Apa Yang Dimaksud dengan Kalimat Utama dalam Paragraf

Diposting pada

Apa Yang Dimaksud dengan Kalimat Utama dalam Paragraf – Apa itu kalimat? Secara umum pengertian kalimat adalah rangkaian kata atau satuan bahasa yang berbentuk kata dimana dapat dinyatakan maknanya secara lengkap dan bisa berdiri sendiri. Adapula yang mengartikan kalimat sebagai satuan bahasa paling kecil yang dapat digunakan sebagai ungkapan pikiran secara utuh, baik dengan tulisan atupun lisan.

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa jenis jenis kalimat dalam Bahasa Indonesia cukup beragam. Masing masing jenis kalimat itu memiliki karakteristik dan contohnya sendiri. Tidak terkecuali dengan kalimat utama ini. Apa yang dimaksud dengan kalimat utama? Jika membahas tentang kalimat utama, maka adapula istilah tentang kalimat penjelas. Kedua kalimat ini saling berkaitan dalam sebuah paragraf. Jika dijabarkan kembali, maka kalimat utama akan diperjelas maknanya menggunakan kalimat penjelas.

Apa Yang Dimaksud dengan Kalimat Utama dalam Paragraf
Letak Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas dalam Paragraf

Dalam suatu tulisan pasti terdapat bagian penting yang tidak boleh dihilangkan yaitu adanya kalimat utama. Kalimat utama tersebut dapat dikenal dengan istilah gagasan pokok atau kalimat pokok. Jika kita akan membuat atau membaca sebuah tulisan, maka kita diharuskan untuk memahami tentang kalimat pokok ini. Terlebih lagi jika banyak sekali pertanyaan seperti jelaskan apa yang dimaksud kalimat utama tersebut. Nah anda tidak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan kalimat utama dalam paragraf. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Apa Yang Dimaksud dengan Kalimat Utama dalam Paragraf

Sebenarnya cara memahami kalimat utama dalam suatu tulisan tidaklah sulit, karena kita hanya perlu memahami ciri ciri dari kalimat tersebut. Selain itu anda juga perlu memahami perbedaan kalimat utama dan kalimat penjelas lengkap dengan ciri cirinya seperti pada artikel yang saya jelaskan sebelumnya. Dengan melihat perbedaan tersebut, anda dapat mengetahui bagaimana cara menemukan letak kalimat utama.

Dalam sebuah paragraf pastinya kita akan menemukan adanya kalimat utama yang disertai dengan kalimat penjelas. Kedua kalimat ini dapat dicantumkan dalam beberapa jenis tulisan dengan informasi yang berbeda beda. Biasanya sebuah tulisan akan memiliki banyak kalimat terangkum di dalam paragraf paragraf tertentu, dimana setiap paragraf berisi informasi untuk pembaca yang sangat penting.

Seperti yang kita tahu bahwa hal penting dalam paragraf tersebut memang sangat perlu dicermati oleh para pembaca dengan baik. Hal yang saya maksud ini seperti letak kalimat yang isinya pokok pikiran serta beberapa kalimat menjadi lanjutan keterangan dari kalimat utama itu. Dalam kalimat utamaa terdapat pokok pikiran yang berisi inti tulisan tersebut. Lantas apa yang dimaksud kalimat utama? Di bawah ini terdapat penjelasan lengkap mengenai apa yang dimaksud dengan kalimat utama dalam paragraf yaitu meliputi:

Pengertian Kalimat Utama

Kalimat secara umum dapat diartikan sebagai kalimat yang berisi pokok pikiran yang dilengkapi dengan penjabarannya. Salah satu jenis kalimat yang akan saya bahas adalah kalimat utama. Apa itu kalimat utama? Kalimat utama adalah kalimat yang isinya ide utama atau ide pokok paragraf. Kalimat utama tersebut memiliki beberapa ciri ciri di dalamnya. Adapun ciri ciri kalimat utama yaitu sebagai berikut:

Baca Juga  Pemindahan Ibu Kota Kesultanan Dari Demak ke Pajang Dilakukan Oleh
  1. Kalimatnya lengkap dan dapat berdiri sendiri.
  2. Berisi masalah potensial yang dapat diuraikan atau dirinci secara lebih lanjut.
  3. Memiliki arti yang jelas sehingga tidak perlu dikaitkan dengan kalimat lainnya.
  4. Pembentukannya tanpa disertai dengan frasa transisi atau kata sambung.

Jenis Jenis Kalimat Utama

Dari penjelasan di atas tentunya anda sudah paham dengan apa yang dimaksud dengan kalimat utama itu bukan? Kalimat ini pada dasarnya masih dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis. Adapun macam macam kalimat utama berdasarkan posisinya yaitu sebagai berikut:

Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah paragraf yang letak kalimat utamanya di bagian awal kalimat. Dalam paragraf ini terdapat informasi yang penyampaiannya bermula dari hal umum sampai hal yang lebih spesifik.

Paragraf Induktif

Paragraf Induktif adalah paragraf yang letak kalimat utamanya di bagian akhir paragraf. Paragraf ini memiliki informasi yang penyampaiannya bersifat khusus menuju hal yang lebih umum. Biasanya paragraf ini memiliki kalimat utama yang berbentuk kesimpulan topik. Paragraf tersebut juga memiliki pola yang bervariasi karena dapat berbentuk paragraf generalis, analogi maupun pola sebab akibat.

Paragraf Campuran

Paragraf campuran adalah paragraf yang kalimat utamanya di awal dan akhir kalimat sehingga termasuk perpaduan paragraf deduktif dan induktif. Paragraf ini memiliki kalimat yang bermula dari pola umum ke khusus dan kembali ke umum lagi. Kalimat utama tersebut adalah pernyataan umum, sedangkan dibagian akhir termasuk kesimpulan.

Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa jawaban apa yang dimaksud dengan kalimat utama dalam paragraf adalah kalimat yang berisi inti penggalan paragraf atau cerita dari semua isi di dalamnya. Dalam kalimat utama tersebut terdapat ide utama, gagasan utama, ide pokok, pokok utama, ataupun gagasan pokok. Kalimat utama ini bersifat umum karena memuat keseluruhan isi dari penggalan sebuah cerita. Pengertian kalimat utama ini tentunya berbeda dengan pengertian kalimat penjelas tersebut.

Jika paragraf tidak mempunyai kalimat utama, maka paragraf tersebut akan menyebabkan kerancuan dan dapat dinyatakan sebagai paragraf tidak bagus. Dengan adanya kalimat utama ini, kalimat kalimat lain akan muncul dengan isi yang menjelaskan informasi tersebut secara rinci. Kalimat utama dapat membuat kalimat penjelas atau kalimat khusus menjadi lebih berkembang sehingga keberadaannya cukup penting. Sekian penjelasan mengenai apa yang dimaksud kalimat utama dalam paragraf. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.