Kegiatan Perkebunan yang Dilakukan di Daerah Dataran Rendah Adalah Perkebunan

Diposting pada

Kegiatan Perkebunan yang Dilakukan di Daerah Dataran Rendah Adalah Perkebunan – Seperti yang kita tahu bahwa muka bumi ini dibentuk oleh adanya tenaga eksogen dan endogen hingga menghasilkan relief permukaan bumi. Relief secara garis besar adalah perbedaan antara tinggi rendahnya bentuk bentuk dari muka bumi. Relief secara umum dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu relief lautan dan relief daratan. Relief daratan memiliki beberapa jenis bentuk seperti dataran luas, tonjolan, dan cekungan.

Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang bentuk bentuk muka bumi daratan dan lautan. Lalu kegiatan perkebunan yang dilakukan di daerah dataran rendah adalah perkebunan apa? Dataran rendah merupakan salah satu contoh bentuk dataran luas. Apa itu dataran rendah? Pengertian dataran rendah adalah sebuah hamparan tanah lapang yang mempunyai ketinggian cukup rendah sekitar kurang dari 200 meter di atas permukaan laut.

Kegiatan Perkebunan yang Dilakukan di Daerah Dataran Rendah Adalah Perkebunan
Daerah Dataran Rendah

Dataran rendah termasuk jenis bentuk muka bumi yang disebut dengan dataran aluvial. Munculnya dataran rendah ini disebabkan karena adanya sedimentasi sungai. Sedimentasi sungai ini memiliki proses pembuatan tanah dataran rendah hingga menjadi tanah subur. Biasanya dataran rendah berdekatan dengan hilir sungai maupun daerah pantai. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang kegiatan perkebunan yang dilakukan di daerah dataran rendah adalah perkebunan apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Kegiatan Perkebunan yang Dilakukan di Daerah Dataran Rendah Adalah Perkebunan

Dataran rendah dari segi cuaca mempunyai curah hujan yang cukup tinggi. Dataran rendah tersebut merupakan daerah yang suhunya sekitar 23 derajat sampai 28 derajat celcius. Dataran rendah biasanya berguna untuk tempat tinggal dan kawasan padat penduduk karena suhu udaranya tidak terlalu dingin dan tanahnya subur. Kualitas hidup masyarakat yang tinggal di dataran rendah biasanya sangat baik karena daerah tersebut memiliki perekonomian yang cukup berkembang.

Kegiatan perkebunan yang dilakukan di daerah dataran rendah adalah perkebunan apa? Seperti yang kita tahu bahwa dataran rendah mempunyai hutan yang luas, dimana potensi perkebunannya cukup besar. Hutan dataran rendah tersebut mempunyai vegetasi yang cukup beragam daripada hutan pegunungan karena didominasi oleh kayu keras dan pohon berbuah. Kehutanan dataran rendah memiliki sumber daya yang berupa madu, kayu, buah, dan jenis jenis satwa sebagai hasilnya.

Baca Juga  Larutan yang Mempunyai pH Lebih Besar Dari 7 Adalah

Apa itu perkebunan? Pengertian perkebunan adalah pertanian dalam skala besar yang memiliki satu jenis vegetasi di dalamnya. Lahan yang disediakan dalam dataran rendah memang cukup luas karena digunakan untuk mengembangkan perkebunan. Di daratan rendah biasanya terdapat banyak perkebunan yang didominasi oleh kakao, tebu, kelapa sawit, karet, maupun kopi. Materi tentang dataran rendah ini pada umumnya telah kita pelajari ketika di bangku sekolah. Materi ini sering kali menjadi salah satu bahan soal seperti berikut:

Kegiatan perkebunan yang dilakukan di daerah dataran rendah adalah perkebunan . . .
A. Teh
B. Kopi
C. Tebu
D. Cengkeh

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan C. Tebu.

Dari jawaban di atas dapat kita simpulkan bahwa kegiatan perkebunan yang dilakukan di daerah dataran rendah adalah perkebunan tebu. Dataran rendah adalah bentuk relief yang mempunyai ketinggian sekitar 0 – 200 mdpl. Daerah dataran rendah menurut iklim junghuhn pada dasarnya memiliki iklim panas sehingga cocok untuk melakukan budidaya tanaman tebu. Secara umum relief daratan memiliki beberapa jenis bentuk seperti berikut:

  1. Dataran rendah adalah bentuk relief yang mempunyai ketinggian sekitar 0 – 200 mdpl.
  2. Dataran tinggi adalah bentuk relief yang mempunyai ketinggian sekitar 200 – 1.500 mdpl.
  3. Gunung adalah bentuk relief yang mempunyai ketinggian lebih dari 1500 mdpl dimana bentuknya menjulang tinggi ke atas seperti tonjolan.
  4. Pegunungan adalah bentuk relief yang berupa gugusan gunung gunung yang saling berdekatan.