Pengertian Politik Luar Negeri Indonesia Bebas Aktif

Diposting pada

Pengertian Politik Luar Negeri Indonesia Bebas Aktif – Seperti yang kita tahu bahwa di dunia ini banyak sekali negara. Negara negara tersebut saling berhubungan satu sama lain dengan maksud dan tujuan yang sama. Untuk mengendalikan hubungan yang terjadi antar negara ini diperlukan sebuah peraturan tertentu. Misalnya saja politik luar negeri bebas aktif yang diterapkan dalam negara Indonesia. 

Apa pengertian politik luar negeri Indonesia itu? Politik luar negeri Indonesia ialah kebijakan sebuah negara untuk mengontrol hubungan negaranya dengan negara lain di dunia internasional. Maka dari itu politik luar negeri dalam satu negara dengan negara lain berbeda beda. Kebijakan dalam politik tersebut sangat berpedoman pada tujuan nasional dari masing masing negara. Seperti halnya politik luar negeri Indonesia bebas aktif ini.

Pengertian Politik Luar Negeri Indonesia Bebas Aktif
Politik Bebas Aktif

Seperti yang kita ketahui bahwa politik luar negeri Indonesia menganut sistem bebas dan aktif. Bebas maknanya negara Indonesia tidak memihak antara dua blok yang berkuasa di dunia, baik Blok Barat ataupun Blok Timur. Aktif maknanya negara Indonesia berperan aktif dalam menjaga perdamaian dikalangan dunia. Selain itu negara Indonesia juga berperan aktif dalam menyelesaikan masalah masalah internasional seperti dalam perannya di dunia internasional. Nah kali ini saya akan menjelaskan pengertian politik luar negeri Indonesia bebas aktif. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Politik Luar Negeri Indonesia Bebas Aktif

Pengertian politik luar negeri Indonesia ialah kebijakan sebuah negara dalam mengelola hubungan dengan negara lain. Kebijakan ini dilakukan dengan tujuan untuk kepentingan nasional dalam taraf internasional. Politik luar negeri juga diartikan sebagai strategi politik nasional masing masing negara. Pada dasarnya politik nasional antara negara satu dengan negara lain berbeda. Pengertian politik luar negeri secara umum ialah strategi yang dimiliki oleh sebuah negara dalam menjalin hubungan dengan negara lain untuk mencapai kepentingan nasional berdasarkan arah, sasaran, sikap dan nilai suatu negara dalam dunia internasional. Maka dari itu, kebijakan politik setiap negara bergantung pada tujuan nasional negaranya.

Baca juga : Peran Indonesia Dalam Gerakan Non Blok Beserta Perwujudannya

Politik luar negeri Indonesia ialah bebas dan aktif, maka dari itu Indonesia dapat menentukan sikap, keinginan dan arah untuk mencapai negara yang berdaulat dan merdeka secara penuh. Dengan begitu Indonesia akan bebas dalam pengaruh kebijakan politik dari negara lain. 

Politik luar negeri Indonesia bebas aktif juga dijadikan sebagai penentu kualitas hubungan negara ini dengan negara lain didunia. Kebijakan tersebut direalisasikan dalam bentuk gerakan diplomasi. Seorang pejabat yang melaksanakan tugasnya dalam diplomasi dikenal dengan nama diplomat. Seorang diplomat bertugas untuk melakukan hubungan Indonesia dengan dunia Internasional demi kepentingan nasionalnya. Diplomat tersebut diharuskan untuk menetap dan tinggal dinegara lain karena bertugas sebagai wakil negaranya.

Landasan Politik Luar Negeri Indonesia

Kemudian politik luar negeri Indonesia bebas aktif juga memiliki landasan politiknya. Berikut beberapa Landasan dalam Politik Luar Negeri Indonesia, yaitu:

Landasan Ideal

Landasan politik luar negeri Indonesia yang pertama ialah landasan ideal. Untuk landasan ideal dalam politik luar negeri Indonesia ialah Pancasila. Pancasila dijadkan sebagai landasan ideal karena nilai nilai yang terdapat didalamnya dapat digunakan sebagai patokan dan pedoman melaksanakan politik luar negeri yang bebas aktif. 

Landasan Konstitusional

Landasan politik luar negeri Indonesia selanjutnya ialah landasan konstitusional. Untuk landasan konstitusional dalam politik luar negeri Indonesia ialah UUD 1945. Landasan konstitusional digunakan untuk mencapai tujuan nasional negara Indonesia. Maka dari itu landasan ini dianggap sangat penting. Hal tersebut juga tercantum dalam Batang Tubuh UUD 1945 maupun dalam Pembukaan UUD 1945. Berikut penjelasannya :

  1. Berdasarkan Pasal 11 UUD 1945 yang berbunyi, “Presiden beserta dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat menyatakan perjanjian, perang, dan membuat perdamaian dengan negara lain”.
  2. Berdasarkan Pasal 13 Ayat 1 UUD 1945 yang berbunyi, “Presiden mengangkat duta dan konsul”.
  3. Berdasarkan Pasal 13 Ayat 2 UUD 1945 yang berbunyi, “Presiden memperhatikan pertimbangan Dewan Perwakilan Rakyat dalam mengangkat Duta”.
  4. Berdasarkan Pasal 13 Ayat 3 UUD 1945 yang berbunyi, “Presiden menempatkan duta di negara lain dengan memperhatikan pertimbangan Dewan Perwakilan Rakyat”.
  5. Berdasarkan alinea pertama dalam Pembukaan UUD 1945 yang berbunyi, “Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan”.
  6. Berdasarkan alinea keempat dalam Pembukaan UUD 1945 yang berbunyi, “… dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial, …”.

Baca juga : Tugas dan Wewenang MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat) dan DPR (Dewan Perwakilan Rakyat)

Tujuan Politik Luar Negeri Indonesia

Selain landasan politik luar negeri Indonesia diatas, adapula tujuan dari pembentukan kebijakan ini. Politik luar negeri Indonesia bebas aktif  dibuat untuk memperoleh tujuan nasional di negara ini. Adapula tujuan politik luar negeri Indonesia menurut Drs. Moh. Hatta, yakni :

  • Memakmurkan rakyat dengan memenuhi kebutuhan barang barang yang diperlukan dari luar negeri.
  • Meningkatkan rasa solidaritas dan persaudaraan dengan negara negara lain di dunia.
  • Menjaga dan mempertahankan keselamatan serta kemerdekaan negara.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian politik luar negeri Indonesia bebas aktif. Negara Indonesia memiliki sistem politik luar negeri yang bentuknya bebas aktif. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Semua Faktor yang Mempengaruhi Upaya Penegakan Hukum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.