Pengertian Kalimat Persuasif, Ciri Ciri, Jenis, dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Kalimat Persuasif, Ciri Ciri, Jenis, dan Contohnya – Apa itu kalimat persuasif? Kalimat persuasif tentunya sudah tidak asing lagi untuk kita. Jenis kalimat ini dapat kita temukan ketika mempelajari Bahasa Indonesia. Maka dari itu mempelajari kalimat persuasif tersebut memang cukup penting, terutama bagi industri periklanan. Kalimat persuasif biasanya digunakan untuk menyampaikan negosiasi, aktivitas sehari hari, pidato, ataupun promosi.

Lantas apa pengertian kalimat persuasif itu? Apa saja ciri ciri kalimat persuasif? Apa saja jenis jenis kalimat persuasif? Apa saja contoh kalimat persuasif? Kalimat persuasif merupakan salah satu jenis kalimat Bahasa Indonesia yang memiliki kriterianya sendiri, mulai dari pengertian, ciri ciri, jenis, hingga contoh di dalamnya. Maka dari itu kalimat ini dapat berbeda dengan kalimat Bahasa Indonesia lainnya.

pengertian kalimat persuasif, ciri ciri, jenis, dan contohnya
Kalimat Persuasif

Jika membahas tentang kalimat persuasif tentunya akan lebih sering dikaitkan dengan adanya iklan produk. Iklan produk tersebut dibuat dengan tujuan membujuk orang lain untuk membeli produknya. Iklan ini akan memikat para pembeli dengan melalui kalimat persuasif yang digunakan. Maka dari itu penggunaan kalimat persuasif ini cukup penting. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian kalimat persuasif, ciri ciri kalimat persuasif, jenis jenis kalimat persuasif, dan contoh kalimat persuasif. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Kalimat Persuasif, Ciri Ciri, Jenis, dan Contohnya

Kalimat pada dasarnya merupakan sekumpulan kata yang dirangkai menjadi sebuah makna. Seperti halnya kalimat persuasif ini yang dibuat dengan maksud untuk membujuk atau meyakinkan orang lain agar mau membeli atau mengikuti produk yang diiklankan. Menurut Bahasa Inggris, istilah persuasif berarti persuade yang maknanya meyakinkan atau membujuk. Jenis kalimat yang satu ini bahkan dapat kita temukan dalam kehidupan sehari hari. Lalu kalimat persuasif adalah apa?

Meski sering ditemukan, tetapi masih adapula beberapa orang yang belum mengetahui pengertian kalimat persuasif, ciri ciri kalimat persuasif, jenis jenis kalimat persuasif, dan contoh kalimat persuasif. Kalimat persuasif lebih sering ditemukan dalam lembaran brosur, pamflet, ataupun poster yang sifatnya mengiklankan. Kalimat ini juga dapat bermakna perintah, tetapi penyampaiannya tidak langsung atau tersirat. Meski begitu kalimat persuasif yang digunakan untuk mengiklankan pada dasarnya tidak memaksa. Sehingga para pembeli dapat membeli produk ataupun tidak.

Baca juga : Contoh Konjungsi Kausalitas, Pengertian, dan Jenis Jenisnya

Kalimat persuasif memang sangat penting untuk dipelajari. Hal ini dikarenakan kalimat ini dapat digunakan untuk mengetahui bahasa iklan sehingga kita tidak akan termakan iklan yang sifatnya hiperbola serta dapat membujuk orang lain. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai pengertian kalimat persuasif, ciri ciri kalimat persuasif, jenis jenis kalimat persuasif, dan contoh kalimat persuasif yaitu sebagai berikut:

Pengertian Kalimat Persuasif

Apa itu kalimat persuasif? Kalimat persuasif adalah kalimat yang memiliki tujuan untuk mengajak, membujuk, meyakinkan, atau merayu pembaca agar melaksanakan sesuatu. Kita dapat menjumpai kalimat ini dalam teks iklan seperti iklan di media sosial ataupun televisi. Kalimat persuasif memang tujuannya untuk menarik minat seseorang agar membeli produk yang ditawarkan.

Baca Juga  Teks Hasil Pembicaraan Seseorang Ataupun Hasil Percakapan Disebut Teks

Pada dasarnya penyusunan kalimat persuasif ini memang dibuat semenarik mungkin supaya pembaca dapat terpengaruh. Dengan begitu tujuan pengiklan untuk mengajak pembaca melakukan sesuatu sehingga dapat terpenuhi. Kalimat persuasif sering menggunakan kata perintah, meskipun penggunaannya tidak langsung atau tersirat sehingga tidak terdapat unsur memaksa.

Ciri Ciri Kalimat Persuasif

Setelah membahas tentang pengertian kalimat persuasif, selanjutnya saya akan membagikan ciri ciri kalimat persuasif. Kalimat persuasif pada umumnya memiliki ciri ciri seperti berikut:

  1. Memiliki makna yang mengajak.
  2. Di dalamnya terdapat tanda seru.
  3. Tanda seru yang digunakan kalimat persuasif bertujuan untuk mengakhiri pernyataan atau ungkapan yang berbentuk perintah atau seruan.
  4. Berhubungan dengan kegiatan promosi.
  5. Digunakan dalam kegiatan promosi untuk bahan menawarkan jasa atau produk ke masyarakat.
  6. Menggunakan kata ajakan.
  7. Penyampaiannya dibuat kreatif.

Baca juga : Berikut Merupakan Unsur Intrinsik Novel Kecuali

Jenis Jenis Kalimat Persuasif

Selain pengertian kalimat persuasif dan ciri ciri kalimat persuasif di atas. Adapula jenis jenis kalimat persuasif yaitu diantaranya:

  1. Kalimat persuasif pendidikan biasanya digunakan oleh kepala sekolah, rektor, murid, menteri pendidikan, mahasiswa, dosen, maupun dekan untuk memperoleh tujuan tertentu.
  2. Kalimat persuasif politik berguna untuk teks bertemakan politik maupun teks dalam bidang politik.
  3. Kalimat persuasif propaganda yang digunakan untuk momen kampanye maupun menyebarkan informasi.
  4. Kalimat persuasif advertensi berguna untuk mempromosikan produk kepada masyarakat luas.

Cara Membuat Kalimat Persuasif

Setelah menjelaskan tentang pengertian kalimat persuasif, ciri ciri kalimat persuasif, dan jenis jenis kalimat persuasif. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa cara membuat kalimat persuasif yaitu diantaranya:

  1. Membuat kalimat persuasif dengan bahasa sederhana agar tujuan dan maksud kalimat dapat dipahami oleh pendengar atau pembaca.
  2. Tidak berbelit belit, lugas, dan ada apanya.
  3. Pembuatannya menggunakan rima dan menarik.

Contoh Kalimat Persuasif

Setelah menjelaskan tentang pengertian kalimat persuasif, ciri ciri kalimat persuasif, jenis jenis kalimat persuasif, dan cara membuat kalimat persuasif. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa contoh kalimat persuasif yaitu dintaranya:

  1. Ayo, kita menanam pohon agar mewujudkan bumi hijau!
  2. Dengan lipstik ini, wajah anda akan terlihat menarik dan menawan!
  3. Yuk berolahraga yang teratur agar hidup lebih sehat!
  4. Ayo, dapatkan diskon 40% untuk pembelian empat produk makanan kami!
  5. Jaga jarak dan pakai masker agar terhindar dari penyakit Covid 19!
  6. Yuk buang sampah pada tempatnya!

Sekian penjelasan mengenai pengertian kalimat persuasif, ciri ciri kalimat persuasif, jenis jenis kalimat persuasif, dan contoh kalimat persuasif. Kalimat persuasif merupakan kalimat yang memiliki tujuan untuk mengajak, membujuk, meyakinkan, atau merayu pembaca agar melaksanakan sesuatu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.