Pengertian Cerita Rakyat, Ciri Ciri, Jenis, dan Unsurnya

Diposting pada

Pengertian Cerita Rakyat, Ciri Ciri, Jenis, dan Unsurnya – Apa itu cerita rakyat? Apa saja ciri ciri cerita rakyat? Apa saja jenis jenis cerita rakyat? Apa saja unsur unsur cerita rakyat? Macam macam cerita rakyat pada dasarnya memiliki unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik cerita rakyat dengan unsur ekstrinsik cerita rakyat tentunya berbeda. Seperti yang telah kita ketahui bahwa ketika di bangku sekolah tentunya kita pernah diajarkan mengenai materi cerita rakyat tersebut.

Materi cerita rakyat tentunya memuat pembahasan mengenai pengertian cerita rakyat, ciri ciri cerita rakyat, jenis jenis cerita rakyat, unsur intrinsik cerita rakyat dan unsur ekstrinsik cerita rakyat. Cerita rakyat pada umumnya termasuk cerita yang berkembang dan berasal dari masyarakat di masa lalu dengan kultur budaya sebagai ciri khas masing masing bangsa yang beraneka jenis sehingga memuat sejarah dan kekayaan budaya di setiap bangsa tersebut. Cerita rakyat pada umumnya berisi kisah asal muasal sebuah tempat atau kejadian sebuah tempat itu sendiri.

Pengertian Cerita Rakyat, Ciri Ciri, Jenis, dan Unsurnya
Contoh Cerita Rakyat

Pada umumnya kita juga menemukan cerita rakyat yang memunculkan tokoh tokoh dalam bentuk dewa, binatang maupun manusia. Dalam cerita rakyat ini terdapat beberapa hal yang dibahas. Apa saja macam macam cerita rakyat itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian cerita rakyat, ciri ciri cerita rakyat, jenis jenis cerita rakyat, unsur intrinsik cerita rakyat dan unsur ekstrinsik cerita rakyat. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Cerita Rakyat, Ciri Ciri, Jenis, dan Unsurnya

Cerita rakyat bisa kita pahami sebagai cerita atau kisah yang asalnya dari masyarakat zaman dahulu dan mulai berkembang dari mulut ke mulut secara luas sampai dikenal oleh masyarakat umum. Cerita rakyat ini memang termasuk warisan budaya yang harus kita lestarikan sampai generasi berikutnya. Untuk itulah jenis jenis cerita rakyat tersebut cukup beragam.

Apa pengertian cerita rakyat itu? Kita dapat mengartikan cerita rakyat Indonesia sebagai cerita yang asalnya dari masyarakat Indonesia yang secara lisan telah diwariskan ke generasi selanjutnya. Cerita tersebut disatukan menjadi satu set dari nilai, sikap dan perilaku yang dimiliki masyarakat Indonesia yang terus berlanjut sampai generasi selanjutnya melalui tradisi tutur.

Sama seperti cerita Bahasa Indoensia lainnya, cerita rakyat juga memiliki definisi, ciri ciri, jenis dan contohnya sendiri. Di bawah ini terdapat penjelasan lebih lanjut mengenai makna cerita rakyat, ciri ciri cerita rakyat, jenis jenis cerita rakyat dan contoh cerita rakyat yaitu sebagai berikut:

Pengertian Cerita Rakyat

Seperti yang telah kita ketahui bahwa cerita rakyat dapat diartikan sebagai cerita di masing masing daerah yang berkembang dan berisi legenda atau asal usur cerita yang terjadi di sebuah daerah. Selain itu adapula yang mengartikan cerita rakyat sebagai cerita yang berkembang dan berasal dari dalam masyakarat. Maka dari itu cerita rakyat termasuk dalam kategori dongeng.

Baca juga : Penggunaan Huruf Kapital yang Baik dan Benar Sesuai Pedoman Bahasa Indonesia

Selain pengertian cerita rakyat di atas, adapula pembahasan mengenai ciri ciri cerita rakyat, jenis jenis cerita rakyat, unsur intrinsik cerita rakyat dan unsur ekstrinsik cerita rakyat. Berikut penjelasan selengkapnya:

Ciri Ciri Cerita Rakyat

Cerita rakyat memiliki beberapa ciri ciri di dalamnya yaitu meliputi:

  • Penyampaian cerita rakyat dapat dilakukan secara lisan.
  • Penyampaiannya turun temurun.
  • Siapa yang pertama kali membuatnya tidak dapat diketahui.
  • Memiliki nilai luhur yang kaya.
  • Memiliki sifat tradisional.
  • Memiliki variasi dan versi yang banyak.
  • Dalam cara pengungkapan atau susunannya terdapat bentuk bentuk klise.

Jenis Jenis Cerita Rakyat

Selain ciri ciri dan pengertian cerita rakyat di atas. Adapula macam macam cerita rakyat berdasarkan William R Bascom yaitu meliputi:

  • Mite (mitos) ialah cerita prosa rakyat yang kejadiannya dianggap benar setelah empunya mengganggap itu suci. Tokoh dalam mite biasanya dalam bentuk makhluk setengah dewa ataupun dewa.
  • Legenda ialah prosa rakyat yang hampir sama ciri cirinya dengan mitos. Tokoh dalam legenda biasanya dapat berupa manusia meskipun sifat sifatnya terkadang luar biasa dan bahkan dibantu oleh makhluk ajaib.
  • Dongeng ialah proosa rakyat yang empunya menganggap benar benar terjadi meski tidak terkait dengan tempat dan waktu.

Selain jenis jenis cerita rakyat di atas, adapula macam macam cerita rakyat secara umum yaitu diantaranya:

  • Legenda ialah cerita rakyat yang berisi kisah terjadinya riwayat sebuah wilayah atau tempat. Misalnya Tangkuban Perahu, Dongeng Gunung Batok, Malin Kundang, Dongeng Banyuwangi dan lain lain.
  • Sage ialah cerita rakyat yang memiliki campuran fantasi rakyat dengan peristiwa sejarah. Misalnya Hikayah Hang Tuang, Ciung Wanara, Syariah melayung dan lain lain.
  • Mite ialah cerita rakyat yang berkaitan dengan kepercayaan mengenai benda gaib atau benda tertentu. Misalnya Jaka tarub, Nyi Roro Kidul dan lain lain.
  • Fabel ialah cerita rakyat yang berisi lambang pengajaran moral dalam bentuk tokoh binatang. Misalnya Kancil dan Buaya, Cerita si Kancil yang Cerdik, Hikayat Kalila dan lain lain.
  • Parabel ialah cerita yang menjelaskan tentang cerita moral dari tokoh tokoh berbentuk benda mati. Misalnya Kisah Sepasang Slop.

Baca juga : Contoh Kalimat Retoris Beserta Pengertian dan Ciri Cirinya

Unsur Unsur Cerita Rakyat

Setelah menjelaskan tentang pengertian cerita rakyat, ciri ciri cerita rakyat, dan jenis jenis cerita rakyat di atas. Selanjutnya saya akan membahas mengenai unsur intrinsik cerita rakyat dan unsur ekstrinsik cerita rakyat. Berikut penjelasan selengkapnya:

Unsur Intrinsik

Pengertian unsur intrinsik ialah unsur yang berasal dari dalam cerita untuk membangun cerita itu sendiri. Cerita rakyat memiliki beberapa unsur intrinsik yaitu:

  • Tema
  • Alur seperti alur maju, alur gabungan dan alur mundur.
  • Latar seperti latar tempat, waktu dan suasana.
  • Penokohan dan tokoh
  • Sudut pandang
  • Amanat

Unsur Ekstrinsik

Pengertian unsur ekstrinsik ialah unsur yang berasal dari luar cerita atau karya sastra tetapi juga digunakan untuk mencari isi dan bentuk sebuah cerita atau karya. Cerita rakyat memiliki beberapa unsur ekstrinsik seperti politik, aliran pengarang, sosial budaya, agama, moral, psikologi, sejarah dan sebagainya.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian cerita rakyat, ciri ciri cerita rakyat, jenis jenis cerita rakyat, unsur intrinsik cerita rakyat dan unsur ekstrinsik cerita rakyat. Cerita rakyat merupakan cerita di masing masing daerah yang berkembang dan berisi legenda atau asal usur cerita yang terjadi di sebuah daerah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Biografi Memuat Informasi Berupa Fakta Serta Disajikan Dalam Bentuk