Pengertian, Jenis, dan Contoh Seni Rupa Terapan Lengkap

Diposting pada

Pengertian, Jenis, dan Contoh Seni Rupa Terapan Lengkap – Ada banyak sekali benda di sekeliling kita yang merepresentasikan karya seni. Meski lebih mengedepankan manfaat serta fungsi, tapi perbendaan tersebut juga masih mempertahankan unsur estetiknya. Sayangnya, nilai seni itu sering terabaikan karena tertutup oleh fungsi utama dari benda itu sendiri. Sebagai contoh yakni kain batik yang notabenya banyak dipakai orang karena mengikuti adat daripada melihatnya dari segi estetika.

Pernahkah kalian berpikir kenapa benda-benda seperti keramik, kain batik, atau gerabah memiliki corak? pasti tidak. Contoh seni rupa terapan sebenarnya bisa kita jumpai dalam kehidupan bermasyarakat. Namun beberapa siswa tak menyadarinya karena kurang mendalami materi kesenian.

Pengertian, Jenis, dan Contoh Seni Rupa Terapan Lengkap
Seni Rupa Terapan

Apa itu seni rupa terapan? inilah pertanyaan yang sering diajukan oleh siswa. Meski pembahasannya tertulis rapi di buku tapi tak serta merta membuat siswa memahaminya. Untuk meningkatkan efektifitas belajar kita harus mencari model dan contoh aslinya.

Materi seni rupa sebenarnya sudah mulai diajarkan pada siswa bahkan semenjak berada di bangku sekolah dasar. Seiring berjalannya waktu kalian akan menjumpai pembahasan tentang implementasi karya seni tersebut.

Pengertian, Jenis, dan Contoh Seni Rupa Terapan Lengkap

Ketika menginjak jenjang lebih tinggi, guru akan menyampaikan materi jenis seni rupa terapan secara intensif. Berbagai penugasan seperti mencari contoh karya seni rupa terapan pun juga turut diberikan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk persiapan agar siswa lebih siap saat diminta mengerjakan soal ujian.

Secara garis besar materi seni rupa terapan sebenarnya cukup mudah untuk dikuasai. Karena tiap unsur yang meliputi pengertian, jenis, dan contohnya pun bisa kita jumpai hampir di semua aspek kehidupan. Selain berbekal penjelasan guru, kalian pun juga dapat memperkaya ilmu dengan belajar dari buku LKS maupun mencari referensi tambahan dari internet.

Seni rupa terapan dapat diartikan sebagai hasil karya seni rupa yang berguna untuk keperluan sehari hari serta memiliki fungsi tertentu. Lantas apa fungsi seni rupa terapan itu? Seni rupa ini memiliki ciri khasnya sendiri. Bahkan kita dapat mengamati contoh seni rupa terapan di sekitar kita, baik disadari ataupun tidak.

Tahukah anda bahwa benda benda sekeliling kita seperti batik, keramik, dan sebagainya merupakan contoh seni rupa terapan. Hasil karya tersebut mulai diabaikan nilai seninya karena fungsi benda tersebut lebih dominan. Dibawah ini saya akan menjelaskan mengenai contoh karya seni rupa terapan dan pengertian seni rupa terapan.

Pengertian Seni Rupa Terapan

Definisi karya seni rupa terapan adalah hasil karya seni rupa yang berguna untuk keperluan sehari hari serta memiliki fungsi tertentu. Salah satu fungsinya adalah nilai seni. Seni rupa tersebut dapat dibagi lagi menjadi dua yaitu seni rupa dua dimensi maupun seni rupa tiga dimensi. Pada karya seni rupa terapan memiliki dua fungsi seperti fungsi praktis serta fungsi estetis.

Pada fungsi karya seni rupa terapan yang bersifat estetis yaitu hanya mementingkan nilai keindahan atau sebagai hiasan saja, contohnya guci, vas bunga, hiasan dinding dn masing banyak lagi. Sedangkan fungsi praktis seni rupa terapan ialah lebih mengutamakan tujuan utama terhadap benda yang telah dibuat, cotohnya meja, kursi, almari dan masih banyak lagi.

Baca juga : Teknik, Unsur dan Contoh Seni Rupa 3 Dimensi

Menengok dari sejarah, karya seni rupa terapan sudah ada bahkan sejak jaman kerajaan dahulu. Bahkan peninggalan berupa benda-benda bernilai seni pun masih tersimpan sampai sekarang. Karya seni rupa terapan ini mulai ditemukan saat sudah ada peleburan logam. Pendapat tersebut telah dibuktikan dengan adanya peninggalan peninggalan sejarah seni ini. Seni rupa terapan dapat dibagi menjadi beberapa macam yaitu :

  1. Seni Dekorasi adalah seni rupa terapan yang digunakan untuk menghias atau mendekor suatu tempat baik berupa panggung maupun ruangan.
  2. Seni Arsitektur ialah karya seni rupa terapan yang berwujud gedung, bangunan, dan sebagainya.
  3. Seni Ilustrasi ialah seni rupa terapan yang berfungsi sebagai penjelasan tentang sesuatu hal yang berkaitan dengan bacaan. Karya seni tersebut dapat berupa gambar dan foto tentang cerita buku fiksi atau nonfiksi.
  4. Seni Grafis adalah seni rupa terapan untuk media komunikasi yang berbentuk gambar.
  5. Seni Kriya Terapan adalah karya seni rupa terapan yang terdapat dikehidupan sehari hari yang mempunyai nilai seni.

Contoh Seni Rupa Terapan

Sebenarnya karya seni rupa terapan bisa dengan mudah kita jumpai hampir di semua tempat. Namun tak semua orang menyadari hal tersebut karena kurangnya pengetahuan tentangnya. Bahkan, benda-benda yang memiliki nilai seni tersebut sering kita pakai dalam kehidupan sehari-hari.

Batik

Batik adalah salah satu jenis seni rupa terapan yang berasal dari Indonesia dan cukup familiar di mata masyarakat. Tanpa kita sadari penggunaan batik sudah melekat dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya saat kalian sekolah, pergi ke kantor, menghadiri acara resmi, dan lain sebagainya.

Pengertian, Jenis, dan Contoh Seni Rupa Terapan Lengkap
Gambar Batik

Batik sendiri merupakan karya seni tradisional yang berupa kain dengan bagian atasnya terdapat corak atau gambar yang dilukis menggunakan malam. Berdasarkan pernyatan UNESCO batik telah ditetapkan sebagai salah “Masterpieces of the Oral and Intaghible Heritage of Humanity pada tanggal 2 Oktober 2009. Masing-masing daerah memiliki corak serta motif batik berbeda-beda. Salah satu produk yang paling populer adalah kerajinan batik solo, cirebon, pekalongan, dan bali.

Untuk mempertahankan budaya, pemerintah pun juga menetapkan tiap tanggal 2 oktober sebagia hari batik nasional. Berbagai instansi perkantoran sampai sekolah pun mewajibkan warganya untuk memakai batik di hari-hari tertentu. Mak dari itu, sebagai siswa kita benar-benar harus menjunjung tinggi hasil karya seni rupa terapan asli indonesia tersebut.

Anyaman

Anyaman adalah salah satu produk yang cukup mudah untuk dijumpai hampir di semua aspek kehidupan. Banyak sekali produk yang bisa kita hasilkan dari teknik anyaman. Misalnya tas, sandal, topi caping, tirai, dan benda-benda lain yang notabenya berguna untuk kita.

Pengertian, Jenis, dan Contoh Seni Rupa Terapan Lengkap
Gambar Anyaman

Anyaman sendiri termasuk contoh seni rupa terapan berupa susunan serat yang berbentuk benda. Bahannya pun cukup sederhana karena berasal dari tumbuhan seperti bambu, akar wangi, senggang, dan lain sebagainya. Seiring perkembangan jaman masyarakat pun mulai menggunakan serat plastik sebagai bahan dasar spesifik.

Meski teknik anyaman kian meredup tapi tak serta merta membuatnya hilang dari peredaran. Kini masyarakat melihat barang dari bahan anyaman sebagai sesuatu yang mengandung nilai seni. Tak sedikit yang memilih membeli kursi, tirai, maupun tas selempang dari bahan anyaman karena memiliki nilai seni.

Kerajinan Kulit

Pengertian, Jenis, dan Contoh Seni Rupa Terapan Lengkap
Kerajinan Kulit

Contoh seni rupa terapan dapat berupa kerajinan kulit. Di indonesia terdapat banyak sekali kerajinan kulit seperti sabuk, tas, sepatu dan lain lain. Kerajinan kulit tersebut dapat kita temukan diwilayah wilayah Yogyakarta maupun Jawa Barat.

Baca juga : Pengertian, Unsur, Fungsi dan Jenis Jenis Seni Teater

Keramik

Hampir setiap orang pasti pernah melihat vas yang terbuat dari bahan keramik. Sebagai orang yang mengerti seni, kita tak bisa menampik fakta bahwa keramik memiliki nilai jual tinggi. Hal ini disebabkan karena unsur estetik yang ada di dalam produk karya seni tersebut.

Pengertian, Jenis, dan Contoh Seni Rupa Terapan Lengkap
Keramik

Keramik merupakan contoh karya seni rupa terapan yang berupa barang yang terbuat dari tanah liat yang dibakar manual atau menggunakan teknologi. Keramik tersebut berupa porselin, gerabah, guci, genteng dan lain lain.

Ukiran Batu

Pengertian, Jenis, dan Contoh Seni Rupa Terapan Lengkap
Ukiran Batu

Ukiran batu adalah contoh seni rupa terapan. Karya seni ini sulit untuk dipindahkan karena terlalu berat sehingga dapat dipakai sekali saja. Hasil karya seni rupa terapan dapat berupa Candi Borobudur, hiasan dinding, ornamen rumah dan sebagainya.

Logam

Pengertian, Jenis, dan Contoh Seni Rupa Terapan Lengkap
Logam

Contoh seni rupa terapan yang terkenal pada jaman dahulu adalah logam. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya peninggalan logam dari kerajaan kerajaan terdahulu. Salah satu wilayah pembuat logam yang terdapat di Indonesia ialah wilayah Yogyakarta. Yogyakarta merupakan pengrajin perak dengan berbagai jenis benda. Benda tersebut dapat berupa perlengkapan rumah tangga, perhiasan dan hiasan rumah. Logam yang dapat dijadikan sebagai karya seni rupa terapan seperti perak, kuningan maupun tembaga.

Ukiran Kayu

Pengertian, Jenis, dan Contoh Seni Rupa Terapan Lengkap
Ukiran Kayu

Contoh seni rupa terapan yang terakhir adalah ukiran kayu. Hasil karya tersebut terkait dengan budaya Melayu. Wilayah negara Indonesia yang merupakan penghasil kayu terbaik ialah Jepara.

Demikianlah pengertian karya seni rupa terapan dan contoh seni rupa terapan yang dapat saya sampaikan. Seni rupa terapan tersebut terdapat beberapa jenis yang dapat ditemukan disekeliling kita. Hargailah setiap karya seni yang telah diciptakan karena karya seni tersebut merupakan curahan ekspresi seorang pengrajin atau pencipta. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Baca Juga  Contoh Alat Musik Gesek dari Berbagai Daerah Beserta Penjelasannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.