah mempelajarinya. Jadi, pada artikel ini kalian akan mempelajari pengertian serta struktur teks apa saja? diantaranya:

  1. Teks narasi.
  2. Teks deskripsi.
  3. Teks laporan.
  4. Teks anekdot.
  5. Teks editorial.
  6. Teks tantangan.
  7. Teks ulasan.
  8. Teks cerita sejarah.

Kriteria teks bersifat objektif menyesuaikan dengan pengamatan seseorang, Untuk membedakan jenis-jenis teks yang pertama dan paling menonjol adalah dengan melihat struktur kalimatnya. Berikut adalah jenis jenis teks Bahasa Indonesia lengkap dengan pembahasan struktur kalimat dan ciri-cirinya.

Teks Narasi

Teks Narasi adalah jenis teks berupa karangan tidak nyata atau fiksi. Teks narasi biasanya menceritakan kisah yang sudah memiliki alur dan tahapan waktu berdasarkan keinginan sang penulis. Teks narasi sendiri sangat mudah untuk dikenali karena biasanya berisi cerita-cerita fiksi. Tujuan komunikatif dari teks Narasi adalah sebagai bahan bacaan atau hiburan bagi para pembacanya.

Jenis teks bahasa indonesia (Narasi)
Apa Itu Teks Narasi

Bagi saya, teks narasi memiliki keunikan tersendiri dibandingkan jenis jenis teks dalam bahasa indonesia lainnya. Mengapa demikian? Karena sifat naratifnya yang luas. Penulis bisa mengolaborasi, mengarang, dan menentukan cerita sesuai dengan kemauannya. Contoh teks narasi sendiri bisa kita temukan dalam berbagai bentuk misalnya saja novel, buku cerita rakyat, fabel, dan lain sebagainya.

Struktur Teks Narasi

Stuktur teks Narasi dapat dibagi menjadi 4 yakni Orientasi, Komplikasi, Resolusi dan Coda. Masing-masing memilki peran fungsi berbeda untuk menciptakan teks bergaya naratif yang baik. Maka dari itu, sebelum beranjak mempelajari macam macam teks bahasa indonesia lain, simaklah struktur di bawah:

  1. Orientasi : Menggambarkan tentang tokoh dan karakter, latar dan alur dari cerita tersebut.
  2. Komplikasi : Berisi tentang pengenalan konflik atau masalah yang terjadi dalam cerita tersebut.
  3. Resolusi : Berisi tentang bagaimana akhir atau ending dari cerita. Akhir cerita sendiri dapat dibagi menjadi 2 yakni akhir bahagia dan akhir tidak bahagia.
  4. Coda : Coda adalah petuah atau nilai-nilai moral yang terkandung dalam teks narasi tersebut yang diharapkan dapat diambil hikmahnya oleh pembaca.

Teks Deskripsi

Ketika ditanya ada berapa jenis jenis teks dalam bahasa indonesia jawabannya sudah pasti banyak dan menyesuaikan kategori. Tapi seluas apapun pembahasan, kita akan menjumpai teks deksripsi di semua jenjang. Meski terkesan mudah, tapi faktanya tak semua siswa mampu menyebutkan setiap unsur teks bergaya deksriptif dengan benar.

Baca juga: Pengertian Dan Contoh Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan atau memberi penjelasan tentang sebuah objek, entah itu objek hidup atau mati dari sudut pandang tertentu yang bertujuan agar pembaca dapat merasakan pengalaman seperti dalam teks tersebut. Teks deskripsi memiliki tujuan komunikatif untuk menyampaikan informasi secara rinci terkait dengan suatu objek.

Jenis teks Dalam bahasa indonesia (Deskriptif)
Jenis Jenis teks Dalam bahasa indonesia (Deskriptif)

Sebagai salah satu jenis teks bahasa indonesia, teks deskripsi memiliki peranan tersendiri. Teks yang satu ini sering kali digunakan di berbagai kesempatan dan berbagai media, baik itu ditulis tangan, ketik, maupun media online. Kita bisa menemukan contoh teks deskripsi dengan sangat mudah di sekitar kita. Misalnya saja deskripsi suatu produk, deskripsi manfaat barang, dan lain sebagainya.

Struktur Teks Deskripsi

Stuktur teks Deskripsi dibagi menjadi 2 yakni Identifikasi dan Deskripsi:

  1. Identifikasi : berisi pengenalan secara umum dan menuju ke penjelasan yang lebih terperinci. 
  2. Deskripsi : berisi penjelasan yang lebih terperinci mengenai objek yang dibahas dalam teks tersebut. Deskripsi dari obyek tersebut disampaikan melalui beberapa sub kategori. Sebagai contoh saat kita membahas tumbuhan maka akan ada sub kategori seperti jenis tumbuhan, lingkungan hidup dan lain sebagainya.

Baca juga: 4 Contoh Teks Deskripsi Paling Menarik

Teks Prosedur

Dari namanya tentunya kita sudah bisa menebak isi dari bacaan satu ini. Teks prosedur adalah jenis teks bahasa indonesia yang berisikan langkah-langkah panduan untuk membuat atau melakukan sesuatu. Teks prosedur umumnya ditemui dalam bentuk tutorial seperti resep masakan, panduan membuat kerajinan tangan, dan masih banyak lagi. Tujuan teks prosedur adalah untuk memberikan petunjuk secara terperinci kepada pembaca tentang bagaimana cara melakukan atau membuat sesuatu.

Jenis teks bahasa Indonesia (Prosedur)
Jenis Teks Prosedur

Dalam konteks pendidikan, guru akan menyampaikan materi pembahasannya ketika siswa menginjak bangku SMP. Menurut saya pribadi, Contoh teks prosedur sangat mudah untuk kita pelajari. Pernahkan anda membaca resep ketika hendak memasak? Nah resep itu bisa menjadi contoh otentik penggunaan teks prosedur dalam kehidupan sehari hari.

Struktur Teks Prosedur

Stuktur teks prosedur dapat dibagi menjadi 3 yakni Tujuan, Bahan dan langkah. Kita bisa menjumpai contoh teks prosedur pada buku resep masakan yang notabenya memuat tiga unsur tersebut. Meski terdengar sederhana tapi sebenarnya 3 struktur di atas memiliki fungsi dan arti berbeda, simaklah penjelasannya:

  1. Tujuan : berisi tentang tujuan dari suatu kegiatan. Teks prosedur biasanya langsung dapat dikenali hanya dengan melihat judulnya saja, seperti contoh : Cara membuat…, Cara menjalankan..,
  2. Bahan : berisi tentang Bahan dan alat yang diperlukan dalam kegiatan.
  3. Langkah : berisi tentang langkah atau panduan melakukan sesuatu.

Baca juga: Teks Prosedur Kompleks (contoh, pengertian, struktur dan ciri)

Teks Laporan

Laporan adalah jenis teks dalam bahasa indonesia yang berisi tentang informasi atau laporan secara umum suatu obyek. Pembahasan yang dilakukan dalam teks laporan biasanya hanya secara umum atau berdasarkan pengamatan sepintas saja. Tujuan dari teks laporan sendiri adalah untuk menyampaikan suatu informasi secara umum kepada pembaca.

Jika kita masih duduk di bangku sekolah sudah pasti kita sering membuat teks laporan tersebut. Misalnya ketika selesai mengamati proses penyerbukan pada tumbuhan. Atau ketika melakukan observasi pada daur hidup kupu-kupu. Nah lantas seperti apa format penulisan teks laporan singkat yang benar berdasarkan rumus teks bahasa indonesia yang berlaku?

Jenis Jenis teks dalam bahasa Indonesia (Prosedur)
Jenis Jenis teks dalam bahasa Indonesia (Prosedur)

Struktur Teks Laporan

Secara garis besar, struktur teks laporan hasil observasi hanya terdiri dari klasifikasi umum dan deskripsi saja. Tapi, jika laporan tersebut bersifat resmi seperti hasil penelitian maka lain lagi ceritanya. Kalian harus memasukan data-data valid dan instrumen lain yang tentunya lebih kompleks. Oleh karenanya, saya ingin menjelaskan dua struktur utama dari sebuah laporan:

  1. Klasifikasi umum : berisi tentang pengelompokan informasi secara umum.
  2. Deskripsi : berisi tentang penjelasan informasi utama yang sudah dipilah menjadi beberapa sub kategori informasi yang tetap disampaikan secara umum.

Baca juga: Teks Berita (pengertian, struktur teks dan contoh)

Teks Eksposisi

Salah satu jenis teks dalam bahasa indonesia yang tidak boleh dilewatkan adalah teks eksposisi. Hal ini disebabkan karena jenis teks yang satu ini sangat populer digunakan untuk menyampaikan informasi khusus secara rinci. melalui gaya bahasa dan cara penulisannya, teks eksposisi mampu menarik minat baca orang orang sehingga sangat efektif dijadikan sebagai media komunikasi.

Baca juga: Pengertian, Contoh Dan Ciri-Ciri Teks Eksposisi Lengkap

Teks eksposisi adalah teks yang berbentuk karangan yang bersifat memaparkan kejadian atau informasi dan pengetahuan secara singkat, padat dan akurat. Teks eksposisi bersifat ilmiah atau non fiksi. Tujuan teks eksposisi sendiri adalah untuk memaparkan suatu kejadian atau informasi kepada pembaca sejelas – jelasnya.

Baca Juga : 3 Contoh Teks Eksposisi Lengkap Dengan Pembahasan

Struktur Teks Eksposisi

Struktur teks eksposisi terdiri dari tesis, argumen dan penegasan. Masing-masing tentunya memiliki fungsi berbeda tapi tetap menjadi sebuah kesatuan. Tanpanya, paragraf tak akan mampu memaparkan informasi dengan baik. Oleh karenanya, marilah kita simak struktur di bawah:

  1. Tesis: pembukaan atau pengenalan dari suatu informasi didalam teks
  2. Argumentasi: pokok bahasan yang dipaparkan.
  3. Penegasan: pokok – pokok bahasan yang menguatkan pemaparan dari informasi tersebut.

Teks Anekdot

Macam teks bahasa indonesia selanjutnya adalah teks bergaya penyampaian lucu yang sudah pasti disukai oleh banyak orang. Ya, teks anekdot adalah sebuah teks dengan tujuan komunikatif untuk menghibur pembacanya. Meskipun demikian, selalu ada nilai nilai moral yang bisa kita apetik dari jenis teks dalam bahasa indonesia tersebut. Hal ini disebabkan karena gagasan pokok dari teks ini diambil dari kisah nyata yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat.

Baca Juga : Teks Anekdot (pengertian, ciri dan contoh)

Seiring berjalannya waktu, jenis teks ini semakin sulit untuk ditemukan karena tergerus perkembangan jaman. Untuk mendapatkan hiburan orang tidak perlu lagi membaca teks anekdot. Kebanyakan dari mereka lebih memilih membuka youtube, berselancar di dunia maya, membuka instagram dan lain sebagainya.

Struktur Teks Anekdot

Setiap jenis jenis teks dalam bahasa indonesia memiliki kerangka berbeda. Untuk menyusun jenis teks anekdot kita pun harus mematuhi aturan dasar yang diwujudkan dalam struktur berikut:

  1. Abstraksi: Berisikan gambaran awal yang merepresentasikan isi cerita.
  2. Orientasi: Berisi perkenalan dan pembukaan.
  3. Event: Rangkaian peristiwa.
  4. Krisis: Awal kemunculan masalah dalam teks anekdot.
  5. Reaksi: Langkah penyelesaian yang muncul setelah krisis.
  6. Koda: Terjadinya perubahan pada tokoh.
  7. Re-orientasi: Penutup sekaligus penegasan ulang cerita anekdot.

Namun dalam dunia pendidikan teks anekdot masih sangat dilestarikan dan terjaga agar tidak dilupakan. Hal ini dibuktikan dengan masuknya jenis teks dalam bahasa indonesia ini menjadi materi wajib di bangku SMA.

Teks Tantangan

Teks tantangan adalah kategori teks sifatnya kontroversional karena berisi bantahan terhadap rumor yang beredar di masyarakat. Dalam konteks kehidupan nyata, teks tantangan sering kita jumpai pada saat terjadi perdebatan, atau adu argumen. Jenis teks ini juga berisikan berbagai argumen berdasar data data yang berfungsi sebagai penguat.

Jenis Jenis teks dalam bahasa Indonesia (Tantangan)
Teks Tantangan

Siswa akan menemukan penggunaan kalimat serta pilihan kata yang sifatnya menantang, sama seperti namanya. Di lain sisi, kita pun tak bisa memungkiri bahwa ada jenis jenis teks dalam bahasa indonesia yang memang mengundang kontroversi. Namun, macam teks ini kurang mendapat sorotan sehingga siswa pun sering bertanya definisi maupun contoh teks tantangan itu sendiri.

Struktur Teks Tantangan

Jenis jenis teks dalam bahasa indonesia ada banyak sampai terkadang membuat kita bingung membedakannya. Demikian pula teks tantangan yang notabenya hampir sama seperti naskah debat berisi argumen, data, dan penguat. Kalian hanya perlu mempelajari seperti apa struktur teks tantangan untuk menemukan perbedaanya. Maka dari itu, simaklah poin-poin berikut:

  1. Orientasi: Terdiri dari isu yang menjadi pokok bahasan teks.
  2. Argumen: Berisi kumpulan data berbasis fakta yang nantinya berfungsi memperkuat bantahan.
  3. Bantahan: Pernyataan yang bersifat membantah.

Meski bersifat memberi bantahan serta menantang tidak membuat jenis teks dalam bahasa indonesia ini ditulis seenaknya. Kalian perlu memperhatikan kaidah sopan santun serta tatakrama pada saat menyampaikan. Jangan sampai tantangan yang kalian ciptakan menyinggung perasaan sejumlah orang.

Teks Editorial (Opini)

Editorial menjadi termasuk genre teks yang harus dikuasai oleh siswa sekolah menengah. Tanpa sadar, kita pastinya sudah sering membaca contoh teks editorial singkat di berbagai media. Berkat perkembangan teknologi kini berbagai macam teks tersebut dapat dengan mudah ditemukan. Misalnya, saat scroll facebook atau IG kalian menjumpai halaman yang membahas peristiwa atau iso yang sedang trend.

Jenis Jenis teks dalam bahasa Indonesia (Editorial)
Jenis Teks Editorial

Teks editorial adalah jenis jenis teks dalam bahasa indonesia yang berisikan opini atau pandangan tentang peristiwa yang sedang hangat diperbincangkan. Teks opini disajikan menggunakan gaya naratif tapi juga mengadopsi aspek-aspek yang ada pada teks berita. Inilah yang terkadang membuat orang bingung dan tak mampu membedakan bacaan editorial dengan macam teks lainnya.

Struktur teks editorial sendiri terdiri dari 3 poin utama, yakni:

  1. Pernyataan pendapat: Berisi opini dari redaksi ataupun secara pribadi terkait topik yang sedang hangat jadi bahan perbincangan.
  2. Argumentasi: berisi penjelasan lebih dalam layaknya tesis. struktur teks editorial satu ini selalu berisikan fakta fakta untuk mendukung pernyataan.
  3. Pernyataan ulang: penegasan kembali yang dilakukan untuk memperkuat argumentasi.

Teks Cerita Sejarah

Teks cerita sejarah termasuk jenis jenis teks dalam bahasa Indonesia menyerupai narasi. Perbedaanya, apa yang tersaji di cerita itu biasanya bersifat fakta atau berdasarkan kenyataan. 

Singkatnya, teks cerita sejarah adalah salah satu genre teks yang menceritakan peristiwa yang pernah terjadi di masa lampau. Karakteristik yang paling menonjol dari jenis teks ini terletak pada kaidah kebahasaan 5W1H. Istilah itu mengacu pada pertanyaan baku apa, siapa, mengapa, dimana, dan kapan.

Jenis Jenis teks dalam bahasa Indonesia Cerita Sejarah
Jenis jenis teks dalam bahasa Indonesia Cerita Sejarah

Hanya karena mengadopsi kata sejarah, bukan berarti isi ceritanya melulu soal kepahlawanan ataupun biografi seseorang saja. Tema teks cerita sejarah tidak memiliki batasan yang spesifik selama apa yang dituturkan pernah terjadi di masa lampau.

Struktur Teks Ceriat Sejarah

Menghafal jenis jenis teks dalam bahasa indonesia memang tidak mudah apalagi genrenya beragam. Tapi menurut saya tidak dengan teks cerita sejarah yang notabenya hanya terdiri dari 3 kerangka utama. Jadi, selain memperhatikan kaidah penulisan 5W1H simaklah struktur berikut ini:

  1. Orientasi: Orientasi merupakan bagian pembuka yang berisi perkenalan awal.
  2. Urutan Peristiwa: berisikan peristiwa yang diceritakan menggunakan urutan kronologis yang jelas.
  3. Reorientasi: Penegasan ulang sekaligus menjadi penutup dari cerita sejarah.

Nah itulah berbagai jenis teks dalam bahasa indonesia yang dapat saya sampaikan pada artikel kali ini. Materi tentang teks bahasa indonesia memang sangatlah luas. Oleh karenanya untuk melihat materi teks tertentu secara mendetail silahkan tap url yang sudah saya sediakan diatas.

Baca Juga  5 Contoh Teks Anekdot Paling Lucu Terbaru

15 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.