32 Contoh Kalimat Kritik, Saran, dan Pujian Beserta Pengertiannya

Diposting pada

32 Contoh Kalimat Kritik, Saran, dan Pujian Beserta Pengertiannya – Kalimat dalam Bahasa Indonesia pada umumnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Jenis jenis kalimat ini dapat berupa kalimat kritik, kalimat saran dan kalimat pujian. Ketiga kalimat ini pada umumnya berbeda, mulai dari segi pengertian, ciri ciri sampai contoh di dalamnya.

Kalimat kritikan, saran, dan pujian merupakan tiga jenis perkataan yang saling berkaitan meskipun memiliki makna yang berlawanan. Ketiga kalimat tersebut sering kali kita gunakan dalam kehidupan sehari hari. Baik dalam sebuah diskusi maupun berbicara dengan satu sama lain. Apakah anda memahami apa itu kalimat kritik, kalimat saran, dan kalimat pujian? Apa saja contohnya? Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai beberapa contoh kalimat kritik, contoh kalimat saran, dan contoh kalimat pujian beserta pengertian kalimat kalimat tersebut. Untuk lebih jelasnya anda dapat menyimaknya dibawah ini.

32 Contoh Kalimat Kritik, Saran, dan Pujian Beserta Pengertiannya
ilustrasi contoh kalimat kritik, saran dan pujian

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam kehidupan ini, manusia tidak akan terlepas dari kritik saran dan pujian. Alhasil contoh kalimat kritik, contoh kalimat saran, dan contoh kalimat pujian dapat dengan mudah kita temukan dalam setiap percakapan kita. Dalam artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang contoh kalimat kritikan, kalimat saran, dan kalimat pujian disertai dengan pengertian masing masing kalimat tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan materi dibawah ini.

Contoh Kalimat Kritik, Saran, dan Pujian Beserta Pengertiannya

Biasanya untuk menanggapi sebuah berita atau karya sastra, kita dapat menggunakan kalimat pujian, kalimat kritik maupun kaliman saran. Ketiga jenis kalimat tersebut memiliki definisi dan contoh yang berbeda beda. Apa itu kalimat kritik? Apa itu kalimat saranb? Apa itu kalimat pujiam?

Telah kita ketahui bahwa kalimat kritik, saran, dan pujian memiliki makna yang berlawanan namun ketiga kalimat ini saling berkaitan satu sama lain. Kalimat kritikan biasanya diungkapkan karena terdapat dampak negatif yang akan ditimbulkan nanti. Kalimat saran digunakan untuk memberikan masukan agar tidak ada dampak negatif yang akan terjadi. Sedangkan kalimat pujian diberikan kepada seseorang yang mendapatkan keuntungan yang fantastis berkat kerja kerasnya.

Kalimat kritik, kalimat saran dan kalimat pujian memiliki makna yang berbeda beda. Bahkan penggunaan ketiga kata ini juga berbeda. Lalu bagaimana bentuk kalimat kritik itu? Bagaimana bentuk kalimat saran itu? Bagaimana bentuk kalimat pujian itu? Berikut penjelasan masing masing kalimat beserta contoh kalimat kritik, contoh kalimat saran, dan contoh kalimat pujian.

Baca juga: Contoh Cerpen Singkat Tentang Persahabatan (Contoh, Struktur, Alur dan Tema)

Contoh Kalimat Kritik dan Pengertiannya

Kalimat kritik ialah suau kalimat masukan mengenai suatu tindakan yang sedang dilakukan, namun kalimat masukan ini dapat bersifat positif maupun negatif. Pengertian kalimat kritik menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI ialah sebuah kalimat tanggapan maupun kecaman yang disampaikan secara positif maupun negatif dalam menjalankan suatu kebijakan, pendapat, karya, maupun mengenai penampilan seseorang. Contoh kalimat kritik sangatlah beragam. Kritikan tersebut biasanya disampaikan oleh kritikus yang bekerja dalam bidang tertentu. Kritikus tersebut dalam menyampaikan ulasan maupun penilaian memang sengaja dipanggil atau tidak.

Baca juga: Contoh Kalimat Simpleks dan Kalimat Kompleks Beserta Strukturnya

Penilaian tersebut berupa karya, tindakan,maupun penampilan yang telah dibuat, baik berisi ulasan positif maupun ulasan negatif. Kritik dapat diartikan sebuah tindakan yang mendukung ataupun ketidaksetujuan terhadap kegiatan yang dilakukan. Seorang kritikus menyampaikan kritikannya berdasarkan analisis masalah yang timbul akibat tindakan tersebut. Dibawah ini terdapat beberapa contoh kalimat kritik:

  1. Performa kamu dalam menyanyi sudah bagus karena semangatnya tinggi tapi untuk teknik menyanyinya kurang bagus, masih ada lirik lirik yang fales.
  2. Menjelang hari lebaran harga sembako semakin melambung tinggi, hal tersebut akan membuat rakyat rakyat kurang mampu semakin sengsara.
  3. Penegakan hukum dinegara ini masih terdapat tipu daya dari beberapa oknum oknum penguasa tinggi. Penegakan hukum tersebut seharusnya tidak mengenal kasta, harta, dan jabatan. Hukum yang telah berlaku ini harus ditegakkan dengan adil.
  4. Dalam dunia pendidikan harus ada kerjasama dari masyarakat, keluarga dan pihak sekolah. Tidak hanya sekolah saja yang mendominasi pendidikan anak bangsa. Saya berharap ketiga pihak tersebut saling bekerjasama dalam membentuk karakter penerus bangsa yang baik.
  5. Semakin berkembangnya jaman, jumlah pengangguran setiap tahunnya akan bertambah. Pihak sekolah maupun universitas, saya harap membekali murid muridnya dengan keterampilan yang lebih dan tidak hanya ilmu saja yang diberikan. Keterampilan tadi berfungsi sebagai bahan murid agar nantinya dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain.
  6. Jika aku perhatikan kamu memiliki sifat baik hati dan cantik, tapi kebaikan dan kecantikanmu itu telah kamu tutupi dengan kedengkian dan kesombonganmu.
  7. Kamu berhasil memecahkan rekor dalam memasuki finish dalam waktu 5 detik. Namun hal ini harus kau pertahankan dengan tetap menjaga keseimbangan kamu saat berada di tikungan dengan kecepatan yang tinggi.
  8. Tayangan sinetron sinetron dalam televisi dapat menghibur para ibu ibu rumah tangga, namun tidak sedikit pula tayangan sinetron televisi yang memberikan dampak negatif kepada anak anak.
  9. Bukti bukti ini sedikit sekali, usahakan untuk encari bukti lain agar tuntutanmu dapat disetujui oleh pengadilan.

Contoh Kalimat Pujian dan Pengertiannya

Kalimat pujian ialah sebuah kalimat yang menyatakan perasaan kagum dan tanggapan positif mengenai sebuah karya yang telah dibuat. Pengertian kalimat pujian menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI ialah suatu kaliat yang mengungkapkan kekagumannya mengenai sebuah karya yang luar biasa, pernyataan tersebut dapat berupa penghargaan maupun pengakuan yang bersifat positif. Contoh kalimat pujian dapat kita jumpai dalam mensyukuri nikmat Tuhan yang kita terima, dapat berupa keunggulan seseorang dalam mencapai keinginannya, serta kekaguman seseorang terhadap kebaikan seseorang yang telah ia berikan kepadanya. Kalimat pujian ini juga dapat diartikan sebagai penghargaan seseorang kepada lawan bicaranya. Berikut contoh kalimat pujian:

  1. Walaupun kamu memiliki keterbatasan biaya, kamu berhasil lulus kuliah dengan predikat cumlaude. Kamu ialah sebuah contoh penerus bangsa yang perlu dicontoh. Keluargamu pasti bangga denganmu.
  2. Penampilanu tadi sungguh bagus, selamat ya kamu memenangkan kompetisi ini. Para juri tadi bahkan memberikan standing applause terhadap penampilanmu.
  3. Alhamduilah aku panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah memperlancar persiapan acara pernikahanku, terima kasih kepada semua tim yang telah membantuku, terima kasih semuanya.
  4. Tidak hanya wajahmu saja yang tampan, tapi hatimu juga lebih tampan. Berkatmulah nenek nenek itu dapat mencukupi kebutuhan hidupnya sehari hari.
  5. Kamu pintar sekali karena mendapatkan juara kelas selama berturut turut.
  6. Subhanallah indahnya negara Indonesia dengan keberagaman budaya dan kekayaan alamnya. Tak disangka masih banyak tumbuhan maupun hewan langka yang masih dilindungi.
  7. Ibu kaulah surgaku, ketulusan dan keikhlasanmu telah membuatku menjadi seperti ini.
  8. Kalian memang pasangan yang sangat romantis karena segala hal telah anda lakukan sama sama.

Contoh Kalimat Saran dan Pengertiannya

Kalimat saran ialah sebuah kalimat masukan ataupun anjuran mengenai suatu hal. Kalimat ini memberikan dampak posiitif baik berupa nasihat maupun petuah yang membangun. Contoh kalimat saran ini juga dapat kita jumpai sehari hari. Namun pemberian saran ini harus dilakukan dengan baik agar tidak menyinggung perasaan seseorang. Apabila saran tersebut diberikan dengan cara yang salah maka akan sulit diterima oleh orang lain. Berikut contoh kalimat saran:

  1. Makanan ini enak tapi alangkah lebih enak jika kamu tambahkan sedikit garam lagi.
  2. Penampilan kamu hari ini cantik sekali. Bagaimana kalau kamu tambahkan aksesoris berupa gelang dan kalung agar lebih manis.
  3. Permasalahan ini lebih baik diselesaikan dengan cara musyawarah sehingga tidak timbul kekerasan nantinya.
  4. Jika kita amati negara Indonesia memiliki sumber daya yang melimpah sehingga sistem ekspor keluar negeri dapat berlangsung dengan baik.
  5. Saya setuju dengan pendapat anda bahwa setiap minggu memang harus diadakan bersih bersih jalan agar kampung kita terlihat lebih bersih.
  6. Sebaiknya keputusan ini kita diskusikan kepada anggota lainnya agar tidak terjadi kesalahpahaman antar anggota.
  7. Saya setuju jika setiap malam diadakan kegiatan meronda agar kampung kita senantiasa selalu aman.

Inilah beberapa contoh kalimat kritik, contoh kalimat pujian, dan contoh kalimat saran yang dapat saya bagikan. Masing masing kalimat tersebut telah saya sajikan beserta pengertiannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih telah berkunjung diblog ini.

Baca Juga  Paragraf Induktif, Deduktif, dan Campuran (Pengertian, Pola, dan Contoh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.