Tuliskan Proses Terjadinya Air Tanah

Diposting pada

Tuliskan Proses Terjadinya Air Tanah – Seperti yang kita tahu bahwa kehidupan masing masing makhluk hidup dibumi memiliki sumber air yang ada seperti air tanah tersebut. Tanpa adanya air ini, kehidupan bumi tidak akan pernah ada. Kebutuhan akan air merupakan hal utama yang diperlukan oleh beberapa negara yang krisis air. Di bumi ini pada dasarnya terdapat beberaa jenis air sepertii air hujan, air tanah, air sungai, maupun air laut.

Peranan air tanah dalam kehidupan sehari hari memang sangat penting. Misalnya untuk kebutuhan rumah tangga, kebutuhan industri, maupun untuk keseimbangan alam. Air secara umum memang mempunyai manfaat untuk kehidupan yang cukup penting, baik bagi tumbuhan, manusia, ataupun hewan. Secara umum asal air memang dari tanah, baik digunakan untuk sumber air manusia, flora, dan fauna. Lalu coba tuliskan proses terjadinya air tanah tersebut?

Tuliskan Proses Terjadinya Air Tanah
Skema Lapisan Air Tanah

Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang faktor yang mempengaruhi pengangkutan air dari dalam tanah. Air ini juga bermanfaat dalam siklus hidrologi. Air tanah pada umumnya banyak digunakan untuk tumbuhan dalam proses fotosintesis, dimana air diserap oleh akar dan didukung oleh adanya unsur hara. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang tuliskan proses terjadinya air tanah. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Tuliskan Proses Terjadinya Air Tanah

Apa itu air tanah? Pengertian air tanah adalah air yang terletak di lapisan tanah pada bagian permukaan bumi. Asal air tanah ini adalah dari air hujan yang meresap dalam tanah. Air hujan yang semakin banyak meresap ke dalam tanah, maka akan membuat air tanah juga semakin banyak. Resapan air yang besar ataupun kecil didasarkan pada tingkat kemiringan lereng, kelembaban tanah, dan porositas tanah.

Baca Juga  Sistem Pernapasan Hewan Vertebrata dan Invertebrata Lengkap

Lantas coba tuliskan proses terjadinya air tanah? Seperti yang kita tahu bahwa tanah merupakan lapisan kulit bumi yang tergolong tipis serta berada di permukaan teratas permukaan bumi. Tanah termasuk dalam hasil erosi atau pelapukan batuan anorganik (induk) yang telah tercampur bahan organik. Air tanah secara umum dapat dibagi menjadi dua jenis yakni:

  1. Air tanah dangkal adalah air tanah yang terletak di bagian atas lapisan batuan yang kedap air.
  2. Air artesis adalah air tanah yang berada di antara dua lapisan yang kedap air.

Setelah membahas tentang materi air tanah ini tentunya kita akan menemukan salah satu bentuk soal seperti di bawah ini:

Tuliskan proses terjadinya air tanah?

Jawaban.
Terjadinya air tanah pada dasarnya melalui proses penyerapan air hujan yang dilakukan oleh batuan dan tanah sehingga letak air tersebut di dalam tanah. Air tanah akan lebih bersih dan jernih jika letaknya semakin dalam karena telah mengalami proses penyaringan oleh lapisan tanah.

Dari sini kita tahu jawaban dari pertanyaan tuliskan proses terjadinya air tanah tersebut. Seperti yang kita tahu bahwa tahapan dalam siklus air dapat terdiri dari beberapa proses seperti:

  1. Penguapan air yang terjadi di bagian permukaan laut, tanah, sungai, danau, hingga dalam tumbuhan.
  2. Berkumpulnya uap air hingga menjadi awan.
  3. Proses kondensasi yang dialami oleh uap air di awan.
  4. Terjadinya hujan.
  5. Jatuhnya air ke permukaan tanah, danau, laut, dan sungai.
  6. Meresapnya air hujan ke dalam tanah sehingga dapat dinamakan dengan air tanah.