Batas Wilayah ASEAN Berdasarkan Letak Geografis Lengkap

Diposting pada

Batas Wilayah ASEAN Berdasarkan Letak Geografis Lengkap – ASEAN pertama kali didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok. ASEAN sendiri merupakan organisasi ekonomi dan geopolitik yang berasal dari negara negara kawasan Asia Tenggara. Tujuan organisasi ASEAN adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, perkembangan kebudayaan di negara anggota dan kemajuan sosial.

Disisi lain ASEAN juga memiliki tujuan lainnya yaitu memajukan kestabilan dan perdamaian regional serta meningkatkan kesempatan perdamaian atas perbedaan yang terdapat di negara negara anggotanya. Apakah anda tahu batas wilayah ASEAN berdasarkan letak geografis?

ASEAN dibentuk karena dilatarbelakangi oleh perseteruan antara Uni Soviet dengan Amerika Serikat. Kedua negara tersebut saling perang dingin dikala itu karena persaingan propaganda, politik, dan ekonomi.

Anggota Organisasi ASEAN

Dua negara yang saling berkonflik dan saling merebut ideologi ini mulai berpotensi mengganggu dan mempengaruhi negara lain. Oleh karena itu beberapa pimpinan di Asia Tenggara membuat rencana untuk membentuk organisasi yang menyejahterakan dan menjaga keamanan negara negara di Asia Tenggara. Maka dari itu terbentuklah organisasi ASEAN. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang batas wilayah ASEAN berdasarkan letak geografis lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Batas Wilayah ASEAN Berdasarkan Letak Geografis Lengkap

Apa yang dimaksud ASEAN itu? Pengertian ASEAN adalah organisasi yang berisi negara negara di Asia Tenggara dengan tujuan untuk meminimalisir masalah yang terjadi karena interaksi antar negara dalam bidang tertentu. ASEAN sendiri merupakan singkatan dari Association of Southeast Asian Nations atau dapat dinamakan dengan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (Perbara).

Berdirinya ASEAN pada mulanya hanya memiliki lima negara anggota saja seperti Malaysia, Singapura, Indonesia, Thailand, dan Singapura. Setelah itu mulai bertambah anggotanya yaitu negara Vietnam, Myanmar, Brunei Darussalam, Kamboja, dan Laos.

Baca Juga  Pengertian Peta (Jenis, Tujuan, Dan Fungsi Peta)

Baca juga : Pengertian Peta (Jenis, Tujuan, Dan Fungsi Peta)

Pada dasarnya di ASEAN terdapat pembagian batas wilayah yang didasarkan pada letak geografisnya. Letak geografis tersebut adalah letak sebuah daerah yang berdasarkan posisi daerah bola bumi atau kenyataan di bumi itu. Adapun batas wilayah ASEAN berdasarkan letak geografis yaitu sebagai berikut:

  • Batas wilayah utara yaitu China, Laut China Selatan.
  • Batas wilayah timur yaitu Papua Nugini, Samudera Pasifik.
  • Batas wilayah selatan yaitu Samudera Hindia.
  • Batas wilayah barat yaitu India, Samudera Hindia.

Letak ASEAN secara geografis berada diantara 28 LU – 11 LS dan 92 BT – 141 BT. Seluruh negara negara ASEAN tersebut memiliki iklim tropis karena letak geografisnya ada di sekitar garis khatulistiwa atau garis ekuator. Maka dari itulah iklimnya sama sehingga kekayaan alam yang dimiliki ASEAN memang relatif sama.

Sekian penjelasan mengenai batas wilayah ASEAN berdasarkan letak geografis lengkap. ASEAN merupakan organisasi yang beranggotakan negara negara di kawasan Asia Tenggara. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.