Pengertian Rantai Makanan Beserta Jenis dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Rantai Makanan Beserta Jenis dan Contohnya – Di muka bumi ini terdapat berbagai jenis makhluk hidup. Salah satunya ialah manusia. Manusia saling berdampingan dengan banyak makhluk hidup lainnya sehingga dapat tumbuh dan berkembang. Diantara makhluk hidup ini terdapat interaksi yang terjadi karena berperan sebagai sesama makhluk hidup yang ada di bumi. Selain itu diantara makhluk hidup tadi juga terdapat hubungan yang saling mempengaruhi dan menciptakan adanya ekosistem. Dalam ekosistem tersebut berlangsung adanya proses rantai rantai makanan. Apakah anda tahu apa saja jenis jenis rantai makanan? Apa saja contoh rantai makanan? 

Hubungan antara jaring jaring makanan dalam lingkungan ekosistem pada dasarnya saling mengikat satu sama lain. Selain itu adapula peran rantai makanan di dalamnya. Pengertian ekosistem sendiri ialah sebuah sistem ekologi yang mengandung timbal balik hubungan siklus materi dengan keanekaragaman spesies dan arus energi menggunakan beberapa komponen di dalamnya. Lalu apa pengertian rantai makanan itu? Apa saja jenis jenis rantai makanan? Bagaimana contoh rantai makanan itu? Materi rantai makanan ini berhubungan dengan proses serangkaian organisme yang saling makan dan dimakan secara berurutan. 

Pengertian Rantai Makanan Beserta Jenis dan Contohnya
Tingkat Trofik Rantai Makanan

Masing masing makhluk hidup memerlukan energi tertentu untuk melanjutkan hidupnya. Energi yang diperoleh masing masing makhluk hidup ini berasal dari makanan yang mereka makan karena makanan mengandung energi tersebut. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian rantai makanan, jenis jenis rantai makanan dan contoh rantai makanan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Rantai Makanan Beserta Jenis dan Contohnya

Rantai makanan dapat diartikan sebagai suatu peristiwa antara sesama makhluk hidup yang saling makan dan dimakan secara berurutan. Makhluk hidup dalam rantai makanan memiliki peran sebagai pengurai (dekomposer), produsen maupun konsumen. Proses makan dan dimakan yang terjadi dalam sebuah rantai makanan memang memiliki urutan tertentu. Dalam hal ini terdapat peran tingkat trofik yang merupakan tingkan rantai makananan di dalam ekosistemnya.  

Baca juga : Ciri Ciri Fungi (Jamur) Beserta Klasifikasinya Lengkap

Setelah menjelaskan tentang pengertian rantai makanan tersebut, saya akan menjelaskan sedikit mengenai hal hal yang berhubungan dengan materi rantai makanan ini. Dalam rantai makanan terdapat tingkat trofik yang pertama berupa produsen seperti tumbuh tumbuhan hijau karena organisme ini dapat membuat atau menghasilkan zat makanan sendiri. Kemudian tingkat trofik yang ada diurutan kedua dapat berupa konsumen primer atau konsumen tingkat I. Pada umumnya yang menempati konsumen ini biasanya pemakan tumbuhan (hewan herbivora).

Diurutan tingkat trofik ketiga dapat ditempati oleh organisme berupa konsumen tingkat II atau konsumen sekunder seperti hewan pemakan daging (hewan karnivora). Tingkat tropik yang terakhir atau tertinggi ialah hewan omnivora yang menempati konsumen puncak.

Rantai Makanan di Sawah

Kita tahu bahwa rantai makanan merupakan sebuah hubungan antara makhluk hidup yang saling timbal balik. Untuk itu dapat disimpulkan bahwa pengertian rantai makanan ialah proses serangkaian organisme yang saling makan dan dimakan menggunakan urutan tertentu. Dalam proses makan dan dimakan ini terdapat hubungan setiap kelompok organisme. Untuk itu terjadinya proses ini berlangsung secara berantai, dimana kelompok organisme lainnya dimangsa oleh kelompok organisme tertentu. Di bawah ini terdapat contoh rantai makanan di sawah yaitu sebagai berikut:

Pengertian Rantai Makanan Beserta Jenis dan Contohnya
Gambar Rantai Makanan di Sawah

Baca juga : Pediksi dan Latihan Soal UN IPA SD 2020 Beserta Kunci Jawabannya Terlengkap

Pada awalnya tumbuhan dapat menghasilkan makanannya sendiri karena termasuk organisme autotrof. Kemudian belalang memakan tumbuhan tersebut. Namun belalang ditangkap oleh katak dan katak diburu oleh ular. Akan tetapi ular ditangkap oleh elang. Proses makan dan dimakan ini dinamakan dengan proses rantai makanan yang berlangsung di komunitas sawah. 

Jenis Jenis Rantai Makanan

Setelah menjelaskan tentang pengertian rantai makanan dan contoh rantai makanan di sawah tersebut. Selanjutnya saya akan membahas tentang macam macam rantai makanan. Rantai makanan menurut organisme yang mengawalinya dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti rantai detritus, rantai saprofit, rantai perumput dan rantai parasit. Berikut penjelasan selengkapnya:

Rantai Makanan Perumput

Jenis jenis rantai makanan yang pertama ialah rantai makanan perumput. Rantai makanan tersebut seringkali dikenali dan ditemui. Awal mula rantai makanan ini berasal dari produsen di tingkat trofik pertama yang berupa tumbuh tumbuhan. Misalnya rumput → belalang → katak → burung → ular → elang. Dalam hal ini produsen dipegang oleh rumput yang sifatnya autotrof. Kemudian belalang memakan tumbuhan. Namun katak memakan belalang tadi dan ular memakan katak. Setelah itu burung elang memburu ular untuk memakannya. Setelah elang mati nantinya organisme lain akan memakan bangkainya dan bakteri pengurai akan menguraikannya.

Rantai Makanan Detritus

Macam rantai makanan selanjutnya yaitu rantai makanan detritus. Pengertian rantai makanan detritus ialah rantai makanan yang diawali dengan detritivor dan bukan tumbuhan. Detritivor merupakan organisme heterotrof yang memakan sisa sisa makhluk hidup untuk memperoleh energi. Adapun contoh rantai makanan detritus ialah sampah (serpihan daun) → cacing tanah → ayam → manusia. 

Baca juga : Urutan Organisasi Kehidupan dari Terkecil ke Terbesar Terlengkap

Dalam rantai makanan ini terdapat detritus yang berperan dalam proses penghancuran (fragmen) tumbuhan dan hewan (organisme) yang mati. Organisme ini menyisakan detritus yang berupa daun, kotoran hewan ataupun gugurnya rantai. Setelah itu dekomposer (pengurai) akan menguraikan sisa organisme tadi. Disinilah peran detritivor (organisme yang memakan detritus) seperti rayap, keluwing, cacing dan lain lain.

Rantai Makanan Parasit

Jenis jenis rantai makanan selanjutnya ialah rantai makanan parasit. Pengertian parasit ialah organisme yang kehidupannya bergantung kepada organisme lainnya karena merugikan (linang). Rantai makanan tersebut memiliki ciri khas yang berupa organisme besar dimangsa oleh organisme kecil. Adapun contohnya yaitu keledai (darah) → kutu → burung jalak → elang.

Rantai Makanan Saprofit

Macam rantai makanan selanjutnya yaitu rantai makanan saprofit. Pengertian rantai makanan saprofit ialah proses makan dan dimakan antara organisme saprofit dalam menguraikan jasad makhluk hidup yang telah mati. Rantai makanan ini memiliki ciri khas yang berupa organisme saprofit ini seperti jamur, lumut kerak dan bakteri. Pengertian saprofit ialah organisme yang dapat menguraikan sisa organisme lain yang mati. 

Organisme saprofit dengan detritifor tersebut pada dasarnya berbeda. Sisa jasad mati yang diuraikan saprofit berupa bahan organik untuk diubah menjadi mineral (bahan anorganik), dimana nantinya tumbuhan akan menyerapnya. Adapun contoh rantai makanan saprofit yaitu kayu lapuk → jamur → ayam → rubah.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian rantai makanan, jenis jenis rantai makanan dan contoh rantai makanan. Rantai makanan merupakan suatu peristiwa antar sesama makhluk hidup yang saling makan dan dimakan secara berurutan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi rantai makanan di atas.

Baca Juga  Penjelasan Sel Sebagai Unit Terkecil Kehidupan dan Bioproses Pada Sel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.