Jenis Jenis Teks Negosiasi Beserta Penjelasannya

Diposting pada

Jenis Jenis Teks Negosiasi Beserta Penjelasannya – Apa pengertian teks negosiasi itu? Apa saja ciri ciri teks negosiasi? Apa saja unsur unsur teks negosiasi? Apa tujuan teks negosiasi? Apa saja macam macam teks negosiasi? Kegiatan tawar menawar tentunya pernah dilakukan oleh masing masing manusia dengan manusia lainnya dalam aktivitas jual beli. Misalnya pihak bank dengan pengusaha dan sebagainya. Kegiatan tawar menawar tersebut dapat dinamakan dengan negosiasi. Teks negosiasi memiliki ciri utama yakni menghasilkan keputusan dan mencari penyelesaian yang saling menguntungkan. Kemudian negosiasi dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh kata sepakat.

Ketika di bangku sekolah tentunya para siswa telah diajarkan mengenai materi teks negosiasi. Dalam materi tersebut terdapat beberapa pembahasan seperti pengertian teks negosiasi, unsur unsur teks negosiasi, ciri ciri teks negosiasi, jenis jenis teks negosiasi dan tujuan teks negosiasi. Teks negosiasi sendiri merupakan sebuah bentuk interaksi sosial yang bertujuan untuk memperoleh penyelesaian bersama dalam perbedaan kepentingan antar pihak pihak yang bersangkutan. Penyelesaian perbedaan ini diupayakan oleh pihak pihak tadi dengan menggunakan dialog tanpa harus merugikan pihak lain.

Jenis Jenis Teks Negosiasi Beserta Penjelasannya
Teks Negosiasi

Antar pihak dalam negosiasi melakukan aktivitas ini untuk memperoleh penyelesaian bersama dengan cara mencari kesepakatan. Teks tersebut bertujuan untuk menentukan butir butir yang sama dan mengurangi perbedaan posisi antar pihak demi kesepakatan bersama untuk disetujuinya. Kegiatan ini dilakukan dengan cara masing masing pihak memiliki wakilnya sendiri sebelum melaksanakan negosiasi. Pada kesempatan kali ini saya akan memahas tentang jenis jenis teks negosiasi beserta penjelasannya. Selain itu saya juga menyertakan penjelasan mengenai pengertian teks negosiasi, unsur unsur teks negosiasi, ciri ciri teks negosiasi dan tujuan teks negosiasi. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Jenis Jenis Teks Negosiasi Beserta Penjelasannya

Apakah anda tahu tujuan teks negosiasi itu? Teks negosiasi bertujuan untuk memperoleh kesepakatan menggunakan persamaan persetujuan, persepsi dan pengertian. Selain itu juga bertujuan untuk menyelesaikan masalah bersama yang dihadapi dan menggapai keadaan yang saling menguntungkan (win win solution).

Apa itu teks negosiasi? Pengertian teks negosiasi ialah sebuah bentuk interaksi sosial antara beberapa pihak dengan kepentingan berbeda untuk memperoleh kesepakatan bersama. Negosiasi berdasarkan KBBI juga dapat didefinisikan sebagai proses tawar menawar untuk menerima dan memberi perundingan antar satu sama lain demi kesepakatan bersama. Negosiasi sendiri dilakukan oleh kedua belah pihak dengan masing masing hak atas hasil kesepakatan yang ada. Pelaksanaan negosiasi ini memiliki hasil akhir yang disetujui semua pihak terlibat. 

Baca juga : 10 Contoh Cerita Fabel Singkat dan Pendek Beserta Strukturnya

Dalam pelaksanaan teks negosiasi memang harus memperoleh persetujuan bersama demi hasil akhir berbentuk kesepakatan bersama. Selain pengertian di atas, adapula penjelasan mengenai jenis jenis teks negosiasi, ciri ciri, unsur unsur dan tujuan di dalamnya. Berikut penjelasan selengkapnya:

Ciri Ciri Teks Negosiasi

Teks negosiasi memiliki beberapa ciri ciri seperti halnya teks dalam Bahasa Indonesia lainnya. Adapun beberapa ciri dari teks negosiasi yaitu diantaranya:

  • Memberikan hasil kesekapatan yang saling menguntungkan.
  • Ditujukan untuk tujuan yang praktis.
  • Lebih memfokuskan pada kepentingan bersama.
  • Sebagai sarana memperoleh penyelesaian.

Tujuan Teks Negosiasi

Selain ciri ciri teks negosiasi dan pengertian teks negosiasi tersebut. Adapula tujuan dari teks negosiasi yaitu mencari jalan tengah dari suatu permasalahan dengan cara kesepakatan bersama yang saling menguntungkan. Dengan begitu pihak satu dan pihak lainnya tidak saling merugikan. Pelaksanaan negosiasi tersebut yang paling utama ialah tidak mementingkan kepentingan diri sendiri sehingga harus mengutamakan kepentingan bersama. 

Unsur Unsur Teks Negosiasi

Sebelum menjelaskan tentang jenis jenis teks negosiasi, saya akan membahas terlebih dahulu mengenai unsur unsur pada teks negosiasi. Teks negosiasi memiliki beberapa unsur seperti di bawah ini:

  • Terdapat penawaran dan pengajuan.
  • Terdapat partisipan.
  • Tidak ada negosiasi apabila tidak ada kesepakatan.
  • Kedua pihak memiliki perbedaan kepentingan.
  • Terdapat kesepakatan atau persetujuan.

Baca juga : 6 Tips Mengerjakan Soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

Macam Macam Teks Negosiasi

Setelah menjelaskan tentang pengertian teks negosiasi, ciri ciri teks negosiasi, tujuan teks negosiasi dan unsur unsur teks negosiasi di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang beberapa jenis negosiasi yang tersedia. Adapun jenis jenisnya yaitu:

Berdasarkan Untung Rugi

Jenis jenis teks negosiasi yang pertama didasarkan pada untung rugi. Menurut untung rugi tersebut teks negosiasi dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis yaitu:

  • Negosiasi menghindari konflik (lose lose) maknanya kedua belah pihak tidak melakukan kesepakatan dalam penyelesaian masalah karena menghindari konflik yang mungkin akan terjadi.
  • Negosiasi kolaborasi (win win) maknanya negosiasi dilakukan dengan menggabungkan masing masing kepentingan demi berupaya memperoleh sebuah kesepakatan.
  • Negosiasi akomodasi (lose win) maknanya negosiasi memberikan keuntungan bagi pihak lawan yang sangat besar, namun keuntungan bagi negosiator sangat sedikit dan bahkan dapat menjadi rugi.
  • Negosiasi dominasi (win lose) maknanya pemeroleh kesepakatan dapat memberikan keuntungan yang sangat besar, namun keuntungan bagi pihak lawan lebih sedikit.

Berdasarkan Situasi

Jenis jenis teks negosiasi selanjutnya didasarkan pada situasinya. Menurut situasi tersebut teks negosiasi dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis yaitu:

  • Negosiasi formal dengan perjanjian sah secara hukum dalam pelaksanaan negosiasi.
  • Negosiasi informal atau non formal dimana perjanjian khusus tidak diperlukan untuk melakukan negosiasi sehingga dapat terjadi pada siapa saja, kapan saja dan dimana saja.

Berdasarkan Jumlah Negosiator

Macam macam teks negosiasi selanjutnya didasarkan pada jumlah negosiatornya. Menurut jumlah negosiator tersebut teks negosiasi dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis yaitu:

  • Negosiasi dengan pihak penengah maknanya negosiasi ini dilakukan oleh pihak penengah dengan dua atau lebih negosiator.
  • Negosiasi tanpa pihak penengah maknanya negosiasi hanya dilaksanakan oleh dua atau lebih negosiator. 

Sekian penjelasan mengenai jenis jenis teks negosiasi, pengertian teks negosiasi, unsur unsur teks negosiasi, ciri ciri teks negosiasi dan tujuan teks negosiasi. Negosiasi merupakan bentuk interaksi sosial antara beberapa pihak dengan kepentingan berbeda untuk memperoleh kesepakatan bersama. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Pengertian Poster, Tujuan, Fungsi dan Jenis Jenisnya