Sebutkan Ciri Ciri Lagu Wajib

Diposting pada

Sebutkan Ciri Ciri Lagu Wajib – Pertama kali musik muncul dalam bentuk suara manusia tanpa diiringi dengan instrumen. Musik tersebut berguna untuk acara keagamaan, upacara adat, dan pertemuan. Kemudian pada abad pertengahan musik mulai berkembang di Yunani. Dikala itu teori dan sistem musik dibuat oleh Paus Gregorious Agung. Musik ini dapat dikembangkan untuk memunculkan rasa kebangsaan.

Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang pengertian seni musik. Seperti yang kita tahu bahwa setiap negara dapat memiliki rasa kebangsaan mulai dari abad ke 19. Kemudian setiap negara tersebut membuat lagu kebangsaan, termasuk bangsa Indonesia. Lagu lagu kebangsaan ini sering dinyanyikan di dalam acara formal ataupun disekolah. Tetapi apakah anda tahu perbedaan lagu wajib dan lagu nasional itu? Sebutkan ciri ciri lagu wajib?

sebutkan ciri ciri lagu wajib
Definisi Lagu Wajib

Pengertian lagu Nasional adalah lagu yang memiliki tema tanah air. Lagu Nasional tersebut mempunyai latar belakang sejarah dan dinyanyikan warga negara Indonesia. Lagu Nasional tersebut menggunakan Bahasa Indonesia dengan isi tentang kehidupan bangsa Indonesia. Kemudian untuk pengertian lagu wajib adalah lagu yang dinyanyikan oleh semua rakyat Indonesia untuk menanamkan rasa cinta tanah air, persatuan, dan kesatuan. Coba sebutkan ciri ciri lagu wajib?

Sebutkan Ciri Ciri Lagu Wajib

Seperti yang kita tahu bahwa lagu wajib dijadikan sebagai hasil dan produk masyarakat dalam bidang musik. Lagu wajib tersebut juga dijadikan sebagai ikon budaya bagi masyarakat Indonesia. Berbeda dengan lagu wajib, lagu Nasional lebih mengarah pada Nasionalisme dan perjuangan yang bersifat wajib untuk dihafalkan peserta didik. Biasanya lagu perjuangan dimainkan demi membangkitkan semangat perjuangan dalam kemerdekaan.

Lagu wajib ini pada dasarnya telah diajarkan ketika dibangku sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Hal ini dilakukan agar pelajar memahami dan mengetahui isi lagu lagu tersebut. Coba anda sebutkan ciri ciri lagu wajib? Selain materi lagu wajib ini, anda juga dapat mempelajari tentang pengertian musik Nusantara dan contohnya dalam artikel sebelumnya.

Baca Juga  Urutan Struktur Teks Biografi Yang Benar Adalah

Jika membahas lebih lanjut mengenai lagu wajib tersebut, maka kita akan menemukan salah satu bentuk soal seperti di bawah ini:

Sebutkan ciri ciri lagu wajib?

Jawaban.
Lagu wajib memiliki ciri ciri seperti di bawah ini:

  • Lagu wajib memiliki lirik yang tujuannya untuk menanamkan sikap heroisme, nasionalisme, cinta tanah air, dan patriotisme serta rela mengorbankan raga dan jiwa demi kelangsungan hidup bangsa.
  • Biasanya irama lagu wajib yang digunakan berbentuk hymne atau penuh semangat.
  • Lagu wajib yang dihayati, diajarkan, dan dipelajari sesuai dengan tujuan dan maksud yang terkandung di dalamnya.

Lagu wajib memang merupakan lagu yang sudah seharusnya untuk dinyanyikan. Lagu ini biasanya ditentukan sesuai dengan kepentingan acaranya. Contohnya upacara bendera. Lagu wajib ini memang terkadang dinyanyikan dalam suatu perlombaan. Penentuan lagu wajib tersebut dipilih oleh juri atau panitia.

Dari penjelasan ini tentunya anda dapat menjawab pertanyaan sebutkan ciri ciri lagu wajib tersebut. Lagu wajib ini pada dasarnya dapat dinamakan dengan lagu kebangsaan. Kemudian lagu wajib nasional adalah lagu yang dinyanyikan oleh semua rakyat Indonesia untuk menanamkan rasa cinta tanah air, persatuan, dan kesatuan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.