Pengertian, Jenis, Dan Contoh Kata Hubung (Konjungsi)

Diposting pada

Pengertian, Jenis, Dan Contoh Kata Hubung (Konjungsi) – Kata penghubung (kata hubung) atau dalam istilah bahasa indonesia disebut sebagai kata konjungsi adalah sekumpulan kata yang berfungsi sebagai penghubung atau menghubungkan susunan kata dengan kata lain di dalam sebuah kalimat. Kata penghubung atau konjungsi memili jenis dan penggunaan yang berbeda-beda dalam setiap kalimatnya yang tergantung pada konteks bacaan kalimat tersebut. Kata penghubung sendiri dalam bahasa indonesia memiliki peran penting dalam penyampaiannya, Oleh karena itu kata penghubung juga dijadikan sebagai materi pembelajaran pada jenjang sekolah baik SMP maupun SMA.

Para ahli sepakat bahwa pengertian kata hubung atau kata penghubung adalah sekelompok kata yang berfungsi untuk menghubungkan deret kata dengan kata, kalimat dengan kalimat didalam sebuah paragraf agar terdengar selaras dan memiliki kesinambungan antar kalimatnya. Contoh kata penghubung sendiri bervariasi dan tergatung pada konteks kalimat dan tuujuan penggunaanya.

Pengertian, Jenis, Dan Contoh Kata Hubung (Konjungsi)
Kata Hubung atau Konjungsi

Pada dasarnya penggunaan dan contoh kata hubung dapat kita temukan dalam kehidupan kita asehari-hari. Tanpa sadar kata hubung muncul dalam setiap kalimat yang kita keluarkan. Ketika kita berbincang-bincang dengan teman dan ingin menyingkat kalimat yang kita katakan dapat dipastikan kita akan menggunakan kata hubung.

Artikel kali ini akan membahas tentang kata penghubung atau kata konjungsi secara mendalam lengkap yang mencakup tentang pengertian kata penghubung, jenis dan contoh kata penghubung tersebut. Untuk lebih jelasnya simaklah pembahasan kata penghubung dibawah ini.

Pengertian, Jenis, Dan Contoh Kata Hubung (Konjungsi)

Dalam ilmu Bahasa Indonesia tentunya kita sering mendengar istilah istilah tentang frasa, kata, klausa, konjungsi dan sebagainya. Masing masing istilah ini memiliki definisi dan maksud tertentu. Salah satu unsur Bahasa Indonesia yang akan kita bahas ini berkaitan dengan konjungsi ataupun kata hubung, 

Materi kata konjungsi kali ini akan dibagi menjadi 3 sesi yakni pengertian penghubung, dilanjutkan dengan jenis kata penghubung lengkap dengan cara penggunaannya dan yang terakhir adalah contoh kata penghubung. Kata penghubung adalah kata yang berfungsi sebagai penghubung atau untuk menghubungkan kata dengan kata, klausa dengan klausa, bahkan kata penghubung juga dapat menghubungkan kalimat dengan kalimat.

Kata penghubung digunakan agar kalimat yang dihasilkan dapat memiliki unsur coherence secara kebahasaan. Coherence sendiri adalah istilah yang digunakan untuk menilai suatu kalimat yang enak didenganrkan dari segi bahasa.

Baca Juga  12 Contoh Cerita Fantasi Singkat (Cerita Fiksi) Beserta Strukturnya

Jenis-jenis Kata Penghubung

Kata penghubung biasanya dapat dengan mudah kita temukan pada sebuah kalimat. Kata penghubung sendiri dibagi menjadi beberap jenis salah satunya adalah konjungsi koordinatif. Pada artikel kali ini kita akan berfokus pada kata penghubung kordinatif.

  1. Dan: Kata hubung yang menandakan hubungan penambahan antar dua buah kaliamat.
  2. Serta: Kata hubung yang digunakan sebagai pendamping kalimat.
  3. tetapi: Kata penghubung yang menunjukan inforasi yang kontra.
  4. sesudah: Kata penghubung yang digunakan untuk menandakan urutan peristiwa.
  5. jika: Kata penghubung untuk menandakan sebab-sebab.
  6. agar: Kata penghubung yang digunakan untuk menghubungkan akibat.
  7. supaya: Kata penghubung yang gunanya hampir sama dengan kata agar.
  8. ketika: Kata penghubung yang digunakan untuk menghubungkan kejadian diwaktu yang sama.

Sebenarnya masih banyak lagi kata penghubung dengan fungsi dan penjelasan yang berbeda-beda yang akan kita bahas pada artikel selanjutnya.

Contoh Kata Penghubung

Setelah menjelaskan tentang pengertian kata hubung dan jenis jenis kata hubung di atas. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa contoh konjungsi. Adapun beberapa contohnya yaitu sebagai berikut:

Contoh kata hubung dan

  • Ayah pergi ke kantor.
  • Adik pergi ke sekolah.
  • Ayah pergi ke kantor dan adik pergi ke sekolah

Pagi ini adalah pagi yang sangat dingin. Kami sekeluarga melakukan rutinitas kami sehari-hari, ibu memasak makanan, ayah menyiapkan pekerjaan kantornya dan aku mengurus adik-adikku. Ketika sudah menginjak pukul 07.30 aah berangkat ke kantor dan adikku berangkat ke sekolahnya dengan ditemani ibu.

Contoh kata hubung atau

  • Kamu suka coklat.
  • Kamu suka vanilla.
  • Kamu suka susu rasa coklat atau susu rasa vanila?

Pada saat berada dikantin sekolah aku ditanya temanku. kamu sebenrnya suka minum susu coklat atau susu vanilla?

Nah itulah beberapa penggunaan kata penghubung lengkap beserta dengan pengertian dan contohnya yang dapat anda pelajari. Pada dasarnya penggunaan kata hubung sebagai penghubung antar kalimat dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari kita. Sebagai contoh ketika kita ingin menyingkat kata atau kalimat secara tidak sadar kita telah menggunakan kata hubung seperti atau, dan, & dsb. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.